MENGGAGAS SOCIAL ENTERPRISE MELALUI AKTIVITAS MESJID KAMPUS

Hadiyanto Abdul Rachim, Dudi Dudi, Meilanny Budiarti Santoso

Abstrak


Penelitian ini mengambil isu tentang upaya menggagas social enterprise melalui aktivitas mesjid kampus. Masalah utama yang menjadi sorotan adalah bagaimana mengoptimalkan peran mesjid kampus sebagai pusat kegiatan ritual dan intelektual di kampus menjadi fungsi yang komprehensif dalam bingkai kegiatan social enterprise. Metode penelitian menggunakan Participation Action Research dengan mesjid kampus Universitas Padjadjaran sebagai obyek penelitian dan informan dalam penelitian ini adalah para pengurus harian mesjid kampus Unpad. Hasil penelitian menyatakan bahwa proses pemberdayaan mesjid kampus Unpad sebagai PTNBH melalui kegiatan social enterprise telah dirancang melalui pembuatan cetak biru pembinaan mesjid kampus Unpad yang berisi visi, misi, dan program dasar pembinaan mesjid kampus Unpad 2015-2020 dengan berorientasi kepada performance value organisasi mesjid Unpad yaitu Cerdas, Ukhuwah, dan Maslahat. Salah satu kegiatan social enterprise yang telah diinisiasi mesjid kampus Unpad adalah pembentukan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Unpad dan kegiatan warung mesjid. Kedua kegiatan tersebut telah memberi dampak positif dalam menunjang berbagai kegiatan di mesjid Unpad. Masih diperlukan dukungan pimpinan universitas dalam penguatan kelembagaan, kesungguhan dan kreativitas pengelola mesjid kampus untuk pengembangan program dasar mesjid kampus Unpad.


Kata Kunci


Social Enterprise, Pemberdayaan, dan Mesjid Kampus

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Besley, Timothy, et all. 2013. Proft with Purpose? A Theory of Social Enterprise with Experimental Evidence. LSE & CIFAR.

Cochran, M. (1986). The parental empowerment process: Building on family strengths.

In J. Harris (Ed.), Child psychology in action: Linking research and practice (pp. 12-33). Brookline, MA: Croon Helm Publishers.

Forth Sector. A Business Planning Guide to Developing a Social Enterprise. Dalam www.forthsector.org.uk.

Grassl, Wolfgang. 2012. Business Models of Social Enterprise: A Design Approach to Hybridity. ACRN Journal of Entrepreneurship Perspective. Vol. 1, Issue 1, p.37-60.

Lord, John; Hutchison, Peggy. 1993. The Process of Empowernment: Implications for Theory and Practice. Canadian Journal of Community Mental Health. 12: 1, p. 5-22.

McClelland, D. C. (1975). Power: The inner experience. New York: Irvington Press.

P. Reason,. and H. Bradbury, 2008.The Sage Handbook of Action Research: Participative Inquiry and Practice. California. Sage.

Unity Trust Bank. Social Enterprose Explained: For Beginners, Wonderers nad People with Ideas, Big and Small. UK: Social Enterprise UK

Rappaport, J. 1985. The Power of Empowernment Language. Social Policy.

Muslim Strategic Initiative. 2012. Leveraging Social Enterprise to Generate Alternative Revenur for Mosque. Dalam http://muslimsi.com

https://ikhwanalim.wordpress.com/2015/07/16/masjidpreneurship, diakses 15 Maret 2017

Wallerstein, N. (1992). Powerlessness, empowerment and health: Implications for health promotion programs. American Journal of Health Promotion, 6(3), 197-205.

Whitmore, E. (1988). Participation, empowerment and welfare. Canadian Review of Social Policy, 22, 51-60.

Prosiding Seminar Nasional, 2015, Optimalisasi Fungsi Rumah Ibadah sebagai Laboratorium Rohani dalam Pembinaan Karakter. Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.24198/share.v8i2.19036

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




SHARE SOCIAL WORK JOURNAL Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Indonesian Publication Index (IPI)Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)    

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.