OPTIMALISASI SISTEM PENGADUAN MELALUI MEDIA ONLINE WHATSAPP DAN PENGADAAN PAPAN INFORMASI DI DESA BAKALEREK, KECAMATAN NUBATUKAN
Abstrak
Optimalisasi sistem pengaduan masyarakat merupakan salah satu langkah strategis dalam rangka peningkatan pelayanan publik di tingkat desa. Dalam praktiknya, sistem pengaduan masyarakat di berbagai desa masih menghadapi berbagai kendala seperti kondisi di Desa Bakalerek yang saat ini proses pengaduan masyarakat masih dilakukan secara manual yang sering kali mengakibatkan lambatnya penanganan keluhan dan aspirasi masyarakat. Tulisan ini membahas tentang penerapan sistem pengaduan masyarakat berbasis media online (WhatsApp) dan papan informasi di Desa Bakalerek, Kecamatan Nubatukan. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan responsivitas pemerintah desa melalui sistem pengaduan berbasis WhatsApp dan papan informasi. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan langsung ke warga (door to door ) untuk memberikan edukasi sekaligus menghimpun masukan dari masyarakat. Hasil menunjukkan bahwa kombinasi media digital dan fisik memperkuat komunikasi dua arah serta mendukung transparansi dan akuntabilitas pemerintah desa. Inovasi ini memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi secara cepat dan efektif. Ke depan, sistem ini perlu didukung dengan pelatihan rutin bagi perangkat desa agar tetap responsif, serta pengembangan integrasi antara platform digital dan papan informasi agar terus relevan dengan kebutuhan masyarakat.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andika, S. D. (2021). Pengaduan Masyarakat Berbasis Android (Studi Kasus Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota Langsa). J-ICOM - Jurnal Informatika dan Teknologi Komputer, 36-43.
Ashfahani, S. I. (2022). Penggunaan Whatsapp sebagai Media Komunikasi antara Pengelola dan Penyewa Kost. Jurnal Ilmiah Komunikasi (JIKOM) STIKOM IMA, 55.
Dwiyanto, A. (2020). Manajemen Pelayanan Publik: Peduli, Inklusif, dan Kolaboratif.
Hertati, D. N. (2022). Pemanfaatan Sistem Informasi Desa untuk Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa. Berdikari: Jurnal Inovasi dan Penerapan Ipteks, 236-248.
Kumalasari, R. (2023). Study Efektivitas Kebijakan Inovasi Dokadu (Dokumentasi Pengaduan) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Magelang. urnal Jendela Inovasi Daerah, 88-109.
Mukarom, Z. L. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Manajemen Pelayanan Publik.
Purba, M. (2022). Sistem Informasi Desa Tipang Berbasis Web. TAMIKA: Jurnal Tugas Akhir Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 2(2), 81--85.
Putra & Praditha, R. (2021). Pemanfaatan WhatsApp sebagai Media Komunikasi dalam Layanan Publik di Era Digital. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 45-48.
Sulistyowati, D. (2013). Partisipasi Warga terhadap Sistem Informasi Desa. Jurnal ASPIKOM, 579.
Supriyadi, A. (2020). Peran Papan Informasi dalam Transparansi Anggaran Desa. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Politik, 67-79.
Susilo, B. (2021). Penggunaan WhatsApp dalam Sistem Pengaduan Masyarakat di Desa Sukamaju. Administrasi Publik, 201-215.
Syaputra, D. (2019). Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Pada Pemerintahan Desa. Journal Review of Justisia, 34-49.
Utami, R. &. (2022). Integrasi Media Digital dan Fisik dalam Komunikasi Pemerintah Desa. Inovasi Pelayanan Publik, 88-102.
DOI: https://doi.org/10.24198/sawala.v6i2.64502
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat Sedang Proses Indeksasi Di:









