PENTINGNYA BUKU PANDUAN BAGI VOLUNTEER PADA ORGANISASI SOSIAL (STUDI KASUS PADA LEMBAGA REHABILITASI ODHA DAN KONSUMEN NAPZA RUMAH CEMARA KOTA BANDUNG)

Rini Rizkiawati, Budhi Wibhawa, Meilanny Budiarti Santoso, Santoso Tri Raharjo

Abstrak


Rumah Cemara merupakan organisasi sosial yang memiliki keterbatasan Sumber Daya Manusia yaitu 32 Orang. Pada dasarnya Human Resource Development (HRD) yang bertanggung jawab menangani pengelolaan Sumber Daya Manusia ataupun staff. Dalam suatu organisasi sosial ketika memiliki Sumber Daya Manusia yang terbatas, maka dibutuhkanlah volunteer untuk membantu dalam menjalankan suatu program atau kegiatan. Banyak sekali masyarakat yang ingin menjadi volunteer di Rumah Cemara. Namun, mengenai mekanisme perekrutan volunteer saat ini belum memiliki kualifikasi syarat secara khusus sesuai dengan kebutuhan dari Rumah Cemara. Hal tersebut membuat beberapa calon volunteer tidak mengetahui apa yang harus dilakukannya. Melalui penulisan artikel ini, diharapkan dapat memberikan gambaran tentang pentingnya panduan untuk volunteer dalam suatu organisasi sosial

 

Rumah Cemara is a social organization with limited human resources of 32 people. Basically, Human Resource Development (HRD) is responsible for managing Human Resources or staff. In a social organization when it has limited Human Resources, it is necessary volunteers to assist in running a program or activity. Lots of people who want to volunteer at Rumah Cemara. However, the current volunteer recruitment mechanism does not yet have qualification requirements specifically in accordance with the needs of Rumah Cemara. It makes some volunteer candidates not knowing what to do. Through the writing of this article, it is expected to provide an overview of the importance of guidance for volunteers in a social organization.


Kata Kunci


Rumah Cemara, Human Resource Development, Volunteer Rumah Cemara, Human Resource Development, Volunteer

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Thomas Wolf, 1990, Managing a Nonprofit Orgnization. Prentie Hall Press, New York; hal; 290-294.

Robert W. Weinbach, 1994, The Social Worker as Manager, Theory and Practice, 2nd Edition Allyn & Bacon

Hasenfeld, Yaheskel. 1983. Human Service Organizations. Prentice Hall.

Encyclopedia of Social Work, 1995. 19th Edition, Book third, NASW Press

Dessler, Gary. 2005. Human Resource Management (Manajemen Sumber Daya Manusia) edisi kesembilan jilid 2. Edisi Bahasa Indonesia. Indeks. Jakarta.

Abidah.2012.http://digilib.uinsby.ac.id/9961/5/bab%202.pdf. Diakses pada tanggal 13 Januari 2018 pukul 10.30 WIB.

Jangkung, Sri. 2013. Skripsi: Dinamika Kebahagiaan Relawan Pusat Studi Dan Layanan Difabel (PSLD) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. http://digilib.uin-suka.ac.id/11705/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf. Diaskes pada tanggal 14 Januari 2018 pukul 08.00 WIB.

Wilson, John. 2000. Volunteering. Annual Review of Sociology

http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/68783/Chapter%20II.pdf?sequence=4&isAllowed=y. Diakses pada tanggal 26 Januari 2018 pukul 09.30 WIB




DOI: https://doi.org/10.24198/share.v7i2.15723

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




SHARE SOCIAL WORK JOURNAL Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Indonesian Publication Index (IPI)Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)    

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.