STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA PEMERINTAH KOTA BANDUNG MELALUI PROGRAM CO-WORKING SPACE

Gheya Madinatu Sjaida

Abstrak


Pariwisata Indonesia semakin menunjukkan daya saingnya dari waktu ke waktu. Hal ini dibuktikan dengan posisi Indonesia yang mengalami kenaikan ke peringkat 40 dari 140 negara di dunia dalam kategori Travel and Tourism Competitiveness Index(TTCI) pada tahun 2019. Prestasi ini diperoleh karena Indonesia terus mengadakan pembenahan dan pembangunan di masing-masing daerah. Salah satu kota yang turut ambil bagian dalam pembangunan pariwisata Indonesia adalah Bandung. Ibukota provinsi Jawa Barat ini semakin menarik perhatian wisatawan. Salah satu program yang dikembangkan saat ini adalah co-working space yaitu sebuah ruangan kerja sama yang ditujukan untuk mengembangkan kemandirian masyarakat dan meningkatkan perekonomian daerah dengan memanfaatkan potensi daerah setempat. Strategi komunikasi adalah paduan dari perencanaan komunikasi (communication planning) dan manajemen komunikasi (communication management) untuk mencapai suatu tujuan (Effendi, 1993: 301). Perencanaan dan pelaksanaan co-working space di Kota Bandung menjadi sarana komunikasi yang diharapkan mampu menunjang pembangunan potensi pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan strategi komunikasi pariwisata yang dilakukan Pemerintahan Kota Bandung untuk membangkitkan potensi wisata baru, memunculkan kemandirian dan meningkatkan perekonomian daerah. 

 

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Pariwisata


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/tornare.v1i1.25528

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##