IMPLEMENTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) EL-CORPS

Lin Aqiela, Santoso Tri Raharjo, Risna Resnawaty

Abstrak


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program CSR yang dilakukan oleh perusahaan El-Corps ditinjau dari motuf, bentuk atau model implementasi CSR yang dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif perusahaan El-Corps dalam melaksanakan program CSR adalah berdasarkan pada konsep political theories. Selain motif pelaksanaan CSR, terdapat berbagai bentuk, model dan sifat yang dapat menjelaskan bentuk implementasi suatu perusahaan dalam menjalankan program CSR nya. Berkaitn dengan hal tersebut, berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa bila program CSR ditinjau dari model penyalurannya, CSR perusahaan El-Corps memadukan berbagai model penyaluran CSR dala pelaksanaannya yaitu dengan cara terlibat langsung dalam kegiatan, menyalurkannya melalui lembaga sosial atau yayasan independent, bermitra dengan lembaga atau yayasan lain ataupun memberikan dukungan dan bergabung dalam sebuah kegiatan. Selanjutnya bila dianalisis dengan menggunakan tiga bentuk implementasi CSR menunjukkan bahwa program CSR El-Corps terimplementasikan dalam dua bentuk, yaitu Community relations yng dilakukan melalui program adik-kakak asuh, sponsorship, penggalangan dana yang bermitra dengan lembaga sosial ACT dan pelaksanaan seminar. Sedang implementasi dalam bentuk community assistance termasuk di dalamnya program Duta Dauky, dan bentuk kerja sama dengan maelis ta’lim Nurul Nisa. Kemudian bila dilihat dari sifatnya, terdapat dua bentuk CSR yang diberikan oleh perusahaan El-Corps, yaitu dalam bentuk charity dan filantropi namun belum sampai pada citizenship yang bentuk program CSR nya sampai pada pemberdayaan masyarakat.

 

ABSTRACT

 

This study aims to describe the implementation of CSR programs carried out by El-Corps companies in terms of motives, forms or models of CSR implementation carried out using qualitative research methods and data theft techniques in the form of interviews. The results showed that El-Corps's corporate motives in implementing CSr programs were based on political theory concepts. In addition to the motives for implementing CSR, there are various forms, models and characteristics that can explain the forms of programs in carrying out their CSR programs. In connection with this, based on the results of research found when CSR programs are viewed from the distribution model, El-Corps corporate CSR combines various CSR distribution models in their implementation, namely by directly engaging in activities, channeling them through social institutions or independent foundations, partnering with institutions or other foundations or provide various activities and join in an activity. Furthermore, when carried out by using three forms of CSR implementation that showed the El-Corps CSR program implemented in two forms, namely public relations carried out through foster care programs, sponsorship, fundraising that was partnered with ACT seminar social institutions and implementation. It is being carried out in the form of community assistance including the Dauky Ambassador program, and a form of cooperation with the ta'lim councilor Nurul Nisa. Then the souvenirs, there are two forms of CSR provided by El-Corps companies, namely in the form of charity and philanthropy but have not yet reached citizenship whose form of CSR program reaches community empowerment.

 


Kata Kunci


Corporate Social Responsibility; community relations ; community assisstance

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Irawan, R. (2009) Model-Model Tanggung Jwab Sosial dan Aspek Perpajakannya. Jurnal Akuntansi kontemporer, 1, (1), 47-58.

Tanudjaja. Perkembangan Corporate Social Responsibility di Indonesia. Jurusan Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain –Universitas Kristen Petra: http://www.petra.ac.id/~puslit/journals/dir.php?DepartmentID=DKV

Marnelly. (2012) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR): Tinjauan Teori dan Praktek di Indonesia. Jurnal Aplikasi Bisnis, 2, (2), 49-59

Yentifa, Arnel. Handayani, Desi. (2008) Implementasi Program "Corporate Social Responsibility" (CSR) PT. Semen Padang. Jurnal Akuntansi & Manajemen, 3, (2), 71-85

Syukron, Adi. (2015) CSR dalam Perspektif Islam dan Perbankan Syariah. Economic: Jurnal Ekonomi dan Hukum Islam, 5, (1)

M.B. Hendrie Anto dan Dwi Retno Astuti, “Persepsi Stakeholder Terhadap Pelaksanaan Corporate Social Responsibility Kasus Pada Bank Syariah di DIY”, Sinergi: Kajian Bisnis dan Manajemen, Vol. 10 No.1, Januari 2008

Badaruddin. 2008. Implementasi Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Masyarakat Melalui Pemanfaatan Potensi Modal Sosial: Alternatif Pemberdayaan Masyarakat Miskin di Indonesia. Sumatera Utara: Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik diucapkan di hadapan Rapat Terbuka Universitas Sumatera Utara. Diakses dari alamat http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/733/1/08E00205.pdf

Asy’ari, Hasan. 2009. Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Sebagai Modal Sosial Pada PT. Newmont. Tesis Universitas Diponegoro. Semarang. Karya Ilmiah Tidak Dipublikasi. Diakses dari alamat http://eprints.undip.ac.id/17529/1/HASAN_ASY%E2%80%99ARI.pdf

Bangun, Prisma. 2009. Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan Guna Meningkatkan Kualitas Kehidupan dan Lingkungan Perusahaan. Jurnal Akuntansi. Vol. 9, no. 2, p. 95-110. Diakses dari alamat http://www.ukrida.ac.id/jkunukr/jou/feak/2009/jkunukr-ns-jou-2009-4028-1843-csr-resource1.pdf

Kurniawan, Chandra. Yuhertiana. 2009. Studi Tentang Penerapan dan Pelaporan Corporate Social Responsibility (CSR) Pada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Surabaya: Call For Paper Hasil-Hasil Penelitian Dosen dan Seminar Nasional. Diakses dari alamat http://eprints.upnjatim.ac.id/2399/1/2009nmakalah_CSR_candra%26indra.pdf

Kusniadji, Suherman. 2011. Mengkomunikasikan Program Corporate Social Responsibility Untuk Meningkatkan Citra Perusahaan. Jurnal Komunikasi Universitas Tarumanegara. Tahun III/01/2011, p. 55-63. Diakses dari alamat http://journal.tarumanagara.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/1140/1232

Susiloadi, Priyanto. 2008. Implementasi Corporate Social Responsibility Untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan. Spirit Publik. Vol. 4, no. 2, p. 123-130. Diakses dari alamat http://bem.fisip.uns.ac.id/publikasi/sp4_2_priyanto.pdf

Syahputra, Edi. 2008. Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Masyarakat Lingkungan PTPN IV (Studi Pada Unit Kebun Dolok Ilir Kabupaten Simalungun). Tesis Universitas Sumatera Utara. Sumatera Utara. Karya Ilmiah Tidak Dipublikasi. Diakses dari alamat http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/4995/1/09E00158.pdf

Chairil N.Siregar (2007). Jurnal sosioteknologi Edisi 12 tahun 6 Desember 2007. Diakses pada analisis terhadap Implementasi CSR di Indonesia, melalui alamat CSR di Indonesia. Chairil N.Siregar (2007). Jurnal sosioteknologi Edisi 12 tahun 6 Desember 2007.

Sulistyaningtyas, I. D. (2006). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dalam Program Kampanye Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 3 No. 1, 63-76.

Suharto, Edi. 2006. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial (edisi ke-2). Bandung : Refika Aditama.

Raharjo, ST. CSR: Relasi Dinamis Antara Perusahaan Mutinasional dengan Masyarakat Lokal. Penulis: Raharjo, ST. Penyunting: Wibhawa, B. & Apsari. NC.. --Cet. Ke-3– Bandung; Unpad Press; September 2018




DOI: https://doi.org/10.24198/share.v8i2.20082

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




SHARE SOCIAL WORK JOURNAL Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Indonesian Publication Index (IPI)Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)    

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.