APAKAH CITRA MEREK PRODUK LOKAL DAPAT MENCIPTAKAN RETENSI PELANGGAN?
Abstrak
This study aims to determine the effect of the brand image of local products from Gotela Small and Medium Enterprises (IKM) Cassava Chips on customer purchasing decisions and customer retention. This research was conducted by distributing questionnaires in the province of Gorontalo, namely Pohuwato Regency and Gorontalo City, which are the production and marketing bases for products, with a research sample of 156 respondents. In conducting data analysis, researchers used quantitative methods with Structural Equation Modeling Partial Least Squares (SEM PLS) analysis tools. The results of this study prove that (1) the brand image of local products has a positive effect on purchasing decisions, and (2) the brand image of local products has a positive effect on customer retention. (3) The buyer's decision has a positive effect on customer retention. (4) The brand image of local products has a positive and significant effect on customer retention, which is mediated by purchasing decisions. Even though the product has a good image in the eyes of customers, in principle, customers do not only care about brand image; they also really care about taste.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek produk lokal Industri Kecil Manengah (IKM) Keripik Singkong Gotela terhadap keputusan pembelian pelanggan dan retensi pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan penyebaran angket diwilayah Provinsi Gorontalo yaitu Kabupaten Pohuwato dan Kota Gorontalo yang merupakan basis produksi dan pemasaran produk dengan sampel penelitian berjumlah 156 responden. Dalam melakukan analisis data peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan alat analisis Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM PLS). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) citra merek produk lokal secara positif berpengaruh terhadap keputusan pembelian, (2) citra merek produk lokal secara positif berpengaruh terhadap retensi pelanggan, (3) keputusan pembeli secara positif tidak berpengaruh terhadap retensi pelanggan, (4) citra merek produk lokal secara positif tidak berpengaruh signifikan terhadap retensi pelanggan yang dimediasi oleh keputusan pembelian. Meskipun produk lokal memiliki citra yang baik dimata pelanggan, namun pada prinsipnya pelanggaan tidak hanya peduli dengan aspek citra merek, namun mereka lebih peduli dengan seleranya.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aprinta, G. (2016). Pemanfaatan Facebook Ads Untuk meningkatkan Brand Awareness pada Produk Lokal. Jurnal The Messenger, 8(1),68.https://doi.org/10.26623/themessenger.v8i1.310
Armstrong, Gary & Kotler, P. (2002). Prinsip-Prinsip PEMASARAN. 1–63.
Dewi, N. M. P., Imbayani, G. A., & Ribek, P. K. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi E-Word of Mouth Pada Givanda Store Denpasar. Jurnal Emas, Vol. 2 No(ISSN :27743020),115.www.validnew.id,
Fader, P. S., & Hardie, B. G. (2007). Online Communities : Conceptualizing the Online Social Network. Journal of Interactive Marketing, 21(3), 2–20. https://doi.org/10.1002/dir
Halim, R., & Hamzah, M. I. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Promosi Sebagai Variabel Intervening Pada Kosakata Apparel. Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, 5(1), 13–23. www.jurnal.stiebi.ac.id
Hermawan, E. (2021). Sustainability of Local Products: Interest to Buy, Product Quality and Promotion. Dinasti International Journal of Economics, Finance & Accounting, 2(3), 336–345. https://doi.org/10.38035/dijefa.v2i3.1241
Kendria, D. S. (2017). PENGARUH KEPUASAN DAN RETENSI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS DAN NIAT PEMBELIAN KEMBALI DENGAN DIMODERASI OLEH WORD OF MOUTH PADA PIZZA HUT DI SURABAY. Http://Eprints.Perbanas.Ac.Id/6160/1/DIMAS%20SATRIO%20KENDRIA%2C%20S.E_14581_Artikel%20Ilmiah.Pdf, 13, 1–22.http://eprints.perbanas.ac.id/6160/1/DIMAS SATRIO KENDRIA%2C S.E_14581_Artikel Ilmiah.pdf
Laksono, A. W., & Suryadi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Pelanggan Geprek Bensu Di Kota Malang. Holistic Journal of Management Research, 3(1), 8–16. https://doi.org/10.33019/hjmr.v3i1.1804
Makruf, R. S. S. N. H. R. (2017). P. B. I. T. K. P. M. Y. M. J. C. di K. G. (Studi K. P. K. P. H. A. U. N. G. (2016). PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR YAMAHA MIO J CW DI KOTA GORONTALO (Studi Kasus Pada Konsumen PT. Hasjrat Abadi).
Moputi, B. R., Tolinggi, W. K., & Boekoesoe, Y. (2018). Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ukm Flamboyan Di Kota Gorontalo. Jurnal Agribisnis, 3(1), 1–7.
Nabila, R., Annisa, A., Budiman, F., Fitriyani, E., & Trishananto, Y. (2020). How to Increase Customer Retention on Central Java MSMEs? https://doi.org/10.4108/eai.582020.2301186
Nuryanti. (2020). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Website Pemerintah Kota Sukabumi Menggunakan Model Delone Dan Mclean. Tesis, 1–95.
Onsardi, O., Ekowati, S., Yulinda, A. T., & Megawati, M. (2022). Dampak Digital Marketing, Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal, 5(2),10.https://doi.org/10.32663/crmj.v5i2.3096
Pangastuti, J., Sudjiono, S., & Prastiti, E. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Counter Wardah Di Borobudur Kediri. JIMEK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 2(1), 69. https://doi.org/10.30737/jimek.v2i1.424
Puspaningrum, A. (2020). the Influence of Brand Image on Satisfaction To Improve Customer Retention Towards Batik Keris in Malang City. Jurnal Aplikasi Manajemen, 18(1), 142–151. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2020.018.01.14
Putra, D. B. S. (2019). Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Biaya Beralih Dan Kepercayaan Merek Terhadap Retensi Pelanggan Surat Kabar Suara Merdeka di Kota Semarang.
Rizanata, M. F. (2014). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Terhadap Word of Mouth, Niat Beli Dan Retensi Pelanggan Gerai Indomaret Di Surabaya. Journal of Business and Banking, 4(1), 31–42.
Rochmawati, T. (2015). (2015). Pengaruh Relationship Marketing terhadap Customer Retention (Retensi Pelanggan) pada Wardah Beauty House Yogyakarta (Doctoral dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA). (Doctoral Dissertation, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA), 1, 1–27. https://digilib.uinsuka.ac.id/id/eprint/17892/
Shareen, S., & Andayani, N. R. (2018). PENGARUH BAURAN PEMASARAN (MARKETING MIX) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK KARA SANTAN PT ENSEVAL PUTERA MEGATRADING, Tbk. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 46–59. https://doi.org/10.30871/jaba.v2i1.762
Yamin, S., & Kurniawan, H. (2009). Statistik SPSS Complete: Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS. Analisis Korespondensi Bab Analisis Diskriminan, 330.
DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v8i2.47554
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
 
 
	







