Branding Riau The Homeland Of Melayu Untuk Meningkatkan Daya Tarik Wisata Dan Kunjungan Wisata Di Provinsi Riau

Atika Fajriandhany, Ilham Gemiharto, Edwin Rizal

Abstrak


Branding menjadi salah satu alat atau perantara bagi masyatakat agar dapat kenal dengan sebuah destinasi pariwisata.Penelitian ini menjelaskan bahwa branding merupakan sebuah identitas dalam memperkenalkan potensi dan keunggulan pasriwisata yang ada di daerah tertentu termasuk Provinsi Riau. Maka dari itu pemerintah Provinsi Riau membentuk sebuah branding yang mewakili dan memperkenalkan daya tarik wisara yang ada di Provinsi Riau.Riau The Homeland Of Melayu adalah sebuah tagline branding provinsi riau yang diharapkan dapat memperkenalkan pariwisata Riau yang selama ini menjadi daya tarik Provinsi Riau. Branding ini bukan hanya sekedar logo semata namun branding Riau The Homeland Of Melayu merupakan sebuah keseluruhan ,makna dan nilai yang tertanam di dalamnya. Branding Riau The Homeland Of Melayu juga menjadi brand destinasi yang mecakup unsur wisata dan budaya. Sebuah destinasi pariwisata tidak dipandang sebagai suatu tempat tapi juga dianggap sebagai tempat yang memiliki Cultural dan natural value. Branding inilah yang nantinya di harapkan dapat meningkatkan daya tarik masyarakat terhadap pariwisata Provinsi Riau dan berkunjung ke Provinsi Riau. Branding Riau The Homeland of Melayu ini untuk membangun identitas pariwisata Riau. .Riau The Homeland of Melayu menjadi media untuk menyampaikan gagasan mengenai pariwisata unggulan yang ada di Provinsi Riau. Daya tarik wisata merupakan salah satu dimensi yang sangat penting dalam pembentukan brand pariwisata. Tanpa Adanya daya tarik wisata maka pariwisata mungkin tidak ada yang istinewa dari suatu daerah ini pun akan mengakibatkan tingkat kunjungan wisata akan menurun . Kesalahan dalam mengelola daya tarik wisata akan berdampak pada penurunan citra pariwisata dan juga mengurangi tingkat kunjungan .Penelitian mengunakan metode penelitian studi literatur yang mana mengumpulkan referensi yang relevan dan terkait dalam pembahasan mengenai branding dan brand destinasi. Penelitian ini juga menggunakan metode observasi yang mana peneliti juga mengamati kegiatan promosi seperti apa yang dilakukan oleh pemerintah provinsi Riau dalam hal ini Dinas Pariwisata Provinsi Riau dalam mempromosikan Rau The Homeland Of Melayu .Dalam memepromosikan Branding Riau The Homeland Of Melayu Dinas Pariwisata Provinsi Riau memiliki strategi promosi sendiri antara lain Paid Media, Owned Website dan , Social Media.


Kata Kunci


Branding, Riau The Homeland Of Melayu,. Daya Tarik, Kunjungan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bungin, Burhan.2015. Komunikasi Pariwisata (Pemasaran dan Brand Destinasi). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Judisseno, Rimsky J. 2019. Branding Destinasi dan Prmosi Pariwisata . Jkarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

Kiyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktisi Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Utama, I Gusti Bagus Rai, (2015) Pengantar Idustri Pariwisata , Yogyakarta: CV.Budi Utama. Dinas Pariwisata,2017.Rancangan Peraturan

Gubernur: Pekanbaru Jurnal

Ahman, Ridho . Farida Naili. (2017). Pengaruh Destination Branding dan Produk Wisata Terhadap Niat Berkunjung Kembali Melalui Word Of Mouth (Studi Kasus Pada Objek Wisata Alam Ga Kreo Semarang).

Bawanti, Ari. (2016). Analisis City Branding Dalam pengembangan Destinasi Pariwisata Kabupaten Jayapura.(Vol.14, No.1)

Bungin, Burhan. (2017). Kontruksi Realitas Brand Destinasi Wajah Manis Destinasi Pariwisata.Sidoarjo.

Maulida, Desi.(2016). Tourism Destination Branding: Analisi Strategi Branding Wisata Hala “The Light Of Aceh”.

Emrizal. (2016). Destination Branding Dalam Strategi Pemasaran Destinasi. (Vol.8, No.2).

Hilman, Yusuf Adam dan Megantari, Krisna (2018). Model City Branding Sebagai Strategi penguatan Pariwisata Lokal Provinsi Jawa

Timur.(Vol.2 No.2).

Istanto, Freddy Handoko. Somawijaya, Yohanes, Herdinata, Christian.. Kurniawa, Mixhael N.(2016). Pengembangan Potensi Wisata berbass Brand Destination. Jakarta

Michandani, Eka Shinta. Arida. Inyoman Sukma.(2019). Perancangan Destination Branding Desa Wisata Kerta Kabupaten Gianyar.

Munir, Berlianti, (2017). Branding Riau The Homeland Of Melayu dalam mempromosikan Pariwisata Provinsi Riau (Vol.4 No.1).

Yudistiadhi, Ghifari, Dewi Lupita Sari, Shinta. (2017). Strategi Branding Pariwisata Indonesia Untuk Pemasaran Mancanegara.(Vol.2, No.2). Website

https://pariwisata.riau.go.id/




DOI: https://doi.org/10.24198/tornare.v2i3.29696

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##