MODEL MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI PADA PROGRAM STUDI DI LUAR KAWASAN UTAMA (PSDKU) DAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA. (Studi Kasus di PSDKU Unpad Pangandaran Jawa Barat)
Abstrak
This study aims to create a management model of higher education Study Programs outside the University Area (PSDKU) Unpad Pangandaran. The method used is a qualitative method, with the type of descriptive research, data is collected by documentation studies, in-depth interviews, participant observation and surveys. The main informants in this study were managers, lecturers, and students. The survey was conducted on 35 students accidentally to determine the level of student satisfaction. The results indicate that the management unit acts as a support team that facilitates the needs and interests of stakeholders for the smoothness and success of Unpad PSDKU in Pangandaran. satisfied category. Recommendations given that Unpad Pangandaran PSDKU should be managed with a special university management, namely by providing management autonomy in the financial field.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat model manajemen perguruan tinggi Program Studi di luar Kawasan Utama (PSDKU) Unpad Pangandaran. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif, Data dikumpulkan melalui studi dokumentasi, wawancara mendalam, observasi partisifan dan survey. Informan utama dalam penelitian ini adalah pengelola, dosen, dan mahasiswa. Survey dilakukan kepada 35 orang mahasiswa secara aksidental untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa unit pengelola bertindak sebagai tim pedukung yang memfasilitasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder, ada dinamika yang terus berproses dan berkembang dalam penyelenggaraan PSDKU Unpad di Pangandaran, dan tingkat kepuasan mahasiswa terhadap PSDKU Unpad di Pangandaran berada dalam kategori puas. Rekomendasi yang diberikan bahwa PSDKU Unpad Pangandaran seharusnya dikelola dengan manajemen perguruan tinggi yang khusus, yaitu dengan memberikan otonomi pengelolaan dalam bidang keuangan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aritonang, L., R. 2005. Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Goetsch, D. L., dan Davis, S. 1994. Introduction to Total Quality: Quality,
Productivity, Competitiveness. New Jersey: Prentice Hall Internasional, Inc.
Hamdani, A. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, P. 1999. Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall Internasional,
Inc.
Natalisa, D. 2007. Survey Kepuasan Pelanggan Program Studi Magister Manajemen
Universitas Sriwijaya. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 5(9): 83 – 98.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan,
(Online), (http://www.depdiknas.go.id, diakses 26 Maret 2006).
Purwanto, N. 2007. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Santoso, S. 2000. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: Gramedia.
Setyadin, B. (bsyadin@yahoo.com). 30 Mei 2007. Analisis Jalur. e-mail kepada
Imam Gunawan (imamgun@rocketmail.com).
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan
Pangsa Pasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan Konsep, Strategi,
dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional. 2006. Bandung: Fokus Media.
Usman, H. 2007. Peranan dan Fungsi Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah dan
Upaya Mengefektifkannya. Jurnal Tenaga Kependidikan, 2(2):13-29.
Lain-lain :
http://www.academia.edu/13308467
http://psdkupangandaran.unpad.ac.id/
Ani Soetjipto,dkk. 2014. Otonomi Dan Tata Kelola Perguruan Tinggi Negeri: Studi
kasus di Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, dan Universitas
Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia
Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Pembukaan, Perubahan, Dan Penutupan Program
Studi Di Luar Kampus Utama Perguruan Tinggi
DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v3i3.19577
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.