BANDUNG CREATIVE CITY FORUM (BCCF) SEBAGAI PENGGERAK GENERASI MILENIAL DALAM MENCIPTAKAN PERUBAHAN DI KOTA BANDUNG

Romayana Sari Lumbantoruan, Nandang Mulyana, Meilanny Budiarti Santoso

Abstrak


Generasi milenial memiliki peranan yang penting dalam melakukan perubahan terhadap lingkungan sekitarnya. Tidak dapat dipungkiri, kertelibatan generasi milenial dalam mengisi pembangunan dengan menciptakan peluang dan perubahan positif memiliki dampak yang besar bagi masyarakat. Perubahan yang dicipatakan oleh generasi milenial sangat jelas dirasakan dan tampak dalam bidang ekonomi dan bisnis, di mana perubahan terjadi dengan sangat cepat, sehingga menciptakan ketidakpastian tidak hanya dalam bidang ekonomi dan bisnis saja, melainkan juga di berbagai bidang kehidupan lainnya. BCCF merupakan komunitas mandiri yang fokus mendorong dan menggerakkan generasi milenial dalam menciptakan perubahan melalui upaya pengembangan industri kreatif di Kota Bandung. Ditinjau dengan menggunakan konsep strength prespective, generasi milenial dapat lebih memahami diri mereka, dan mampu menciptakan perubahan dengan memanfaatkan pengetahuan dan kemampuan yang mereka miliki, sehingga melalui BCCF generasi milenial dapat lebih optimal berkontribusi menciptakan perubahan, terlebih generasi milenial memiliki peran penting dalam pengembangan industri kreatif, yang dapat meningkatkan pembangunan ekonomi khususnya di Kota Bandung. Dengan penguasaan keterampilan dalam teknologi digital, keberadaan generasi milenial menjadi sosok yang merepresentasikan dan mendukung terwujudnya masyarakat 5.0 yang memungkinkan manusia untuk memecahkan masalah sosial dengan bantuan teknologi. Dengan begitu, peran generasi milenial dalam mewujudkan masyarakat 5.0 sangatlah besar, khususnya dalam membuat inovasi dan melakukan perubahan di dalam masyarakat berbasis teknologi.

Kata Kunci


Generasi Milenial; Masyarakat 5.0; Pelaku Perubahan; BCCF; Industri Kreatif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bandung Creative City Forum (BCCF). (n.d.). Retrieved Juni 5, 2020, from https://bandungcreative.id/

Badan Pusat Statistik. (2018). Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia. Jakarta: Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Bannon, S., Ford, K., & Meltzer, L. (2011). Memahami Milenium di Tempat Kerja. CPA Journal , 81 (11), 61-65.

Behrens, W. (2009). Mengelola Milenial. Layanan Kesehatan Pemasaran , 29 (1), 19-21.

Cahill, TF, & Sedrak, M. (2012). Memimpin Tenaga Kerja Multigenerasi: Strategi untuk Menarik dan Mempertahankan Generasi Millenial. Perbatasan Manajemen Layanan Kesehatan , 29 (1), 3-15.

Cummins, L. K., Sevel, J. A. and Pedrick, L. (2006). Social Work Skills for Beginning Direct Practice: Text, Workbook, and Interactive Web Based Case Studies, 2nd Edition. USA: Pearson.

Cohive. (nd). Society 5.0 untuk Era Baru Proses Banding. Retrieved October 13, 2020, from : https://cohive.space/blogs/society-5-0-untuk-era-baru-proses-branding/

Deloitte. (2005). Venture Capital Goes Global.

Faadil, Ihsan. (2020). [Society 5.0] Apa Itu Konsep Maysrakat 5.0? Relevankah di Indonesia?. Retrieved October 13, 2020,from: https://medium.com/@ihsanulfaadil/society-5-0-apa-itu-konsep-masyarakat-5-0-relevankah-di-indonesia-2d65a158302

Fukuyama, Mayumi. 2018. Society 5.0: Aiming for a New Human-Centered Society, an article. Japan: Japan Spotlight.

Foot, D.K. (2001). Canadian education: Demographic Change and Future Challenges. Education Canada, 41(1), 24–27.

Garybeal, C. T., Moore, V. L. and Cohen, M. B. (1995). The Rransformation of A Social Work Program: A Narrative of Liberation. Reflections: Narratives of Professional Helping. 1 (2), 56-65

Guha, A. (2010). Motivator dan faktor higienis Generasi X dan Generasi Y - ujian teori dua faktor. Vilakshan: Jurnal Manajemen XIMB , 7 (2), 121-132.

Havelock. 1980. Training for Change Agent. America: University of Michigan.

Hauw, S., & Vos, A. (2010). Perspektif Karier Millenial dan harapan kontrak psikologis: apakah resesi mengarah pada harapan yang lebih rendah? Jurnal Bisnis & Psikologi , 25 (2), 293-302.

Hayashi, H., Sasajima, H., Takayanagi, Y., & Kanamaru, H. (2017). International standardization for smarter society in the field of measurement, control and automation. Proceedings of the 56th Annual Conference of the Society of Instrument and Control Engineers of Japan (SICE). Kanazawa, Japan: Institute of Electrical and Electronics Engineers(IEEE). https://doi.org/10.23919/sice.2017.8105723.

Henslin, James M. (2007). Essential of Sociology: A Down-to-Earth Approach (Sosiologi dengan Pendekatan Membumi). Penerjemah: Kamanto Sunarto. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Howe, Neil & William Strauss. (2003). Millennials Rising: The Next Great Generation. New York: Vintage.

Howe, Neil & William Strauss. (2007). The Next 20 Years: How Customer Workforce Attitudes Will Evolve. Harvard Business Review. 41-52

Horton, Paul B & Hunt, Chester L. (1992). Sociology (Sosiologi). Penerjemah: Aminudin Ram. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hoover, E. (2009). The Millennial Muddle: How stereotyping students became a thriving industry and a bundle of contradictions. Chronicle of Higher Education. Retrieved 12 June 2020 from: http://chronicle.com/article/The-Millennial-Muddle-How/48772/.

Indonesia Creative City Network (ICCN). (n.d.). Retrieved Juni 5, 2020, from https://fightcovid19.iccn.or.id/

Kaifi, BA, Nafei, WA, Khanfar, NM, & Kaifi, MM (2012). Tenaga Kerja Multi-generasi: Mengelola dan Memahami Milenium. Jurnal Internasional Bisnis & Manajemen , 7 (24), 88-93.

Krug, Steve (2005). DON'T MAKE ME THINK! A Common Sense Approach to Web Usability (2nd ed.). New Riders.

Lyons, S.T., Ng, E.S., and Schweitzer, L. (2014). Changing Demographics and The Shifting Nature of Careers Implications for Research and Human Resource Development. Human Resource Development Review, 13(2), 181–206.

Lievrouw, Leah., Sonia, Livingstone. 2006. Handbook of New Media: Social Shaping and Social Consequences of ICTs. London: Sage Publications Ltd

McCrae, R.R., Costa, P.T., Jr., Terracciano, A., Parker, W.D., Mills, C.J., De Fruyt, F., and Mervielde, I. (2002). Personality trait Development from Age 12 to Age 18: Longitudinal, Cross-sectional and Cross-Cultural Analyses. Journal of Personality and Social Psychology, 83(6), 1456–1468.

Nasution, Z. 2009. Komunikasi Pembangunan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Panjaitan, Poppy & Arik Prasetya. (2017). Pengaruh Social Media terhadap Produktivitas Kerja Generasi Millenial. Jurnal Administrasi Bisnis. 48 (1). 173-180

Purnomo, Rochmat Aldy. 2016. Ekonomi Kreatif: Pilar Pembangunan Indonesia. Surakarta: Ziyad Visi Media.

Rogers, M. 1983. Difusi Inovasi. Alih Bahasa Abdillah Hanafi. 1994. Tanpa Penerbit.

Rumah Perubahan. (2017, Mei 16). Retrieved Mei 2, 2020, from https://www.rumahperubahan.co.id/blog/2017/05/16/millennials-dan-disruption-jawapos/

Santoso, M. B., Asiah, D. H. S. dan Zainuddin, M. (2018). Tantangan Praktik Pekerjaan Sosial Seiring Perubahan Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Modern. Jurnal Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 5 No. 3. Hlm. 272-280.

Soerjono Soekanto. (2000). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada

Stuart, G. (2012, May 30). Retrieved June 5, 2020, from https://sustainingcommunity.wordpress.com/2012/05/30/what-is-the-strengths-perspective/

Sugiarto, E. C. (2018, November 13). Retrieved Juni 4, 2020, from https://www.setneg.go.id/baca/index/ekonomi_kreatif_masa_depan_indonesia

Sutton, Charlotte D. (2002). Generational Differences: Revisiting Generational Work Values For The New Millennium. Journal of Organizational Behavior. 23 (4). 363-382

Twenge, J.M., and Campbell, S.M. (2008b). Generational Differences in Psychological Traits and Their Impact on The Workplace. Journal of Managerial Psychology, 23(8), 862–877

The Report Company. How students are being prepared for Society 5.0, an article. Japan: Intelligence on Global Japan. Adopted from page: https://www.globaljapan.world/article/japan-leads-world-in-education-for-society-5-0/

www.promkes.net. (2019, April 8). Retrieved Juni 8, 2020, from https://promkes.net/2019/04/08/bagaimana-sebenarnya-potret-perilaku-millennial-indonesia-saat-ini/

Yuniarto, Paulus R. (2014). Masalah Globalisasi di Indonesia: Antara Kepentingan, Kebijakan, dan Tantangan. Jurnal Kajian Wilayah. Vol. 5 No. 1. Hlm. 67-95

Weick, A., Rapp, C., Sullivan, W. P., & Kisthardt, W. (1989). A strengths perspective for social work practice. Social Work, 34(6), 350–354.




DOI: https://doi.org/10.24198/share.v10i2.30637

Refbacks





SHARE SOCIAL WORK JOURNAL Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Indonesian Publication Index (IPI)Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)    

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.