PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS MEREK (STUDI PADA PENGGUNA KARTU As DI STIA YPPT PRIATIM TASIKMALAYA)
Abstrak
ABSTRACT
Research on the Influence of Brand Trust on Brand Loyalty conducted on As Sim Card User in civitas academic student of STIA YPPT Priatim Tasikmalaya conducted to answer the question about the influence of trust on the loyalty of citizens of Yppt Priatim College of Tasikmalaya As Sim card users. This is a type of quantitative research using descriptive method for analytical method. The data collection techniques that used in this research are questionnaires, interviews and observations. From the research result obtained by brand trust of citizen STIA YPPT Tasikmalaya influenced brand loyalty. Brand trust variable (X) is 0,000 (sig value <0,05) so H1 is accepted and it can be concluded that customer's trust toward a brand will influence customer's loyalty level to the brand. The results are statistically significant. The value of determination can also describe the level of total independent variable contribution to the dependent variable changes. Therefore, it can be said that brand trust contributes a total effect of 57% to changes in customer loyalty to a brand on Kartu As users at STIA YPPT Tasikmalaya.
Key word: Brand Trust, Brand Loyalty
ABSTRAK
Penelitian Pengaruh Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek yang dilakukan pada pengguna kartu AS civitas Akademika Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yppt Priatim Tasikmalaya dilakukan untuk menjawab pertanyaan mengenai pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas civitas akademika Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yppt Priatim Tasikmalaya pengguna kartu AS. Penelitan ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara dan observasi. Dari hasil penelitian diperoleh kepercayaan merek civitas akademika STIA YPPT TASIKMALAYA berpengaruh pada loyalitas merek tersebut. Variabel kepercayaan merek (X) sebesar 0,000 (nilai sig<0,05) sehingga H1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa tingkat kepercayaan pelanggan terhadap suatu merek akan mempengaruhi tingkat loyalitas pelanggan terhadap merek tersebut. Hasil tersebut signifikan secara statistic. Nilai determinasi juga dapat menggambarkan tingkat kontribusi variabel bebas secara total terhadap perubahan variabel terikat. Oleh karena itu, dapat dikatakan pula bahwa kepercayaan merek memberikan kontribusi pengaruh secara total sebesar 57% terhadap perubahan tingkat loyalitas pelanggan terhadap suatu merek pada civitas akademika STIA YPPT TASIKMALAYA.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Asmai, Ishak dan Zhafri, Luthfi. 2011. Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Loyalitas : Studi Tentang Peran Mediasi Switching Costs, Jurnal Siasat Bisnis, 15 (1), 55-56.
Dharmmesta, B.S. 1999. Loyalitas Pelanggan : Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan Bagi Peneliti. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 14 (3), 73-78.
Fandy, Tjiptono. 2006. Pemasaran Jasa. Malang : Bayumedia Publishin
Ghozali, Imam. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Pradana Vidyawati .2009.“Pengaruh Kepercayaan merek terhadap Loyalitas Merek.” Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Mudiantono, Faisal Rangga Buana, Pengaruh Kepercayaan Merek, Presepsi Switching Cost Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/29940/1/Jurnal_Faisal_Rangga_C2A309023.pdf
Sutrisno Hadi. 1991. Analisis Butir-Butir untuk Instrumen Angket, Tes & Skala Nilai dengan Basica.Yogyakarta:Andi Offset.
Muhammad Rafiq, Pengaruh Kepercayaan Konsumen Pada Merek Terhadap Loyalitas Merek, Jurnal Optima Vol.3 No.1, Maret 2009
Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kombinasi. Bandung:Alfabeta.
Suharsimi Arikunto.(2006). Metodologi Penelitian (revisiIV). Jakarta: Rineka Cipta.
Zuriah, Nurul. (2007). Metodologi Penelitian, Sosial dan Pendidikan, Jakarta, PT Bumi Aksara.
https://akirahydekinato.wordpress.com/2010/12/24/loyalitas-merek-sebagai-dasar-strategi/
http://www.academia.edu/7639584/Indikator_Y_Brand_Loyalty_Menurut_Lau
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/05/03/siapa-operator-seluler-yang-mempunyai-pelanggan-terbanyak
http://tekno.kompas.com/read/2013/12/03/1549373/Sebulan.Lagi.Telkomsel.Ingin.Punya.130.Juta.Pengguna
http://tekno.liputan6.com/read/2459178/kejar-150-juta-pengguna-data-telkomsel-perkuat-layanan-broadband
DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v3i1.16615
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.