STRATEGI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH DASAR ALAM MUHAMMADIYAH BANJARBARU

Muhammad Rifqi Hidayat, Rusdiana Rusdiana, Parman Komarudin

Abstrak


The purpose of this research is to examine methods of entrepreneurship education at Elementary School of Alam Muhammadiyah Banjarbaru, and to analyze the supporting and inhibiting factors. This is a qualitative field research using the interpretive approach to achieve the first goal, and the SWOT analysis (Strength, Weakness, Opportunity, and Thread) to achieve the second goal. The data in this research collected by the research team through interviews with the teachers, observations on entrepreneurial education activities that schools do, and questionnaire for the analysis of supporting and inhibiting factors. The results showed that Elementary School of Alam Muhammadiyah Banjarbaru held a "Market Day" to foster students' entrepreneurial spirit. The teachers asked students to bring any item that they wanted to sell themselves at school, which other friends or teachers who are interested in buying the merchandise will then buy. The results of the SWOT analysis show that the objects tested are in the SO region, because the Y and X values are more than 0. This means that Elementary School of Alam Muhammadiyah Banjarbaru in implementing this entrepreneurial education program must be aggressive by taking advantage of the opportunities and strengths that the school had.


Tujuan riset ini adalah untuk meneliti metode pendidikan kewirausahaan di Sekolah Dasar (SD) Alam Muhammadiyah Banjarbaru serta menganalisa faktor pendukung dan penghambatnya. Riset ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan menggunakan pendekatan interpretatif untuk mencapai tujuan pertama, dan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Thread) untuk mencapai tujuan kedua. Data dalam riset ini tim peneliti kumpulkan melalui wawancara kepada pihak guru, observasi pada kegiatan pendidikan kewirausahaan yang sekolah lakukan, dan kuisioner untuk keperluan analisa faktor pendukung dan penghambat. Hasil riset menunjukkan bahwa SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru mengadakan kegiatan “Market Day” atau hari pasar untuk menumbuhkan jiwa wirausaha siswa. Siswa diminta untuk membawa item apapun untuk mereka jual sendiri di sekolah, yang kemudian akan dibeli oleh teman lainnya ataupun guru-gurunya yang tertarik membeli dagangan tersebut. Adapun hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa objek yang diuji berada di wilayah SO, karena nilai Y dan X lebih dari 0. Artinya, SD Alam Muhammadiyah Banjarbaru dalam melaksanakan program pendidikan kewirausahaan ini harus bersikap agresif dengan memanfaatkan peluang dan kekuatan yang ada.



Kata Kunci


faktor pendukung dan penghambat; pendidikan kewirausahaan; sekolah dasar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adhaningrum, S. A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPS Kontekstual Tema Wirausaha di Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(1), 44–54. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.4746

Afrianty, T. W. (2020). Peran Feasibility dan Entrepreneurial Self-Efficacy dalam Memediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Niat Berwirausaha. AdBispreneur : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 4(3), 193–206. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v4i3.25181

Agustina, D. A. (2017). Model Pembelajaran untuk Mengenalkan Kewirausahaan pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah. Bangun Rekaprima: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa, Sosial Dan Humaniora, 3(2, Oktober), 43–56. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v3i2, Oktober.866

Ahriani, F. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 2 Bantaeng. Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 14(1), 1–9. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/782

Ali, M., Wahjoedi, W., Siswoyo, B. B., & Wahyono, H. (2016). Pengembangan Program Pendidikan Kewirausahaan Terpadu Berbasis Ekonomi Kerakyatan pada Perguruan Tinggi di Kabupaten Lombok Timur. National Conference on Economic Education. Universitas Negeri Malang. Retrieved from http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/ncee/article/view/772

Apsari, N. C., Santoso, M. B., Humaedi, S., Raharjo, S. T., & Wibhawa, B. (2018). Entrepreneurship dan Perlindungan Anak. AdBispreneur : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 2(3), 211–216. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v2i3.16489

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. LAMPUHYANG, 11(2), 13–25. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v11i2.194

Bariyah, S. K. (2019). Peran Tripusat Pendidikan dalam Membentuk Kepribadian Anak. Jurnal Kependidikan, 7(2), 228–239. Retrieved from http://www.ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/3043

Dewi, L., Yani, A., & Suhardini, A. D. (2015). Model Pendidikan Karakter dan Kewirausahaan Berbasis Etnopedagogis di Sekolah Dasar Kampung Cikondang. MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan, 31(2), 399–408. https://doi.org/10.29313/mimbar.v31i2.1480

Dzaky, A. (2019). Sekolah Alam (Tinjauan Psikologi, Sosiologi dan Ekonomi). Jurnal Studi Islam Lintas Negara (Journal of Cross Border Islamic Studies), 1(2), 30–43. Retrieved from http://journal.iaisambas.ac.id/index.php/CBJIS/article/view/39

Fikriadi, Rusdiawan, & Wilian, S. (2017). Kontribusi Kinerja Komite Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Mutu Pembelajaran di SMAN 1 Tanjung Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 2(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v2i1.38

Fuadah, F. S., & Sanusi, H. P. (2017). Manajemen Pembelajaran di Pondok Pesantren. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 2(2). Retrieved from https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/isema/article/view/5001

Hananta, A. T. (2015). Studi Eksplorasi Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Dasar Unggulan Aisiyah Bantul. Basic Education, 4(16). Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/1189

Herdiana, N. (2013). Manajemen Bisnis Syariah dan Kewirausahaan. Bandung: Pustaka Setia.

Ichsananto. (2020). Pengaruh Lingkungan Fisik Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Alam Indonesia Palembang (Universitas Islam Negeri Raden Fatah). Universitas Islam Negeri Raden Fatah. Retrieved from http://repository.radenfatah.ac.id/7094/

Isnani, S. (2019). Implementasi Program Polisi Sekolah Sebagai Best Practice untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik, 4(1), 33–42. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p33-42

Khulafa, F. N., Umami, F. Z., & Putri, R. H. (2017, November 28). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/9069

Khusnaya, Q. (2016). Partisipasi Orangtua dalam Program Full Day School di SD Islam Terpadu Insan Utama Bantul, Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5(6), 601–612. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/sakp/article/view/5325

Kusuma, A. I. (2017). Strategi Manajemen Sekolah Dasar dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 77–86. https://doi.org/10.12928/jpsd.v4i2.9590

Kusumawati, D. (2016). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Manajemen Pembelajaran PAUD. Satya Widya, 32(1), 41–48. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i1.p41-48

Mark, C. (2012). Entrepreneurship : Teori, Jejaring, Sejarah. Jakarta: Rajawali Press.

Mubarok, Z., Hafidhuddin, D., Tanjung, H., & Tamam, A. M. (2018). Pendidikan Wirausaha Bagi Anak Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah dan Pengaruhnya Terhadap Kemandirian Anak. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 152–172. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i2.1359

Mulyani, E. (2011). Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1). https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.705

Mustaqim, M. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Sumber Belajar Pada Kelas VII F SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011-2012 (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/19207/

Nurdyansyah, & Andiek, W. (2017). Manajemen Sekolah Berbasis ICT. Sidoarjo: Nizamia Learning Center. Retrieved from http://eprints.umsida.ac.id/1624/1/Manajemen Sekolah ICT Final.pdf

Putri, N. L. W. W. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Mahasiswa untuk Berwirausaha pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/9540

Rahmawati, S. N. (2017). Membangun Budaya Wirausaha Melalui Peran Ibu untuk Meningkatkan Nilai Tambah Ekonomi Keluarga (Studi kasus pada Siswa SMK Negeri 5, Jln Dr Cipto Nomor 121 Semarang). Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen), 1(1). https://doi.org/10.31002/rn.v1i1.563

Ramadhani, B. G. (2018). Analisis Manajemen Sekolah dalam Pembentukan Karakter Anak Melalui Peran Orang Tua di SD Muhammadiyah 4 Malang (Universitas Muhammadiyah Malang). Universitas Muhammadiyah Malang. Retrieved from http://eprints.umm.ac.id/39348/1/PENDAHULUAN.pdf

Ridwan, M., M, M. A., & Nawangsa, G. (2020, November 28). Mendidik Karakter di Sekolah Dasar (Studi Kasus Sebelum Pandemi Covid-19). UMM dan STKIP PGRI Sumenep. Retrieved from http://research-report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/view/3644

Ritawati, R. A., & Mubarok, N. (2015). Efektifitas Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Terhadap UMKM Di Kota Palembang. I-ECONOMICS: A Research Journal on Islamic Economics, 1(1), 21–38. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ieconomics/article/view/389

Said, I. N., & Iskandar, D. D. (2020). Persepsi Peluang Kerja, Minat dan Perilaku Wirausaha Mahasiswa: Analisis dari Perspektif Theory of Planned Behavior. AdBispreneur : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 5(2), 201–210. https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v5i2.27300

Sarina, & Lian, B. (2018). Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Pendidikan Karakter di SMA Negeri 1 Tanjung Raja. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2). https://doi.org/10.31851/jmksp.v3i2.1859

Sebtika, A. N., Winarno, M. E., & Sugiyanto, S. (2017). Evaluasi Program Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Menggunakan Analisis SWOT Kelas X di SMA Negeri 1 Kesamben. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(2), 219–228. https://doi.org/10.17977/um040v1i2p219-228

Setiawan, D., & Sukanti. (2016). Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 4(7). Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/profita/article/view/5990

Siregar, T. (2019, August 15). Jumlah Wirausaha di Indonesia Tembus 8 Juta Jiwa. Retrieved from http://rri.co.id/post/berita/651422/ekonomi/jumlah_wirausaha_di_indonesia_tembus_8_juta_jiwa.html

Siwiyanti, L., & Uswatun, D. A. (2016). Mengembangkan Pendidikan Kewirausahaan Melalui Pembelajaran IPA di SD. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 58–70. Retrieved from http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1285

Slamet, Sudana, I. M., & Suminar, T. (2017). Manajemen Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di Smp Islam Kota Semarang (Studi Empiris di Smp Sub Rayon 02 Kota Semarang). Educational Management, 6(2), 115–122. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman/article/view/22776

Sulistyowati, E. E., Utomo, S. H., & Sugeng, B. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan di Lingkungan Keluarga, Pembelajaran Kewirausahaan di Sekolah, Serta Achievement Motive Terhadap Minat Kewirausahaan Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 1(11). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i11.8126

Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), 183–193. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788

Teguh, M. (2020). Gerakan Literasi Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1–9. Retrieved from https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/217

Utami, N. S. (2020). Peningkatan Kompetensi Emosi Anak Prasekolah Melalui Pelatihan Merespon Emosi Anak pada Guru (Universitas Muhammadiyah Malang). Universitas Muhammadiyah Malang. Retrieved from http://eprints.umm.ac.id/62909/

Wahyuni, W. R., & Hidayati, W. (2017). Peran Sekolah dalam Membentuk Keterampilan Wirausaha Berbasis Tauhid di SD Entrepreneur Muslim Alif-A Piyungan Bantul Yogyakarta. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 359–377. https://doi.org/10.14421/manageria.2017.22-08

Wijoyo, H., & Indrawan, I. (2020). Model Pembelajaran Menyongsong New Era Normal pada Lembaga PAUD di Riau. JS (JURNAL SEKOLAH), 4(3), 205–212. https://doi.org/10.24114/js.v4i3.18526

Zamili, M. (2015). Menghindar dari Bias: Praktik Triangulasi Dan Kesahihan Riset Kualitatif. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 9(2), 283–304. Retrieved from http://journal.ibrahimy.ac.id/index.php/lisanalhal/article/view/97




DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v6i2.31144

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.