Phubbing,Smombie dan Nomophobia: Studi Fenomenologis Perubahan Perilaku pada Siswa Sekolah Menengah Atas
Abstract
ABSTRAK:
Kebiasaan yang berujung pada candu dalam penggunaan smartphone siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) jamak terjadi. Fenomena phubbing, smombie, dan nomophobia menjadi hal yang dapat dengan mudah diamati pada siswa. Tiga hal tersebut menjadi titik fokus pada artikel dengan mengkaitkanya mulai dari pembentukan identitas, alasan hingga konstruk fenomenologis Schutz. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologis dengan memaparkan permasalahan yang dibahas dan dianalisis secara mendalam untuk menguraikan fenomena phubbing, smombie, dan nomophobia dengan jumlah informan 10 siswa dan 4 guru. Teknik pengumpulan data berbasis observasi yang berkembang pada wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa triangulasi metode dan triangulasi sumber informasi penelitian. Hasil penelitian ditemukan bahwa penggunaan smartphone bak dua buah mata uang yang memiliki dampak positif dan negatif. Penggunaan yang berlebih pada ponsel mengakibatkan phubbing, smombie dan nomophobia yang berujung pada perubahan perilaku mulai dari tindakan tidak peduli, hingga kecemasan berlebih. Kemudahan aksesibilitas siswa ditambah dengan faktor keluarga yang tidak harmonis dan minimnya kontrol siswa menjadi because motive siswa mengalami phubbing, smombie, dan nomophobia. Sedangkan rasa bosan, media mencari penghasilan menjadi in order motive bagi siswa akibatnya siswa menggunakan smartphone dengan intensitas tinggi.
Kata kunci: Phubbing, Smombie, Nomophobia, Perilaku Sosial, Fenomenologi.
ABSTRACT
Habits that lead to addiction in the use of smartphones by high school students are common. Phubbing, smombing, and nomophobia phenomena are things that can be easily observed in students. These three things are the focus of the article by linking them from behavioral changes, reasons to Schutz's phenomenological construct. The research method used is qualitative descriptive with a phenomenological approach by explaining the problems discussed and analyzed in depth to describe the phenomena of phubbing, smombing, and nomophobia with 10 students and 4 teachers as informants. Data collection techniques are based on observations that develop in interviews, and documentation. Data analysis techniques are in the form of method triangulation and triangulation of research information sources. The results of the study found that smartphone use is like two sides of the same coin that have positive and negative impacts. Excessive use of cellphones results in phubbing, smombing and nomophobia which leads to behavioral changes ranging from acts of indifference to excessive anxiety. The ease of student accessibility coupled with inharmonious family factors and minimal student control are the because motives for students to experience phubbing, smombing, and nomophobia. Meanwhile, boredom and the media for earning income become the main motive for students, as a result, students use smartphones with high intensity.
Keywords: Phubbing, Smombie, Nomophobia, Social Behavior, Phenomenology.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aprillia, F., & Sudrajat, D. A. (2020). Motif Sosial Tahlilan Masyarakat Muhammadiyah Ploso, Surabaya Timur.
Arake, A., & Winarti, Y. (2022). Literature Review: Hubungan Antara Kecanduan Smartphone dengan Prestasi Belajar pada Remaja di Indonesia. Borneo Studies and Research, 3(2), 1911-1921.
Asprila, R. (2022). Fenomena Phubbing Dalam Etika Berkomunikasi Mahasiswa (Studi Fenomenologi Perilaku Phubbing Mahasiswa Universitas Lampung) Komunikasi.
Audina, W., & Firman. (2022). Fenomena perilaku phubbing di lingkungan masyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6).
Aziz, A. N. (2020). Konten-Konten Instagram Penyebab Nomophobia Pada Generation (Studi Deskriptif Pada Remaja Gamping Kidul, Ambarketawang, Sleman, Yogyakarta) (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Cahya, M. N., Ningsih, W., & Lestari, A. (2023). Dampak Media Sosial Terhadap Kesejahteraan Psikologis Remaja: Tinjauan Pengaruh Penggunaan Media Sosial Pada Kecemasan Dan Depresi Remaja. Jurnal Sosial Dan Teknologi (Sostech), 3.
Chotpitayasunondh, V., & Douglas, K. M. (2018a). The effects of “phubbing” on social interaction. Journal of Applied Social Psychology, 48(6), 304-316.
Chotpitayasunondh, V., & Douglas, K. M. (2018b). Measuring phone snubbing behavior: Development and validation of the Generic Scale of Phubbing (GSP) and the Generic Scale of Being Phubbed (GSBP). Computers in human behavior, 88, 5-17.
Dasiroh, U., Miswatun, S., Ilahi, Y. F., & Nurjannah. (2017). Fenomena Nomophobia Di Kalangan Mahasiswa (Studi Deskriptif Kualitatif Mahasiswa Universitas Riau). Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, 6(1).
Erlinasari, N., & Makin. (2020). Hubungan School-Wide Positive Behavior Support Dengan Nomophobia Pada Siswa Kelas Xi Ipa 8 Sma Muhammadiyah 1 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1).
Fadhilah, L., Hayati, E. N., & Bashori, K. (2021). Nomophobia di Kalangan Remaja. Jurnal Diversity, 7(1), 21–29. https://doi.org/10.31289/diversita.v7i1.4487
Fatoni, N. A. (2019). Perilaku Komunikasi Panjat Sosial Dikalangan Mahasiswa (Studi Fenomenologi Pada Perilaku Komunikasi Panjat Sosial Di Kalangan Mahasiswa Kota Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia)
Fathoni, A., & Asiyah, S. N. (2021). Hubungan Kontrol Diri dan Kesepian dengan Nomophobia pada Remaja. Indonesian Psychological Research, 3(2), 63–74.
https://doi.org/10.29080/ipr.v3i2.542
Febrian, E., & Mubarok, F. S. (2023). Pola Komunikasi Antara Orang Tua Dan Remaja Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online Mobile Legend. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 2(2), 442-450.
Febrina, A. (2019). Motif orang tua mengunggah foto anak di instagram (Studi Fenomenologi Terhadap Orang Tua di Jabodetabek). Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu, 12(1), 55-65.
Fesly, K., & Sulis, N. F. (2024, May). Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Karakter Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan (Vol. 1, No. 1, pp. 69-81).
Fitri, I. K. (2020). Peran Media Sosial Instagram Dalam Pembentukan Identitas Diri Remaja Di Man 11 Jakarta (Bachelor's thesis, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta).
Gunderson, R., Stuart, D., & Houser, M. (2020). A political-economic theory of relevance: Explaining climate change inaction. Journal for the Theory of Social Behaviour, 50(1), 42–63. https://doi.org/10.1111/jtsb.12224
Hanika, I. M. (2015). Fenomena Phubbing Di Era Milenia (Ketergantungan Seseorang pada Smartphone terhadap Lingkungannya). Jurnal Interaksi, 4(1), 42–51. http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/54
Hermawan, I., Ridwan, I., Sari, B. N., Komarudin, O., & Pardinand, A. (2023). Tadabbur Al-Qur'an Sebagai Upaya Literasi Beragama di Era Digital. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 7(01), 1-11. https://jika.karawangkab.go.id
Ilham, D. J., & Rinaldi. (2019). Pengaruh phubbing terhadap kualitas persahabatan pada mahasiswa psikologi UNP. Jurnal Riset Psikologi, 2019(4).
Irham, S. S., Fakhri, N., & Ridfah, A. (2022). Hubungan Antara Kesepian Dan Nomophobia Pada Mahasiswa Perantau Universitas Negeri Makassar. J-Ceki: Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(4), 318-332.
Juliani, I. R., & Wulandari, I. S. M. (2022). Hubungan Tingkat Kecanduan Gadget Dengan Gangguan Emosi Dan Perilaku Remaja Kelas 8. Jurnal Keperawatan BSI, 10(1), 30-40.
Karlina, M., & Gautama, M. I. (2021). Nomophobia di Kalangan Mahasiswa (Studi Fenomenologi Pengguna Smartphone di Kalangan Anggota Wakesma, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang). Jurnal Perspektif, 4(1), 15. https://doi.org/10.24036/perspektif.v4i1.386
Khairani, M. K., Irmayana, I., Mawarpury, M., & Nisa, H. (2022). Nomophobia pada Generasi X, Y, Dan Z. Psychopolytan: Jurnal Psikologi, 6(1), 20-31.
Khofila, R., Saragi, M. P. D. , Lubis, M. A. E., & Ghaisani, F. (2023). Hubungan Phubbing Smombie Dan Nomophobia Terhadap Perilaku Manusia. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(1). https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR
Lesmana, T., & Loe, S. (2022). Hubungan Antara Nomophobia dengan Problematic Internet Use pada Mahasiswa di. Jakarta Proyeksi, 17(1), 1–13.
Lubis, E. M. (2019). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan Aplikasi, dan Promosi Terhadap Keputusan Belanja Online di Shopee pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).
Mulyana, S., & Afriani. (2017). Hubungan Antara Self-Esteem dengan Smartphone Addiction pada Remaja SMA di Kota Banda Aceh Relationship Between Self-Esteem and Smartphone Addiction in the High School Adolescence in Banda Aceh. Jurnal Psikogenesis, 5(2).
Mulyani, N. (2023). Fenomena sindrom nomophobia dan dampaknya terhadap kualitas kecerdasan majemuk pada anak usia dini. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak, 18(1), 139-164.
Musa, N., & Ishak, M. S. (2021) The Phenomenon of Google Effect, Digital Amnesia and Nomophobia in Academic Perspective. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 1-15.
Novita, D., & Martiastuti, K. (2021). Fenomena Nomophobia Pada Anak Usia Dini Berdasarkan Tipologi Wilayah Dan Hubungannya Terhadap Perilaku Prososial Dan Antisosial. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 8(01), 91-107.
Palilati, D. P. (2021). Analisis Dimensi Fear of Missing Out (FoMO) Terhadap Phubbing yang dibedakan berdasarkan Jenis Kelamin (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).
Pratama, F. P. (2022). Dampak Kecanduan Smartphone Pada Konsentrasi Belajar Siswa di SMPN 1 Larangan (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Madura).
Pratidina, N. D., & Mitha, J. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Interaksi Sosial Masyarakat: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 810-815. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3083
Purnamasari, Y., & Widyastuti, D. A. (2023, September). Profil phubbing pada mahasiswa bimbingan dan konseling. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 3).
Putra, R. W. (2023). Pola Komunikasi Melalui Fitur Virtual Pada Game Mobile Legends. Avant Garde, 11(1), 68-80.
Raharjo, D. P. (2021). Intensitas mengakses internet dengan perilaku phubbing. Psikoborneo Jurnal Imiah Psikologi, 9(1), 1-12. https://doi.org/10.30872/psikoborneo
Ridho, M. A. (2019). Interaksi sosial pelaku Phubbing. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel.(Diakses dari http://digilib. uinsby. ac. id,[15 Agustus 2019]).
Reski, P. (2020). Daya Tarik Interaksi Dunia Maya (Studi Perilaku Phubbing Generasi Milenial). Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(1), 96-105.
http://journal.unismuh.ac.id/index.php/equilibrium
Restiviani, Y. (2023). Patologi Sosial Akibat Penggunaan Smartphone Dalam Perspektif Komunikasi Islam. At-Tabayyun: Journal Islamic Studies, 5(1), 79-101.
https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/attabayyun/index
Retalia, R., Soesilo, T. D., & Irawan, S. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Remaja. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(2), 139-149.
Rijal Fadli, M. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1
Roseliyani, T. D. (2019). Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone Dan Kesepian Dengan Kecenderungan Nomophobia Pada Mahasiswa (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Safitri, A. R., Anggraini, D. M., Mujahida, St. H., & Muhyatun, M. (2021). Peran pendidikan karakter dalam penggunaan media sosial bagi remaja. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 143–148. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i2.5846
Saputri, Y. M. G. (2021). Pengaruh Perilaku Phubbing Terhadap Perhatian Orang Tua Kepada Anak Di Kelurahan Simpang Iv Sipin Kecamatan Telanaipura Kota Jambi (Doctoral Dissertation, Universitas Jambi).
Setiawan, F., & Winarti, Y. (2021). Literature Review Hubungan Kecanduan Smartphone dengan Gangguan Emosional Remaja. Borneo Student Research, 3(1), 2021.
Siahaan, E. K. (2022). Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Phubbing Pada Generasi Z.
Simorangkir, L., Ginting, F., Siallagan, A. M., & Halawa, R. V. (2023). Hubungan Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Intelektual Dengan Perilaku Phubbing Pada Siswa Kelas 1 Dan 2 Di Sma Imelda Medan Tahun 2022. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(6), 1896-1906.
Sudarji, S. (2018). Hubungan antara nomophobia dengan kepercayaan diri. Psibernetika, 10(1).
Sulastri, T., Khairunnisa, K., Setiawati, S., Tambunan, E. S., Supartini, Y., & Ningsih, R. (2023). Perilaku Phubbing dengan Kecerdasan Emosional Remaja pada Remaja SMA. JKEP, 8(1), 15-27.
Soekanto, Soerjono. (2007). Sosiologi Suatu Pengantar. PT. Raja Grafindo Persada Press.
Wita, G., & Mursal, I. F. (2022). Titian: Jurnal Ilmu Humaniora Fenomenologi Dalam Kajian Sosial Sebuah Studi Tentang Konstruksi Makna Phenomenology in Social Study a Study of Meaning Construction. 06(2). https://online-journal.unja.ac.id/index.php/titian
Windarani, N. A., Perguna, L. A., & Bustami, A. L. . (2021). Membaca Rasionalitas Masyarakat Islam Aboge dalam Penggunaan Sikep Penglaris di Dusun Tumpangrejo Kabupaten Malang . Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 30–42. https://doi.org/10.22219/satwika.v5i1.15654
Wulandari, S., & Wirman, W. (2016). Motif dan Makna Diri Pria Penata Rias di Kota Pekanbaru dalam Perspektif Fenomenologi (Doctoral dissertation, Riau University).
Youarti, Elok Inta & Nur Hidayah. 2018. “Perilaku Phubbing Sebagai Karakter Remaja Generasi Z” dalam Jurnal Fokus Konseling, Vol. 4 (145):143-152.
Refbacks
- There are currently no refbacks.












