UPAYA PENCEGAHAN HIV/AIDS PADA KALANGAN REMAJA DI KOTA BANDUNG

Meilanny Budiarti Santoso, Nurliana Cipta Apsari, Annisa Nabila

Abstrak


Masalah HIV/AIDS menjadi masalah kontemporer yang berkaitan dengan perilaku berisiko manusia, karena masalah ini bukanlah masalah kesehatan semata. Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) termasuk populasi yang rentan bermasalah secara sosial, ekonomi, budaya dan politik. Sejak tahun 2005, sosialisasi tentang bahaya HIV/AIDS yang merupakan salah satu wujud upaya pencegahan HIV/AIDS, sebetulnya sudah mulai masuk ke setiap SMA, namun, karena HIV/AIDS banyak menyerang usia produktif, termasuk pelajar, sehingga sosialisasi diharapkan tidak hanya dilakukan pada para pelajar SMA saja, melainkan juga dilakukan pada para pelajar di tingkat pendidikan yang lebih rendah lagi, yaitu SMP dengan harapan dapat mencegah lebih banyak remaja yang terlibat dalam perilaku seksual yang beresiko dan penyalahgunaan narkoba.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatory survey. Populasi dari penelitian ini adalah siswa-siswi SMPN 35 Bandung yang telah mendapat program HEBAT secara penuh 2 semester.

Program HEBAT! menjadi pelopor program pencegahan HIV/AIDS yang diperuntukkan bagi remaja di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Program HEBAT! berbentuk kurikulum (mata pelajaran) yang berlangsung selama 2 semester di kelas VIII SMP. Sejak pertengahan tahun 2010, program HEBAT hingga saat ini telah berlangsung di 33 SMP di Kota Bandung. Berdasarkan data yang diperoleh dalam penelitian ini, terdapat pengaruh antara pelaksanaan program HEBAT terhadap sikap remaja. Pendidikan yang diberikan pada remaja dalam program HEBAT adalah sebagai langkah untuk  meningkatkan pengetahuan remaja terkait bahaya narkoba dan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi sejak dini agar mereka terhindar dari perilaku berisiko HIV/AIDS


Kata Kunci


HIV/AIDS; Pencegahan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Achlis. 1993. Studi Perilaku dan Lingkungan Sosial Manusia (HBSE). Bandung: Koperasi Mahasiswa STKS Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Babbie, Allen Rubin E. 1993. Research Methods For Social Work. California: Cale Publishing Company.

Bungin, M. Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Constable, Robert T., Flynn, John P. 1982. School Social Work-Practice and Research Perspectives. Illinois: The Dorsey Press.

Cozby, Paul C. 2004. Methods in Behavioral Research. Mc Graw Hill.

Creswell, John W. 2010. Research Design-Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Terjemahan Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Effendi, Sofian dan Tukiran. 2012. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Hamburg, Morris. Basic Statistics: A Modern Approach. Second edition. New York: Harcourt Brace Joanovbich, Inc., 1979

Hinduan, Zahrotur Rusyda., dkk. 2011. HEBAT–Buku Pegangan Guru, Pendidikan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba Program hidup Sehat Bersama Sahabat HEBAT!). Bandung.

http://www.jabarprov.go.id/indeks.php/news/3536 Minimnya_Pengetahuan_Penyebab_Tingginya_Kasus_HIV_AIDS (Diunduh pada hari Jumat, 13 Juni 2014 pukul 10.54 WIB).

Komisi Penanggulangan AIDS Nasional. 2013. Laporan Situasi Perkembangan HIV dan AIDS di Indonesia Tahun 2013. http://www.aidsindonesia.or.id (Diunduh pada hari Kamis, 23 Januari 2014 pukul 09.44 WIB)

Mahat, G., Scoloveno, M.A., Ayres, C. 2011. HIV/AIDS Knowledge and Self-Efficacy Among Nepalese Adolescents: A Peer Education Program. Research and Theory for Nursing Practice: An International Journal, Vol. 25, No. 4,2011, pp. 271-283.

Morton, M., Nelson, L., Walsh, C., Zimmerman, S., & Coe, R. 1996. Evaluation of HIV/AIDS Education Programs for Adolescents. Journal of Community Health, Vo. 21 No. 1 February, 1996, pp. 23-35. Monks, F.J., Knoers, AMP., Haditono, Siti

Rahayu. 2006. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Raharjo, ST. 2015. “Pekerjaan Sosial Generalis, Suatu Pengantar Bekerja Bersama Organisasi dan Komunitas”, Edisi Revisi Buku, Unpad Press,

Raharjo, ST. 2015. “Dasar Pengetahuan Pekerjaan Sosial”, Buku, Unpad Press

Raharjo, ST., Taftazani, BM., Apsari, NC., Santoso, MB. 2016. “PANDUAN PRAKTIKUM MIKRO (Konseling dan Pengembangan Diri)”. Buku. Unpad Press.

Raharjo, ST. 2015. “Assessment dan Wawancara dalam Prakti Pekerjaan Sosial dan Kesejahteraan Sosial”, Edisi Revisi Buku, Unpad Press

Santrock, John W. 2007. Remaja. Jakarta: Erlangga. Singale, Lastianti. 2012. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap tentang HIV/AIDS dengan Tindakan Pencegahan HIV/AIDS pada Siswa SMKN 3

Tahuna. Skripsi Kesehatan Masyarakat. Manado: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi.

Sopiah, Pipih. 2009. Lindungi Pelajar Dari Serangan Virus HIV/AIDS. Bandung: PT Elisa Surya Dwitama.

Suyono, Hadi. 2008. Pengantar Psikologi Sosial 1. Yogyakarta: D&H Pro Media.

Yoo, H., Lee, S.H., Kwon, B.E., Cung, S., & Kim, S. 2005. HIV/AIDS Knowledge, Attitude, Related Behaviors and Sources of Information Among Korean Adolescents. The Journal of School Health, Vol 75 No. 10 December 2005,pp. 393 – 399.




DOI: https://doi.org/10.24198/share.v7i1.13817

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##

SHARE SOCIAL WORK JOURNAL Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Indonesian Publication Index (IPI)Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)    

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.