Kinerja Promosi Jasa Belitung Utama Tour and Travel Bandung dalam Berbisnis

Fahriza Junizar, Ute Lies Siti Khadijah, Edwin Rizal

Abstrak


Peran biro perjalanan wisata dalam mengembangkan perekonomian dengan permintaan pasar yang cepat berubah, para pemerintah daerah dan pelaku industri pariwisata mempunya peran yang cukup penting dalam pencapaian kesuksesan di bidang pariwisata. Terutamanya di biro perjalanan wisata, selain mengembangkan bisnisnya, biro perjalanan wisata juga memiliki dampak terhadap kemajuan pariwisata di suatu kota. Menurut Hasibuan (2002:160), Kinerja diartikan sebagai hasil kerja yang telah dicapai oleh seseorang dalam menjalankan tugas-tugasnya berdasarkan kecerdasannya, usaha serta kesempatan yang dilakukannya. Banyaknya paket wisata yang tersedia saat ini, membuktikan keberagaman minat dari wisatawan dan permintaan pasar, itu juga bisa membuktikan dengan banyaknya kunjungan berbagai motivasi yang datang ke Kota Bandung. Dalam makalah ini metode yang digunakan adalah kualitatif, untuk mengetahui bagaimana strategi yang dilakukan Jasa Belitung Utama (JBU) Tour And Travel Bandung. Penelitian ini menunjukan hasil bahwa strategi bisnis yang paling dilakukan dari pemilik JBU ini adalah dengan pemasaran yaitu promosi melalui periklanan dan personal selling.

 


Kata Kunci


Kinerja, Jasa Belitung Utama, Bandung

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aaker, David. 2001. Marketing Research, Seventh Edition. USA: John Wiley & Sons, Ind. Alma, Buchari, 2004, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Keenam, Alfabeta,

Bandung.

Almanshur Fauzan , Ghony Djunaidi (2012). Metodologi Penelitian kualitatif, JogJakarta: Ar‐Ruzz Media

Arifin, Zainal. (2011). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Arikunto, (2002:108) Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Pratik : Jakarta

Armstrong, dan Kotler 2003. “Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan” Jakarta : Indeks Gramedia

Desky. 2003. Pengantar Biro Perjalanan Wisata. Yogyakarta : PT Adicipta Karya Nusa.

Dharmmesta dan Irawan, 2000. Manajemen Pemasaran Modern, Edisi II, Liberty, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono, Manajemen Jasa, Penerbit Andi Yogyakarta 2000

Gordon B. Davis (2003). Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Andi Offset.

Herdiansyah, haris. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Husein Umar, 2005, “Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis”, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. PrinsipPrinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta

Kotler, Philip. Dan Gary. 2014. Principle Of Marketing. 15th edition, New Jersey: Pearson Prentice Hall

Kismono, Gugup, Pengantar Bisnis, Edisi I, Cetakan I, BPFE, Yogyakarta, 2001.

Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidika, Jakarta: Rineka Cipta. Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Industri Jasa Asuransi Jiwa”, Ventura. Vol. 6.(127-146).

Muhammad Nazir, 2005, Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta

Philip Kotler dan Amstrong, 2012; Dasar- Dasar Pemasaran, jilid 1 dan 2, Jakarta.

Prasasti, Dwi Rizki, Herizon Chaniago, dan Yudi Sutarso, 2003, “Pengaruh Relationship

Rahardjo, Susilo dan Gudnanto. (2011). Pemahaman Individu Tekhnik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise.

Sumarni, Murti dan John Soeprihanto. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan). Edisi ke 5. Yogyakarta: Liberty Yogyakrta

Suryana. (2001). Kewirausahaan. Jakarta: Salemba Empat

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.

Tours and Travel Marketing. Oka A. Yoeti. 2003. Pradnya Paramita. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.24198/tornare.v2i3.29692

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##