STUDI DESKRIPTIF TENTANG LOYALITAS PESERTA GRUP WHATSAPP

Rachmaniar ., Renata Anisa

Abstract

ABSTRAK

Media Sosial WhatsApp  atau yang biasa disingkat WA sudah menjadi sarana berkomunikasi yang popular saat ini. Di Indonesia pertumbuhan WhatsApp termasuk yang paling tinggi. Berdasarkan hasil pengamatan, rata-rata orang yang memiliki WhatsApp, memiliki grup WhatsApp, dan ada yang bertahan untuk tetap berada dalam suatu grup WhatsApp tertentu. Atas hal tersebut, penulis tertarik untuk memahami loyalitas peserta grup WhatsApp. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan seseorang bertahan dalam suatu grup WhatsApp tertentu. Teori yang digunakan dalam penelitan ini adalah teori motivasi dari Abraham Marslow dan Teori Pertukaran Social dari Thibault dan Kelley's. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk mengetahui loyalitas peserta grup WhatsApp. Informan utama dari penelitian ini yaitu pemilik WhatsApp berusia dewasa muda.  Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif pasif, dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alasan loyalitas seseorang berada dalam grup WhatsApp: a) bonding, b) sharing, c) kemudahan berhubungan, dan d) kebutuhan informasi.

Kata kunci: whatsapp, grup, loyalitas, peserta

ABSTRACT

WhatsApp Social Media or commonly abbreviated as WA has become a popular means of communicating today. In Indonesia WhatsApp growth is among the highest. Based on observations, the average person who has WhatsApp, has the WhatsApp group, and some are persisted to stay within a certain WhatsApp group. Based that the fact, the author is interested to understand the loyalty of the group WhatsApp participants. The purpose of this study was to find out why one survives in a particular WhatsApp group. The purpose of this study was to find out one's loyalty lies within the WhatsApp group. The theory used in this research is need hierarchy theory from Abraham Marslow and Social Exchange Theory from Thibault and Kelley's. The method used in this research is a qualitative method with descriptive approach to know the loyalty of WhatsApp group participants. The main informant of this research is the owners of  WhatsApp with young adulthood categories. Data collection techniques are conducted through in-depth interviews, passive participatory observation, and literature studies. The results of this study indicate that the reasons for loyalty are in the WhatsApp group: a) bonding, b) sharing, c) ease of contact, and d) information needs.

Keywords : whatsapp, group, loyalty, participants

Full Text:

PDF

References

BBC Indonesia. 2016. Pengguna WhatApp mencapai 1 miliar tiap bulan. Diakses pada 9 Agustus 2016, dari http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2016/02/ 160202_majalah_bisnis_whatsapp

Furchan, A. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset

Kountur, Ronny. 2003. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: PPM

Mulyana, Deddy. & Solatun.2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. 1998. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Siagian, Sondang P. 1996. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Sudjana, Nana. & Ibrahim. 1989. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru

West, Richard. & Turner, Lynn H.2008. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (Buku 2) (Edisi 3). Jakarta: Salemba Humanika

WhatsApp. Diakses pada 9 Agustus 2016, dari https://www.whatsapp.com/faq/id/ android/23776567

Yusuf, O. 2013. Pendiri WhatsApp Komentari Orang Indonesia. Diakses pada 9 Agustus 2016, darihttp://tekno.kompas.com/read/2013/06/25/08514583/ Pendiri.WhatsApp.Komentari.Orang.Indonesia.

Yusuf, O. 2016. Angka Fantastis Facebook Messenger dan WhatsApp. Diakses pada 9 Agustus 2016, dari http://tekno.kompas.com/read/2016/04/13/13160107/ Angka.Fantastis.Facebook.Messenger.dan.WhatsApp

Refbacks

  • There are currently no refbacks.