Pengetahuan Dan Kesadaran Masyarakat Terhadap Pemenuhan Hak Anak Dengan Disabilitas Di Kabupaten Bandung Barat

Risna Resnawaty, Rudi Saprudi Darwis, Agus Wahyudi Riana

Abstrak


Artikel ini merupakan hasil riset mengenai tanggapan masyarakat terhadap keberadaan anak dengan disabilitas di lingkungan mereka. Setiap anak dengan kondisi apapun memiliki hak untuk mendapatkan kasih sayang, pendidikan, kesehatan ataupun layanan lainnya tanpa perbedaan dalam hidupnya. Akan tetapi kondisi fisik dan mental membuat anak-anak penyandang cacat berada dalam posisi yang cenderung mendapat perlakuan tidak nyaman seperti pengucilan, dan kekerasan fisik dari masyarakat di lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Orangtua yang memiliki anak penyandang cacat memainkan peran sangat kompleks, oleh karena itu orang tua yang memiliki anak penyandang cacat membutuhkan dukungan dari lingkungannya.

Peneliti berasumsi bahwa pengetahuan dan kesadaran orang tua dalam memenuhi kebutuhan anak dengan disabilitas akan mendorong mereka untuk mencari informasi maupun layanan yang optimal bagi tumbuh kembang anak mereka. Sementara itu masyarakat di lingkungan terdekat memiliki kewajiban untuk turut menciptakan lingkungan yang nyaman bagi tumbuh kembang anak dengan disabilitas.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di kabupaten Bandung Barat. Fakta menyebutkan bahwa orang tua memiliki kesadaran dalam memberikan kasih sayang dan memenuhi kebutuhan anak. Namun tingkat ekonomi yang rendah menyebabkan orang tua tidak memiliki pengetahuan yang memadai mengenai cara pengasuhan dan mengakses layanan yang terbaik bagi anak. Sementara itu masyarakat belum sepenuhnya sadar mengenai bentuk dukungan yang dapat diberikan bagi anak dengan disabilitas yang ada di lingkungan mereka.


Kata Kunci


Anak dengan disabilitas, Rehabilitasi Berbasis Masyarakat, Hak Anak dengan Disabilitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buku:

Dyah Wieka, dkk. 2005. Retardasi mental, Tingkat penerimaan. Jakarta: Fakultas Unika Atma Jaya

Wibhawa Budi, dkk. 2010. Dasar-dasar pekerjaan sosial. Bandung: Widya Padjadjaran

Jurnal:

Meloni, F., Federici, S., & Dennis, J. L. (2015). Parents' education shapes, but does not originate, the disability representations of their children. PLoS One, 10(6) doi:http://dx.doi.org/10.1371/journal.pone.0128876

http://www.journal.unair.ac.id/filerPDF/2- 13_1.pdf. diunduh pada tanggal 5 November 2017

http://repository.usu.ac.id/bitstream/12345 6789/33631/4/Chapter%20I.pdf diunduh pada tanggal 14 September 2017

lib.ui.ac.id/file?file=digital/125956- 649..pdf diunduh pada tanggal 14 September 2017

www.idp- europe.org/docs/uio_upi_inclusion_ book/8- Membantu_anak_dan_Keluarga.php




DOI: https://doi.org/10.24198/share.v9i1.20213

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




SHARE SOCIAL WORK JOURNAL Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Indonesian Publication Index (IPI)Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)    

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.