PENGEMBANGAN KAPASITAS CAREGIVER DAYCARE BERDASARKAN PERLINDUNGAN ANAK DAN PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL ANAK USIA 0-5 TAHUN
Abstrak
Kasus kekerasan terhadap anak di tempat penitipan anak (daycare) menjadi isu yang mengkhawatirkan dan menunjukkan adanya kesenjangan kapasitas caregiver dalam memahami prinsip pengasuhan ramah anak. Anak usia dini secara alami aktif, bereksplorasi, dan mengekspresikan emosi, sehingga membutuhkan pendekatan pengasuhan yang menghormati hak dan kebutuhan perkembangannya. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya pengembangan kapasitas caregiver dalam pencegahan kekerasan terhadap anak di daycare. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan meninjau jurnal dan literatur ilmiah dalam lima tahun terakhir. Fokus kajian meliputi prinsip perlindungan anak, yaitu keselamatan (safety), kepastian pengasuhan (permanency), dan kesejahteraan anak (well-being), serta pemahaman tentang tugas perkembangan psikososial anak usia 0-5 tahun. Hasil kajian menunjukkan bahwa peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sensitivitas sosial caregiver menjadi kunci penting dalam menciptakan lingkungan pengasuhan yang aman, stabil, dan mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amboningtyas, D., & Yulianeu, Y. (2019). The Development Of Capacity Building To Improve The Quality Of Human Resources Among Small And Medium Enterprises. Manajemen Bisnis, 9(1). https://doi.org/10.22219/jmb.v9i1.9441
Astuti, D. W. (2021). Standarisasi Layanan Pengasuhan di Tempat Penitipan Anak Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1120–1131.
Bronstein, L. R. (2003). A Model for Interdisciplinary Collaboration. Social Work, 48(3), 297–306. https://doi.org/10.1093/sw/48.3.297
Brown, L., LaFond, A., & Macintyre, K. (2001). Measuring Capacity Building. Carolina Population Center.
Cooper, G., Hoffman, K., & Powell, B. (2009). The Circle of Security Intervention: Enhancing attachment in early parent-child relationships. The Guilford Press.
Damayanti, E., Soeaidy, M. S., & Ribawanto, H. (2014). Strategi capacity building pemerintah desa dalam pengembangan potensi kampoeng ekowisata berbasis masyarakat lokal (studi di Kampoeng Ekowisata, Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik, 2(3), 464–470.
Dore, M. M. (1993). The practice-teaching parallel in educating the micropractitioner. Journal of Social Work Education, 29, 181–190.
Hepworth, D. H., Rooney, R. H., Rooney, G. D., & Strom-Gottfried, K. (2017). Direct Social Work Practice: Theory and Skills (10th ed.). Cengage Learning.
Hutchison, E. D. (2019). Dimensions of Human Behavior: The Changing Life Course (6th ed.). SAGE Publications, Inc.
Jones, A. S., LaLiberte, T., & Piescher, K. N. (2015). Defining and Strengthening Child Well-being in Child Protection. Children and Youth Services Review, 54, 57–70. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2015.05.001
Metro Tempo. (2024). Kronologi Terungkapnya Penganiayaan Balita di Daycare Depok oleh Influencer Meita Irianty. https://metro.tempo.co/read/1898476/kronologi-terungkapnya-penganiayaan-balita-di-daycare-depok-oleh-influencer-meita-irianty
Morrison, T. (2001). Actionable Learning - A Handbook for Capacity Building Through Case Based Learning. Asian Development Bank Institute.
Mufidi, A. (2023). Pengembangan Kapastias Caregiver Anak Dengan Multi Disabilitas Terlantar Di Yayasan Sayap Ibu Cabang Provinsi Banten. Universitas Padjadjaran.
Nelsen, J. (2006). Positive discipline (Rev. ed.). Ballantine Books.
Notoatmodjo, S. (2003). Metodologi Penelitian Kesehatan, Edisi Revisi. Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2014). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013 tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif. (2013).
Putra, A. U., Nulhaqim, S. A., & Darwis, R. S. (2016). Pengembangan Kapasitas Relawan Di PMI Cabang Cibinong, Bogor. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13638
Regional Kompas. (2024). Pemilik dan Pengasuh Jadi Tersangka Penganiaya Balita di “Daycare” Pekanbaru, Keduanya Ditahan. https://regional.kompas.com/read/2024/08/10/155302378/pemilik-dan-pengasuh-jadi-tersangka-penganiaya-balita-di-daycare-pekanbaru
Simfoni PPA. (2024). Jumlah Kasus berdasarkan Tempat Kejadian. https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan
Skidmore, R. A. (1995). Social Work Administration, Dynamic Management and Human Relationships (Allyn & Bacon, Eds.; 3rd ed.).
Soeprapto, H. R. (2010). Pengembangan Kapasitas Pemerintah Daerah Menuju Good Governance.
Supandi, F. N. (2023). Pengembangan Kapasitas Anak Jalanan Melalui Program BOLA (Bermain Olahraga Lindungi Anak) (Studi Pada Yayasan Kampus Diakoneia Modern Kota Bekasi). Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Padjadjaran.
Suryono, Y., & Entoh, T. (2016). Inovasi Pendidikan Nonformal. Graha Cendekia.
Wahyuni, S., Desyanty, E. S., & Redjeki, E. S. (2018). Peningkatan Kompetensi Pengasuh Melalui Pelatihan Pengasuhan Ramah Anak Pada Taman Penitipan Anak. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 193–204.
WHO. (2022). Violence Against Children. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/violence-against-children
Wibhawa, B., Raharjo, S. T., & Budiarti, M. (2017). Pengantar pekerjaan Sosial (B. Wibhawa, Ed.; 4th ed.). Unpad Press. http://press.unpad.ac.id
Winokur, M. A., Holtan, A., & Batchelder, K. E. (2018). Systematic Review of Kinship Care Effects on Safety, Permanency, and Well-Being Outcomes. Research on Social Work Practice, 28(1), 19–32. https://doi.org/10.1177/1049731515620843
DOI: https://doi.org/10.24198/share.v15i1.63058
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.