PELAKSANAAN STRATEGI DROPSHIP DALAM SUPPLY CHAIN PADA INDUSTRI KERAMIK

Ria Arifianti, Sam un Jaja Raharja, Rivani .

Abstrak


This study aims to analyze the dropship strategy in the context of supply chain management in order to meet the desires of consumers to obtain products that are fast and useful. The research method used is qualitative research are methods to explore and understand the meaning of a number of individuals or groups of people ascribed to social or humanitarian problems. The results of the study revealed that the dropship strategy activities have been carried out by ordering online and manually. Dropship strategy involves 3 (three) elements, namely first, the buyer in this case the customers who come from domestic and abroad. Second, the seller (ceramic craftsman), and third, is the person who markets the ceramics (the craftsman cooperates with UPTD Plered). The obstacle that was found was in the case of the durability of the ceramic packaging that would be sent both domestically and abroad.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dropship dalam konteks supply   chain   management dalam rangka memenuhi keinginan konsumen memperoleh produk yang cepat dan bernilai guna. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif  merupakan metode-metode untuk mengeksplorasi dan memahami makna yang oleh sejumlah  individu atau sekelompok orang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan. Unit analisisnya adalah para pengrajin keramik. Teknik pengumpulan datanya adalah : studi literatur, observasi dan wawancara dengan para pengrajin keramik dan cross cek dengan Dinas UMKM  Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kegiatan Strategi dropship telah dilakukan secara pemesanan online maupun secara manual. Strategi dropship melibatkan 3 (tiga) unsur yaitu pertama, pembeli dalam hal ini para pelanggan yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Kedua, penjual (pengrajin keramik), dan ketiga, adalah orang yang memasarkan keramiknya (pengrajin bekerjasama dengan UPTD Plered). Kendala yang ditemukan adalah dalam hal ketahanan kemasan  keramik yang akan dikirim baik dalam maupun luar negeri.


Kata Kunci


Supply; Chain; Management; Dropship; Strategi; Konsumen; Pengrajin

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Utami, Agustin dan Ramadian Agus Triyono. 2011. Pemanfaatan Blackberry Sebagai Saraba Komunikasi Dan Pernjualan Batik Online Dengan Sistem Dropship Di Batik Solo 85. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Vol 3 No 3, hal 27-34

Widyarto, Agus 2012. Peran Supply Chain Management Dalam Sistem Produksi dan Operasi Perusahaan. Benefit Jurnal Manajemen dan Bisnis Volume 16, Nomor 2, hal 91-98

Dewiningrum, Ayu Purnama, Kinanti Restiannisa, Wahyudi Sutopo. 2012., Penerapan Postponement Strategy dalam supply chain untuk menghasilkan produk yang mengutamakan kepuasan konsumen dan meningkatkan profit perusahaan. Jurnal Rekayasa Volume 5, No. 1

Cahyadi. Iwan Fahri. 2018. Sistem Pemasaran Dropship dalam Perspektif Islam. Tawazun: Journal of Sharia Economic Law Volume 1, Nomor 1, hal 24-43

Creswell, John W. Research Design, 2012. Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Mixed. Pustaka Pelajar. Jogjakarta

Fauziyyah, Anni Karimatul. 2019. Market Base Analysis Pada Bisnis Dropship Dengan Algoritma Apriori Dalam menentukan Product Bundling Berbasis R. Indonesian Journal of Business Intelligence Vol 2 Issue 1, hal 1-9

Lestar, Fina. Maman Tocharman . Yadi Rukmayadi, 2013. Analisis Hias Gerabah Plered Untuk Pangsa Pasar Export Tahun 2010-2013. JURNAL KRIYA, Volume 1, Nomor 3 hal 1-6

Heizer. Jay. Barry Render. 2004. Operation Management, 7th Edition. New Jersey :Person Education.

Cahyadi, Iwan Fahri. 2018. Sistem Pemasaran Dropship dalam Perspektif Islam. Tawazun: Journal of Sharia Economic Law P-ISSN: 2655-9021, E-ISSN: 2655-9579 Volume 1, Nomor 1, Institut Agama Islam Negeri Kudus.

Nurjannah. 2018. Comparative Dropshipping with Sale and Purchase Greetings Parallel. Munich Personal RePEc Archive. Munich.

Miradji, Moh Afrizal. 2014. Analisis Supply Chain Management Pada PT. Monier Di Sidoarjo. Balance Economics, Bussines, Management and Accounting Journal. Volume X/ No.19/ Juli 2014. hal 63-82

Muamarah. Hanik Susilawati. 2017. Aspek Pajak Dalam Skema Penjualan Dengan Dropship. Jurnal Pajak Indonesia. Vol 1 No. 1, hal 1-11

Prabowo, Bimo, Ery Agus Priyono, Dewi Hendrawati. 2016. Tanggung Jawab Dropshipper Dalam Transaksi E-Commerce Dengan Cara Dropship Ditinjau Dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 199 Tentang Perlindungan Konsumen. Diponegoro Law Journal Vol 5 No. 3, hal 1-14

Ria Arifianti. 2019. Kebijakan dan Strategi Produksi. Penerbit Universitas Terbuka. Jakarta

Risvan Hadi. 2019. Analisis Praktek Jual Beli Dropshipping Dalam Perspektif Ekonomi AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, Volume IV No. 2 hal. 231 - 251

Romadini, Suci. Ari Fajar Santoso, Iqbal Santosa. 2018. Perancangan Sistem Manajemen Layanan Teknologi Informasi Pada Layanan Reseller dan Dropship Bandros Menggunakan ISO 2000-1: 2011 Area General Requirement and Design and Transition of New or Changed Services (Case Study CV Kabita Informatika). E-Proceeding of Engineering, Vol 5 No 2.

Siagian. Yolanda. M. 2005. Aplikasi Supply Chain Management Dalam Dunia Bisnis Grasindo. Jakarta.

Turban, Rainer, Porter. 2004. Supply Chain Management. http://id.wikipedia.org/ wiki/ Manajemen_ rantai_suplai




DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v4i3.25761

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.