TANTANGAN MILENIAL DI DESA WISATA
Abstrak
Kaum milenial mendominasi wisatawan di era pariwisata 4.0. Alam dan budaya jika dikemas akan menjadi produk wisata dengan daya pikat menarik bagi wisatawan khususnya wisatawan milenial. Salah satu produk yang dimiliki Indonesia adalah desa wisata atau kampung wisata, dengan atraksi wisata berupa alam dan budaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap potensi digitalisasi desa wisata / kampung wisata untuk dikembangkan menjadi salah satu konsep layanan smart tourism yang mampu menarik wisatawan milenal lebih banyak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data primernya dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara mendalam. Data sekunder dengan studi kepustakaan. Analisis datanya menggunakan model interaktif, melalui tiga kegiatan yang dilakukan bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi, konsep smart tourism atau digitalisasi desa / kampung wisata merupakan langkah kongkrit yang dapat dilakukan oleh desa wisata / kampung wisata untuk memperbesar peluang kunjungan wisatawan utamanya wisatawan milenial.
Kata Kunci : smarttourism, desa wisata, digitalisasi, milenial, era pariwisata 4.0
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.24198/tornare.v2i1.25824
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##