Pengaruh Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak

R. Nunung Nurwati, Zahra Putri Listari

Abstrak


Dalam proses tumbuh kembangnya, anak memiliki kebutuhan dasar yang perlu dipenuhi salah satunya yaitu kebutuhan stimulasi atau pendidikan. Pendidikan bagi anak sangat penting dalam mendukung pelaksanaan perannya di masa yang akan datang. Pemenuhan kebutuhan pendidikan anak merupakan tanggung jawab utama keluarga karena keluarga merupakan lembaga pendidikan pertama dan utama bagi anak. Akan tetapi, tidak semua keluarga dapat bertanggungjawab dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan anak. Kondisi sosial dan ekonomi yang masih dibawah rata-rata dan harus memenuhi kebutuhan sehari-hari dirasa berdampak pada sulitnya dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan pada anak. Kondisi tersebut dapat menjadi dilema bagi keluarga, terutama orang tua karena ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Metode yang digunakan dalam kajian penulisan ini adalah metode studi pustaka. Dengan menggunakan metode studi pustaka, penulis dapat mendeskripsikan status sosial ekonomi keluarga dalam pemenuhan kebutuhan pendidikan pada anak melalui teori yang ditemukan dari berbagai literatur. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan pendidikan pada anak tidak selalu dipengaruhi oleh status sosial ekonomi keluarga.


Kata Kunci


Status Sosial Ekonomi, Kebutuhan Dasar Anak, Pendidikan Anak

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdulsyani. (2007). Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Agus T. 2010. PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK (Studi Empiris Pada Komunitas Pedagang Kaki Lima Di Alun-Alun Kaliwungu Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Aisyan, S. D. S., Jannah, S. N., & Wardani, Y. (2013). Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi Keluarga Dengan Kematian Perinatal Di Wilayah Kerja Puskesmas Baamang Unit Ii Sampit Kalimantan Tengah Januari-April 2010. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health), 5(1), 35–44. https://doi.org/10.12928/kesmas.v5i1.1085

Arifiyanti, N. (2020, November 7). Pengaruh SES Terhadap Pertumbuhan Anak. Retrieved Mei 10, 2021, from Sabyan: https://sabyan.org/pengaruh-ses-terhadap-pertumbuhan-anak/

Atika, A. N., & Rasyid, H. (2018). Dampak Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Keterampilan Sosial Anak. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 7(2), 111. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1601

Fitri, A. N., Riana, A. W., & Fedryansyah, M. (2015). Perlindungan Hak-Hak Anak Dalam Upaya Peningkatan Kesejahteraan Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 45–50. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i1.13235

Fitriyani, F., Nurwati, N., & Humaedi, S. (2016). Peran Ibu Yang Bekerja Dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13626

Haerunisa, D., Taftazani, B. M., & Apsari, N. C. (2015). Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak Oleh Panti Sosial Asuhan Anak (Psaa). Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 25–30. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i1.13232

Hanum, N., & Safuridar, S. (2018). Analisis Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga terhadap Kesejahteraan Keluarga di Gampong Karang Anyar Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 42–49. https://doi.org/10.33059/jseb.v9i1.460

Hastuti, D., Sebho, K., & Lamawuran, Y. L. (2010). “Hubungan Karakteristik Sosial Ekonomi Rumah Tangga dengan Pemenuhan Hak Anak di Wilayah Dampingan PLAN International Indonesia Program Unit Sikka, Nusa Tenggara Timur.” Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 3(2), 154–163. https://doi.org/10.24156/jikk.2010.3.2.154

Huba, R. K., Bahari, Y., & Rustiyarso. (n.d.). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB ANAK TIDAK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE JENJANG PERGURUAN TINGGI PADA KELUARGA PETANI. 1–14.

Maulidiyah, N. (2018). Pengaruh Program Parenting Terhadap Pengetahuan Orang Tua Dalam Pemenuhan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini Di Kbit Al-Ibrah Gresik. J+Plus Unesa, 7(2), 1–6.

M. Ari A. 2015. PERAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK (Studi Empiris Pada Komunitas Pedagang Kaki Lima Di Alun-Alun Kaliwungu Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Nobel, S., & Krisnani, H. (2020). Peran Pekerja Sosial Dalam Mengatasi Rendahnya Interaksi Di Dalam Keluarga Pada Era Digital. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 15–23. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i3.28206

Wenas, G. E., Opod, H., & Pali, C. (2015). Hubungan Kebahagiaan Dan Status Sosial Ekonomi Keluarga Di Kelurahan Artembaga Ii Kota Bitung. Jurnal E-Biomedik, 3(1). https://doi.org/10.35790/ebm.3.1.2015.7821

Wibhawa, B., Raharjo, S. T., & Santoso, M. B. (2015). Pengantar Pekerjaan Sosial. Bandung: Unpad Press.

Yusuf, M. (2017). Pengaruh Ekonomi Keluarga Terhadap Putusnya Sekolah Anak. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(2), 99–108. https://doi.org/10.17977/um014v10i22017p099




DOI: https://doi.org/10.24198/share.v11i1.33642

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




SHARE SOCIAL WORK JOURNAL Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Indonesian Publication Index (IPI)Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)    

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.