DAMPAK PENGGUNAAN GAWAI (GADGET) TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI

Nurliana Cipta Apsari, Lia Siti Nurfauziah, Dessy Hasanah Siti Asiah

Abstrak


Fenomena anak usia dini yang menggunakan gawai (gadget) sudah mulai banyak ditemui baik itu di perkotaan maupun di pedesaan. Hal tersebut saat ini sudah dianggap biasa karena orangtua yang memberikan gawai (gadget) secara langsung pada anak. Kemudian, anak tidak diberikan batasan waktu dalam bermain gawai (gadget) sehingga anak suka bermain gadget (gadget) dengan durasi yang cukup lama lebih dari satu jam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak dari penggunaan gawai (gadget) terutama dalam hal perilaku sosial anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku sosial pada anak usia dini yang diakibatkan dari penggunaan gawai (gadget) dapat dilihat dari perilaku anak dalam kerjasama, menghargai, berbagi, serta membantu. Perilaku sosial anak usia dini menjadi berbeda saat berada di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah. Anak usia dini menjadi tidak peduli dengan lingkungan sekitar dan hanya memikirkan diri sendiri. Sehingga, dalam bertemu dan bermain dengan teman sebaya anak menjadi kesulitan dalam bersosialisasi karena anak menjadi asyik sendiri. Hal itu disebabkan karena ketika di rumah anak terbiasa diberikan gawai (gadget) dan bermain gawai (gadget) sendiri tidak diajak berkomunikasi oleh orangtuanya. Selain itu, anak juga tidak pernah keluar rumah untuk bermain dengan teman sebayanya.


Kata Kunci


Anak Usia Dini; Gawai (Gadget); Perilaku Sosial

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apsari, N.C. (2015). Hak Anak: Perspektif Pekerjaan Sosial. Bandung: Unpad Press.

Astri, H. (2013). Pegaturan Praktik Pekerja Sosial Profesional di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial. 4(2):155-163.

Bredakamp. (1987). Developmentally Appropriate Practice in Early Childhood Programs Serving Children from Birth Through Age 8. USA: AAEYC.

Budhi, W., Santoso, T. R., & Meilany, B. S. (2015). Pengantar Pekerjaan Sosial. Bandung: Unpad Press

Delima, R., Arianti, N. K., & Pramudyawardani, B. (2015). Identifikasi kebutuhan pengguna untuk aplikasi permainan edukasi bagi anak usia 4 sampai 6 tahun. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 1(1).

Gunarsa, S., dan Gunarsa. (2000). Psikologi Praktis. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Havighurst. (1961). Human Development & Education. New York: David McKay Co.

Hartati, Sofia. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Dikti Depdiknas

Hurlock, E. B. (2003). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga

Iswidharmaja, D. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget: Panduan Bagi Orangtua Untuk Memahami Faktor-Faktor Penyebab Anak Kecanduan Gadget. Google Book.

Lestari, I., Riana, A. W., & Taftazani, B. M. (2015). Pengaruh gadget pada interaksi sosial dalam keluarga. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Mahardika, E. K. (2014). Peningkatan perilaku sosial anak melalui permainan tardisional jawa. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(2), 251-262.

Musyarofah, M. (2017). Pengembangan aspek sosial anak usia dini di taman kanak-kanak Aba IV Mangli Jember tahun 2016. INJECT (Interdisciplinary Journal of Communication), 2(1), 99-122.

Nobel, S., & Krisnani, H. (2020). PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENGATASI RENDAHNYA INTERAKSI DI DALAM KELUARGA PADA ERA DIGITAL. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 1(1), 15-23.

O'Loughlin. (2008). Social Work with Children and Family. Southemhay East: Learning Maters.

Rachmana, Y. S. (2013). Perilaku sosial pada anak usia dini yang mendapat pembelajaran bilingual. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 2(1).

Raharjo, S. T. (2015). Dasar Pengetahuan Pekerjaan Sosial. Bandung: UNPAD Press.

Raharjo, S. T. (2015). Keterampilan Pekerjaan Sosial Dasar-Dasar. Bandung: UNPAD Press.

Robbiyah, R., Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 76-84.

Rustanto, B. (2015). Penelitian Kualitatif Pekerjaan Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setiawan, H. H. (2018). Peran Pekerja Sosial Di Sekolah Dalam Menangani Perundungan. Sosio Informa, 4(1).

Sujianti, S. (2018). Hubungan Lama Dan Frekuensi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Di Tk Islam Al Irsyad 01 Cilacap. Jurnal Kebidanan, 8(1), 54-65.

Supartini, Y. (2004). Buku Ajar Konsep Dasar Keperawatan Anak. Jakarta: EGC.

Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini:Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana

Susilowati, E. (2020). Praktik Pekerjaan Sosial Dengan Anak. Bandung: Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

Wijoyono, V. V., Negara, I. N. S., & Aryanto, H. (2015). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Penggunaan Gadget Bijaksana Pada Anak Usia 3-5 Tahun Di Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 11.

Wong, D. L. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Jakarta: Penerbit EGC.

Sumber lain

Anonim. (2014). Gadget Bisa Mengancam Anak-Anak. Diakses dari https://www.viva.co.id pada tanggal 26 Februari 2019 Pukul 14.38 WIB

Fajrina, Nur Hani. (2015). Tingkat Kecanduan Gadget di Usia Dini Semakin Mengkhawatirkan. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com pada tanggal 26 Februari 2019 pukul 14.33 WIB.

Nafidahtul, Ni’matul. (2015). Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Diakses dari https://www.kompasnia.com 25 Februari 2019 pukul 15.00 WIB.

Mubarok, Sulthonul. (2013). Gadget Menjadi Gaya Hidup dan Kebutuhan. Diakses dari http://sulthonulmubarok.com/gadget-menjadi-gaya-hidup-dan-kebutan pada tanggal 23 April 2019 pukul 14.00 WIB.




DOI: https://doi.org/10.24198/share.v13i1.40927

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




SHARE SOCIAL WORK JOURNAL Terindeks Di:

 Google Scholar   Indonesia One SearchWorldCat Indonesian Publication Index (IPI)Crossref  Bielefeld Academic Search Engine (BASE)    

 

 

 

 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.