PERILAKU IMPULSE BUYING DI MASA PANDEMI

RIA ARIFIANTI, WAHJU GUNAWAN

Abstract

Tujuan riset ini adalah untuk menghasilkan kajian tentang perilaku konsumen tertama impulse buying di masa pandemi. Masa pandemi merupakan kondidi terjadinya wabah yang disebabkan oleh virus, sehingga membuat orang tidak berani melakukan kegiatan di luar rumah.

            Metode yang digunakan adalah deskriptif yaitu menggambarkan kondisi perilaku impulse buying dalam masa pandemic. Teknik pengumpulan data adalah Teknik observasi dan wawancara.

Perilaku impulse buying terjadi karena adanya rangsangan dari toko atau ritel yang menawarkan barang yang menarik sehingga mengakibatkan adanya dorongan untuk membeli lebih banyak. Dalam masa pandemi, barang yang laku adalah berkaitan dengan alat pelindung diri dan makanan.

Kata kunci. Pandemi, impulse, buying

The purpose of this research is to produce a study of consumer behavior, especially impulse buying during a pandemic. A pandemic period is a condition for an outbreak caused by a virus, which discourages people from doing activities outside the home.

The method used is descriptive, which describes the conditions of impulse buying behavior during a pandemic. Data collection techniques are observation and interview techniques.

Impulse buying behavior occurs because of stimulation from stores or retailers that offer attractive goods, resulting in an urge to buy more. During a pandemic, the items that sell are related to personal protective equipment and food

Key word  Pandemic, impulse, buying

Keywords

Pandemi, impulse, buying

Full Text:

PDF

References

Arifianti. Ria. 2010. Pengaruh Atribut Supermarket Terhadap Impulse Buying (Survei Pada Supermarket Di Kota Bandung). Strategic Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis. Bandung

Bellenger, Danny N., Dan H. Robertson, and Elizabeth C. Hirschman. 1978. Impulse Buying Varies by Product. Journal of Advertising Research. 18(6): 15-18

Creswell, John W. Research Design, 2012. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Mixed. Pustaka Pelajar. Jogjakarta

Dewi. Retia. Kartika 2020. Mengenal Impulsive Buying, Kebiasaan Boros yang Dapat Direm Saat Pandemi. Kompas.com . Jakarta

Edy, Irwan Christanto, Setyani Sri Haryanti. 2018. Impulse Buying Behavior Pada Konsumen Online. Prosiding Pemberdayaan dan Penguatan Daya Saing Bisnis Dalam Era Digital, Surakarta.

Engel, James F, et. al. 2009.Perilaku Konsumen. Binarupa Aksara: Jakarta

Evans, Martin. Ahmad Jamal, Gordon Foxall. 2006. Consumer Behaviour. John Wiley & Son, Ltd. England. Pg.87-115

Hatane. Semuel,2006. Dampak Respon Emosi Terhadap Kecenderungan Perilaku Pembelian Impulsif Konsumen Online dengan Sumberdaya yang Dikeluakan dan Orientasi Belanja Sebagai Variabel Mediasi Jurnal Manajemen dan Kewirausahan. Surabaya

Huelsman. T.J. Nemarick, R.C. Jr and Munz.D.C. 1998. Scales to Measure Four Dimensions of Dispositional Mood : Positive Energy, Tiredness, Negatif Activation, and Relaxation. Education and Psycological Measurement. Vol 59. pp 804-19

Hirschman, E.C, Holbrook, M.B.1982, Hedonic Consumption Emerging Concepts, Methods and Propositions.Jurnal of Consumer Marketing.46(2): 92-101.

Manning, Gerald. L. Barry L. Reece. 2001. Building Quality Partnership. Prentice Hall. New Jersey. Pg. 159

Park, Eun Joo. Eun Young Kim. Judith Cardona Forney. 2005. A Structural Model of Fashion-Oriented Impulse Buying Behavior. Journal of Fashion Marketing. Vol. 10, pg 433-446

Ramli, Rully. R. 2020. Tren Belanja Online Naik, Bagaimana Pasca-pandemi. Kompas.com . Jakarta

Sari. Aprilia. Eka. 2014. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Spontan. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Semarang.

Schiffman, Leon G. Leslie Lazar Kanuk. 2010. Consumer Behavior. Pearson Prentice Hall. America. Pg. 511.

Silvera. David.H. Anne M Lavacl, Fredric Kropp. 2008. Impulse Buying : The Role of Affect, Social Influence, and Subjective Wellbeing. Journal of Consumer Marketing. Pg. 23-24

Solomon, Michael R. 2011. Consumer Behavior. New Jersay: Pearson

Supriyanto. Y. 2020. Kecemasan Virus Corona Meningkatkan Belanja Online. Bisnis.com diterbitkan tanggal 31 Maret 2020. Jakarta

Utami, Christina Whidya. 2006. Manajemen Ritel (Strategi dan Implementasi Ritel Modern). Jakarta: Salemba Empat.

Verplanken, Bas, Astrid Herabadi , Perry, J.A. dan David H. Silvera, 2005. Consumer Style and Health : The Role of Impulsive buying in Unhealty Eating. Psychology and Health. Vol . 20. pg 29-41.

Wicaksono, Avie, Haryo. Achmad, Fauzi, Sunarti. 2017. Pengaruh Faktor Psikologis Konsumen Terhadap Pembelian Imopulsif (Survei pada Konsumen yang melakukan Pembelian Impulsif di Matahari Department Store Matos Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Malang.

Wijaya, Erny. Yeni. Oktariana. 2020 Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impulse Buying Pada Hodshop Bengkulu. Ekombis Review. Bengkulu

Wulan. Annissa 2020. 8 Perubahan dalam Kebiasaan Mengeluarkan Uang di Tengah Pandemi Virus Corona. Kompas.com . Jakarta

.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.