EFEKTIVITAS PROGRAM PELAYANAN SOSIAL PADA ANAK CEREBRAL PALSY OLEH SEKOLAH LUAR BIASA

Franzeska Venty, Budhi Wibhawa, Budi Muhammad Taftazani

Abstrak


Pemenuhan kebutuhan dasar merupakan tantangan besar bagi anak dengan disabilitas dalam hidupnya. Dalam pemenuhannya, anak dengan disabilitas membutuhkan pelayanan khusus yang dapat mengatasi berbagai keterbatasannya. Begitu pula dengan anak cerebral palsy, yang memiliki keterbatasan pada pengendalian fungsi pergerakkan akibat adanya kerusakan pada fungsi otak dan sistem saraf. Sekolah Luar Biasa yang menyelenggarakan pelayanan sosial, sebagai salah satu usaha kesejahteraan sosial, untuk diberikan pada anak cerebral palsy dalam bentuk kegiatan pertolongan agar mereka mampu mengatasi permasalahannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif studi kasus, agar dalam penelitian ini dapat diperoleh gambaran secara empirik tentang program pelayanan sosial apa saja yang diberikan pada anak cerebral palsy oleh Sekolah Luar Biasa, sehingga hasil penelitian ini dapat mencapai tujuan untuk menggambarkan efektivitas dari program pelayanan sosial yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga program pelayanan sosial, yaitu pendidikan, rehabilitasi, dan keterampilan. Program pendidikan belum efektif, karena keterbatasan sumber daya guru dalam mengajari anak cerebral palsy. Program rehabilitasi sudah efektif, karena terdapat terapis yang professional dalam bidangnya memberikan layanan terapi untuk fungsi gerak anak cerebal palsy. Program keterampilan sudah efektif, karena guru dibantu pengasuh dapat mengajarkan anak untuk beraktivitas dalam hal-hal sederhana yang membantu mereka untuk hidup terampil dan mandiri.

Kata Kunci


anak cerebral palsy, program pelayanan sosial, Sekolah Luar Biasa, efektivitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Burhan, Bungin. 2007. Penelitian Kualitatif:

Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan

Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya.

Jakarta: Prenada Media Group.

Campbell. 1989. Riset dalam Efektivitas

Organisasi Terjemahan Sahat

Simamora. Jakarta: Erlangga.

Creswell, John W. 2003. Research Design

Qualitative, Quantitative, and Mixed

Methods Approaches. London: Sage

Publications, Inc.

Creswell, John W. 2007. Qualitative Inquiry &

Research Design. London: Sage

Publications, Inc.

R, Gold, Seibel P, Reinelt G, et al. 1996.

Phosphorous Magnetic Resonance

Spectroscopy in The Evaluation of

Mitochondrial Myopathies: Results of

A 6 Month Therapy Study With

Coenzyme Q.

Salim, Abdul. 2007. Pediatri dalam Pendidikan

Luar Biasa. Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional Direktorat

Jenderal Pendidikan Tinggi

Direktorat.

Somantri, Sutjihati. 2006. Psikologi Anak Luar

Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuanitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24198/share.v5i1.13124

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

SHARE SOCIAL WORK JOURNAL Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Indonesian Publication Index (IPI)Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)    

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.