ANALISIS STRATEGI BISNIS PADA UMKM KERAJINAN BAMBU DI KOTA BANDUNG

Muhammad Bahtiar Abdillah, Raden Marsha Aulia Hakim, Devi Melisa Damiri, Fithriya Zahra

Abstrak


ABSTRACT

SMEs in Indonesia continue to grow and become one of the economic sectors that can  guarantee the lives of a more prosperous society. The increase of SMEs also opening up new jobs for the community so as to reduce unemployment in Indonesia. However this is in line with the increasing levels of competition both on National and International scale. This research will analyze business strategy on SMEs bamboo based craft. This study aims to study and know the Business Strategy on SMEs bamboo crafts in Bandung.

The type of research used in this research is descriptive analysis with qualitative approach, and data analysis method used are SWOT Analysis and Porter’s Generic Strategy. The results of this study found that SMEs in this research has implemented Porter's Generic Strategy well. However on a cost leadership strategy only applied by Haur Bamboo, and differentiation and focus strategies are applied by Sari Kurnia and Awi Virage.

 

Keywords: Bamboo craft, business strategy, SWOT, SMEs.

 

 

ABSTRAK

Pertumbuhan UMKM di Indonesia setiap tahunnya terus bertambah dan menjadi salah satu sektor ekonomi yang dapat menjamin kehidupan masyarakat lebih sejahtera. Dengan adanya peningkatan UMKM ini juga membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat sehingga mampu mengurangi pengangguran di Indonesia. Namun demikian hal ini seiring dengan semakin tingginya tingkat persaingan baik pada skala Nasional maupun Internasional. Penelitian ini akan dianalisis strategi bisnis pada UKM kerajinan berbasis bambu. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari dan mengetahui Strategi Bisnis pada UKM kerajinan bambu di Kota Bandung.  Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah Analisis SWOT dan Porter’s Generic Strategy. Hasil penelitian didapatkan bahwa secara keseluruhan ketiga UMKM dalam penelitian ini telah menerapkan Porter’s Generic Strategy dengan baik. Namun pada strategi keunggulan biaya hanya diterapkan oleh Haur Bamboo, serta strategi diferensiasi dan fokus diterapkan oleh Sari Kurnia dan Virage Awi.

 

Kata kunci : Kerajinan bambu, strategi bisnis, SWOT, UMKM.

 


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v2i3.16491

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.