HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN MODAL SOSIAL SISWA SMA DI PURWOKERTO

Umi Wuryanti

Abstract

Artikel ini menjelaskan hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dengan modal sosial siswa. Status sosial ekonomi orang tua yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu: pendidikan terakhir orang tua, penghasilan orang tua, kepemilikan harta benda, dan jenis pekerjaan orang tua. Sedangkan modal sosial yang dimaksud dalam penelitian ini yaitu: jaringan atau relasi sosial, kepercayaan dan norma sosial. Penelitian ini dilakukan di SMAN 2 Purwokerto dengan metode kuantitatif survey. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi tau kendall. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari angket yang telah diberikan kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang negatif antara status sosial ekonomi orang tua dengan modal sosial siswa dengan nilai korelasi yang diperoleh sebesar -0.123. Nilai φ value atau nilai korelasi sebesar 0.298 menunjukkan bahwa hubungan kedua variabel tersebut tidak signifikan (karena φ value >0.05). Adapun kekuatan hubungan antarvariabel adalah lemah. Siswa yang berasal dari status sosial ekonomi tinggi justru memiliki modal sosial yang rendah dan sebaliknya siswa yang berasal dari status sosial ekonomi rendah memiliki modal sosial yang tinggi.

Keywords

kepercayaan, norma, modal sosial, siswa

References

Acar, E. (2011). “Effects of Social Capital on Academic Success: A Narrative Synthesis”. Educational Research and Reviews University Marywood, vi(6). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/267806372_Effects_of_social_capital_on_academic_success_A_narrative_synthesis

Abdullah, Suparman. 2013. “Potensi Dan Kekuatan Modal Sosial Dalam Suatu Komunitas.” SOCIUS : Jurnal Sosiologi XII:15–21. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/socius/article/view/381

Afiati, Bintana, and Yonisa Kurniawan. 2013. “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Konsumsi Siswa Kelas Xi Ips Man Sidoarjo.” Jurnal Pendidikan Ekonomi UNESA 1–17. doi: 10.26740/jupe.v2n3.p%25p.

Amri, U., Alizamar, and A. Sano. 2017. “Kepercayaan Diri Siswa Penerima BSM ( Bantuan Siswa Miskin ) Dalam Belajar Dan Implikasinya Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling ( Studi Deskriptif Terhadap Siswa Di SMP Negeri 22 Padang ).” Proceedings ICES 2017 142.

Basch, Cheryl A. 2012. “Student-Teacher Trust Relationships and Student Performance How Has Open Access to Fisher Digital Publications Benefited You ?”. Retrieved from https://fisherpub.sjfc.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1119&context=education_etd

Bicchieri, C. (2018, September 24). Social Norms. Stanford Encyclopedia of Philosophy. Retrieved from https://plato.stanford.edu/entries/social-norms/

Brooks, B. (2011). Socioeconomic Status Updates. Information, Communication and Society Journal, xiv(4), 529-549. doi: 10.1080/1369118X.2011.56221.

Bumpus, J. P. (2019). Social Class and Educational Attainment: Do Blacks Benefit Less from Increase in Parents' Social Class Status. Sociology of Race and Ethnicity, vi(2), 223-241. doi: 10.1177/2332649219854465.

Chen, X. (2011). Social Capital and Social Norms Shape Human-Nature Interactions. Oxford University Press. doi: 10.1093/acprof:oso/9780198703549.001.0001.

Coleman, J. S. (1998). Social Capital in the Creation of Human Capital. American Journal of Sociology, xciv. 95-120. Retrieved from https://www.jstor.org/stable/2780243?seq=1

Downing, J. R. 2011. “Factors Influencing the Variability in Social Capital.” University of Central Florida.

Ekinci, A. (2012). The Effect of Social Capital Levels in Elementary School on Organizational Information Sharing. Educational Science: Theory and Practice, xii(4). Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1002860.pdf

Ermisch, John. 2009. “Measuring People’s Trust.” Journal of the Royal Statistical Society 172(4):749–69.

Fathy, Rusydan. 2019. “Modal Sosial: Konsep, Inklusivitas Dan Pemberdayaan Masyarakat.” Jurnal Pemikiran Sosiologi 6(1):1. doi: 10.22146/jps.v6i1.47463.

Firdausz, Rizky. 2012. “Motivasi Mahasiswa Bergabung Di Organisasi Intra Kampus.” Diponegoro Journal Ofmanagement 2(17):1–9.

Hapasari, Aulia. 2012. “Kepercayaan Diri Mahasiswi Papua Ditinjau Dari Dukungan Teman Sebaya.” Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. doi: 10.24167/psiko.v13i1.278.

Haridison, A. (2013). Modal Sosial dalam Pembangunan. Jurnal ISPAR Universitas Palangkaraya, iv. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/320431406_Modal_Sosial_dalam_Pembangunan

Hariyani, I. (2016). Peran Jaringan Sosial pada Kampanye Lingkungan di Medi Sosial: Kasus Kampanye Melawan Asap. Jurnal Informasi Kajian Ilmu Komunikasi, xlvi(1). doi: 10.21831/informasi.v46i1.9652.

Huang, L. (2015). Social Capital and Student Achievement: Exploring the Influence of Social Relationship on School Success in Norway and Romania. Creative Education, vi(15). doi; 10.4236/ce.2015.615166.

Husna, F. (2018). Inovasi Pendidikan Pada Kaum Marginal. Jurnal Sosiologi USK, xii(1). Retrieved from http://jurnal.unsyiah.ac.id/JSU/article/view/11695

Imandoust, Sadegh Bafandeh. 2011. “Relationship between Education and Social Capital.” International Journal of Humanities and Social Science 1(12):52–57.

Indy, R. (2019). Peran Pendidikan dalam Proses Perubahan Sosial di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabputane Minahasa Utara. Jurnal Universitas Sam Ratulangi, ii(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/holistik/article/view/25466

Kiribakka, Solome. 2012. “Associations between Socioeconomic Factors and Social Capital amongst Child Caregivers in Eastern Uganda.” Rev Econ Financ 1:51–62.

Lucas, S. R. (2012). Improving the Measurement of Socioeconomic Status for the National Assessment of Educational Progress: A Theoritical Foundation. National Center for Education Statistics, 4-39. Retrieved from https://nces.ed.gov/nationsreportcard/pdf/researchcenter/Socioeconomic_Factors.pdf

Macerinskiene, I. (2011). The Evaluation of Social Capital Benefits: Enterprise Level. Business, Management and Education, ix(1), 109-126. doi: 10.3846/bme.2011.08.

Masik, A. (2005). Hubungan Modal Sosial dan Perencanaan. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, xvi(3). Retrieved from http://journals.itb.ac.id/index.php/jpwk/article/view/4269

Miftahuddin. (2018). Ekonomi sebagai Komponen Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman Intelektual, viii(3), 317-322. doi: 10.33367/intelektual.v8i3.725.

Mudiarta, K. G. (2009). Jaringan Sosial dalam Pengembangan Sistem dan Usaha Agribisnis: Perspektif Teori dan Dinamika Studi Kapital Sosial. Jurnal Forum Penelitian Agro Ekonomi, xxvii(1). Retrieved from http://ejurnal.litbang.pertanian.go.id/index.php/fae/article/view/3931

Munjin. 2017. “Social Capital: Trust Building As A Strategy of Developing Madrasa.” Al-Hayat 01(01):40–71.

Ningrum, A. (2012). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Pembentukan Modal sosial SMA Negeri di Kota Bandung. Skripsi Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from http://repository.upi.edu/9229/

Nugroho. (2014). Pengaruh Pendidikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. Jurnal Media Ekonomi dan Manajemen, xxix(2). doi: 10.24856/mem.v29i2.229.

Nuhlia, R. (2018). Jaringan Sosial Pada Pengusaha Kopi Bubuk di Kecamatan Enrekang Kabupaten Enrekang. Skripsi Universitas Negeri Makassar. Retrieved from http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/jurnalcommercium/article/view/488

Pichler, Florian, and Claire Wallace. 2009. “Social Capital and Social Class in Europe: The Role of Social Networks in Social Stratification.” European Sociological Review 25(3):319–32. doi: 10.1093/esr/jcn050.

Pinxten, W. (2014). "The Importance of Economic, Social and Cultural Capital in Understanding Health Inequalities Using a Bordieu-based Approach in Research on Physical and Mental Health Perceptions". Sociology of Health and Illness Journal, xxxvi(7). doi: 10.1111/1467-9566.12154.

Plagens, G. K. (2011). "Social Capital and Education: Implications for Student and School Performance". Education and Culture, xxvii(1). doi: 10.1353/eac.2011.0007.

Pretianasari, Yusea. 2015. "Hubungan Status Sosial Ekonomi Keluarga Terhadap Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Kediri Tahun Pelajaran 2014/2015". Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri. 1-9. Retrieved from http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/2015/11.1.01.01.0331.pdf

Ramadhanti, Dina, Hari Mulyadi, and Girang Razati. 2017. “Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Sikap Kewirausahaan.” Strategic : Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis 16(2):32. doi: 10.17509/strategic.v16i2.7068.

Rogosic, S. (2016). "Social Capital and Educational Achievements: Coleman vs Bordieu". CEPS Journal, vi(2), 81-100. Retrieved from https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1128914.pdf

Saraswatia, G. K. (2015). "Faktor-faktor yang Mempengaruhi Konsep Diri Remaja di SMPN 13 Yogyakarta". Indonesian Journal of Nursing and Midwifery, iii(1). doi: 10.29127/jnki.2015.3(1).33-38.

Schooler, C. (2013, February 26). "Social Class and Social Status". Oxford Bibliographis. doi: 10.1093/OBO/9780199828340-0085.

Setiawan, Altim. 2005. “Fenomena Kawasan Permukiman Yang Individualis.” Fenomena Kawasan Permukiman Yang Individualis 3(2):113–24.

Six, B. (2015, March 16). "Trust and Social Capital in The Design and Evolution of Institutions for Collective Action". Retrieved from https://www.thecommonsjournal.org/articles/10.18352/ijc.435/

Soekanto, S. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Stone, Wendy. 2000. “Social Capital and Social Security.” Family Matters (57):10–13. doi: 10.1.1.629.7844.

Szkudlarek, Piotr, and Jorge Vila Biglieri. 2016. “Trust as an Element of Social Capital – Evidence from a Survey of Polish and Spanish Students.” Journal of International Studies 9(1):252–64. doi: 10.14254/2071-8330.2016/9-1/19.

Tonkaboni, F. (2013). Description and Recognition the Concept of Social Capital in Higher Education System. International Education Studies Journal, vi(9). doi: 10.5539/ies.v6n9p40.

Ujianto Singgih Prayitno. 2013. “Role Differentiation and Care Patterns Of Urban Poor Families: Social Capital Perspective.” Jurnal Aspirasi 4(1):20–21.

Usman, S. (2018). Modal Sosial. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wati, K. S. (2015). :Modal dalam Praktik Sosial Arisan Sosialita". Jurnal Idea Societa, ii(5). 1-27. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/298863250.pdf

Widiansyah, A. (2017). Peran Ekonomi dalam Pendidikan dan Pendidikan dalam Pembangunan Ekonomi. CAKRAWALA, xvii(2), 207-215. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/viewFile/2612/1797

Williams, K. (2008). “Social Networks and Social Capital: Rethinking Theory in Community Informatics”. The Journal Of Community Informatics, iv(3). doi: 10.15353/joci.v4i3.2946.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.