Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Kualitas Pelayanan Program Sentra Industri Bukit Asam (SIBA) Rosella PT Bukit Asam, Tbk. (PTBA)

Sahadi Humaedi, Meilanny Budiarti Santoso, Luthfiansyah Hadi Ismail

Abstrak


Kehadiran industri yang secara langsung maupun tidak langsung akan membawa perubahan baik fisik maupun non fisik pada kehidupan masyarakat sekitarnya. Perubahan tersebut salah satunya dilakukan perusahaan melalui implementasi program corporate social responsibility (CSR) yang dipandang sebagai salah satu upaya membangun hubungan baik dengan masyarakat sekitar, begitupun dengan PT Bukit Asam (PTBA). Program unggulan CSR PTBA adalah Program SIBA Rosella yang bermaksud memberdayakan masyarakat melalui kegiatan budidaya tanaman rosella dan produksi aneka olahan turunannya. Sebagai salah satu pihak yang melakukan pelayanan publik melalui program SIBA Rosella, tentunya perlu dilakukan evaluasi terhadap pelayanan yang dilakukan terhadap masyarakat penerima program. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan program CSR PTBA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif  deskriptif untuk menjelaskan indeks kepuasan masyarakat (IKM) terhadap program yang dilaksanakan. Hasil keseluruhan IKM berada pada interval 3.54 dan berdasarkan tabel interval dalam Permen PAN RB No. 14 Tahun 2017 mengenai Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat, maka mutu program CSR SIBA Rosella dalam kategori A dengan nilai konversi 88.50, ini artinya kinerja program berada pada kategori sangat baik. Capaian nilai pada IKM yang telah didapatkan tersebut menunjukkan pelayanan yang sangat baik karena berbagai indikator penyusunnya dapat dicapai secara keseluruhan mulai dari kepastian waktu pelayanan, akurasi pelayanan, kesopanan dan keramahan, tanggung jawab, kelengkapan, dan kemudahan mendapatkan pelayanan.


Kata Kunci


Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Kebijakan, Program CSR

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Berampu, A. C., & Agusta, I. (2015). Manfaat Partisipasi Masyarakat dalam Program Pengelolaan Sampah. Jurnal Penyuluhan, 11(2). https://doi.org/10.25015/penyuluhan.v11i2.10575

Budiarti, M., & Raharjo, S. T. (2014). Corporate Social Responsibility (CSR) Dari Sudut Pandang Perusahaan. Share: Social Work Journal, 4(1), 17. https://doi.org/10.24198/share.v4i1.13045

Dunn. (2003). Public Policy Analysis: An Introduction, terjemahan Samodra Wibawa, dkk. Yogyakarta: UGM Press.

Eweje, G. (2007). Multinational oil companies’ CSR initiatives in Nigeria. Managerial Law, 49(5/6), 218–235. https://doi.org/10.1108/03090550710841340

Gasperz, Vincent. (1997). Manajemen Kualitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Idemudia, U. (2009). Oil Extraction and Poverty Reduction in Niger Delta: A Critical Examination of Partnership Initiatives. Business Ethics , 90/91-116.

Lewis, R.C. & Booms, B.H. (1983). The Marketing Aspects of Services Quality in Emerging Perspectives on Services Marketing. Chicago: AMA.

Luthfia,Widha Emil dan Sri, Rahayu Tri Astuti. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Coffe Shop Kofisyop Tembalang. Semarang: Universitas Diponegoro.

Mai, L. T. (2018). Corporate Social Responsibility The Harmony of Business ,. December. https://www.researchgate.net/publication/329895242.

Nazir, Moch. (1988). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nugroho D, Riant. (2012). Public Policy, Jakarta: Gramedia,

Oemar, Usailan, and Zulpaidah Zulpaidah. "Analisis Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada PT. Kirana Musi Persada." Jurnal Ilmu Manajemen, vol. 6, no. 1, 2016, pp. 90-100, doi:10.32502/jimn.v6i1.1525.

Purwanto, A. (2011). Pengaruh Tipe Industri, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas terhadap Corporate Social Responsibility. Jurnal Akuntansi dan Auditing 8(1): 12-29.

Rindawati, M.W. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, dan Kepemilikan Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Surabaya: Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA).

Rofiqkoh, E., & Priyadi, M. P. (2016). Pengaruh Profitabilitas , Leverage Dan Ukuran Perusahaan. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(2015), 1–18.

Schneider, Eugene. (1986). Sosiologi Industri, Jakarta: Aksara Persada.

Siregar, C. (2007). Analisis Sosiologis Terhadap Implementasi Corporate Social Responsibility Pada Masyarakat Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 6(12), 285-288– 288.

Sutowo. (2013). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat dan Manfaat Ekonomi Program Corporate Social Responsibility (CSR) Chevron Geothermal Salak, Ltd. Bidang Ekonomi di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. IPB Repsitory. Diakses melalui https://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/64733

Widodo, W. E., Cholidah, S. N., Isnaeni, A. P., Wibowo, K. T., & Abriandi, E. (2019). Mengukur Kepuasan Masyarakat Pada Program CSR di Desa Kertajaya: Sebuah Analisis Menggunakan Metode Sustainability Compass. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat: Media Pemikiran Dan Dakwah Pembangunan, 3(1), 29-52. doi:10.14421/jpm.2019.031-02




DOI: https://doi.org/10.24198/share.v11i1.34207

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




SHARE SOCIAL WORK JOURNAL Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Indonesian Publication Index (IPI)Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)    

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.