PENGARUH MOTIVASI, MINAT, KEDISIPLINAN DAN ADAPTASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PESERTA PROGRAM AFIRMASI PENDIDIKAN MENENGAH ASAL PAPUA DAN PAPUA BARAT DI KOTA BANDUNG

Carlos Kambuaya

Abstrak


Affirmative Action adalah kebijakan yang bertujuan agar kelompok/golongan tertentu memperoleh peluang yang setara dengan kelompok/golongan lain dalam bidang yang sama. Program afirmasi pendidikan menengah (ADEM) bagi siswa asal Papua dan Papua Barat bertujuan untuk mengurangi kesenjangan antara Jawa dan Papua. Program ini juga bertujuan untuk mencegah para siswa afirmasi pendidikan mengalami gegar budaya ketika kuliah di perguruan tinggi negeri di Jawa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh variabel motivasi, minat, kedisiplinan dan adaptasi diri terhadap prestasi belajar siswa peserta program ADEM, serta menganalisis variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap prestasi belajar siswa peserta program ADEM asal Papua dan Papua Barat di Kota Bandung. Penelitian dilakukan di SMA dan SMK kota Bandung yang menerima siswa program ADEM. Responden penelitian sebanyak 80 siswa dengan teknik pengumpulan data kuesioner. Analisis data menggunakan SPSS 18.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan antara motivasi terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dari uji parsial dengan uji (t) yang diperoleh probabilitas 0,003 < 0,05 atau nilai t hitung (3,201) > t tabel (1,983). Ada pengaruh yang signifikan antara minat terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dari uji parsial dengan uji (t) diperoleh probabilitas 0,042 < 0,05 atau nilai t hitung (2,021) > t tabel (1,983). Ada pengaruh yang signifikan antara kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dari uji parsial dengan uji (t) yang diperoleh probabilitas 0,000 < 0,05 atau nilai t hitung (6,679) > t tabel (1,983). Ada pengaruh yang signifikan antara adaptasi diri terhadap prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dari uji parsial dengan uji (t) yang diperoleh probabilitas 0,031 < 0,05 atau nilai t hitung (2,189) > t tabel (1,983).

Kata Kunci


motivasi, minat, kedisiplinan, adaptasi diri, prestasi belajar ADEM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. 1991. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hurlock, E.B. 1990. Psikologi Perkembangan Edisi 5. Jakarta: Erlangga.

Sutisna, Oteng. 1983. Administrasi Pendidikan : Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional. Bandung : Angkasa.

Winkel, W.S. 1999. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.

Jurnal Penelitian

Mustaqim, Sudjarwo, Irawan Suntoro. 2012. The Influence of Social Environment, Civic Knowledge, and Self Concept Toward Students’ Discipline in SMA Negeri 1 Jati Agung Lampung Selatan in Academic Year of 2011-2012. Jurnal Pendidikan. Hal 10.

Afrilia, Nur. (2012). Peningkatan Disiplin Siswa. Diakses dari http://id.shvoong.com/social-sciences/education/2326107-peningkatan-disiplin-siswa/. Pada tanggal 6 Juli 2015, Jam 18.30 WIB.

Psikologizone. 2009. Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Anak.

Diakses dari http://www.psikologizone.com/ faktor-yang-mempengaruhi-prestasi-belajar-anak/06511161. Pada tanggal 13 Oktober 2015, Jam 15.00 WIB.

Nofiana Sari. 2010. Pengaruh rasa percaya diri dan penyesuaian diri terhadap kemampuan berinteraksi social siswa kelas X di SMK Negeri 2 Pacitan. Skripsi tidak diterbitkan. Madiun: BK FIP IKIP PGRI Madiun. 2010: Hal. 17.

Wigfield, A., Eccles, J. S. 2000. Expectancy-Value Theory of Achievement Motivation. Contemporary Educational Psychology, 25 (1), 68-81.

Undang-Undang

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.24198/share.v5i2.13140

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

SHARE SOCIAL WORK JOURNAL Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Indonesian Publication Index (IPI)Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)    

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.