KETERIKATAN KOMUNITAS DALAM SEBUAH BISNIS KOMUNITAS: STUDI KASUS MENGENAI KOMUNITAS PERTANIAN JATINANGOR URBAN FARMING DAN FORUM KOMUNIKASI GUNUNG GEULIS
Abstrak
Why would someone join a community business? This article aims to explain the existence of community businesses in agriculture in Jatinangor and the attachment of farmers in Jatinangor to the agricultural community business. The concepts used are community business and sense of community. The method used is a qualitative case study. This article finds that Jatinangor Urban Farming (JUF) and Gunung Geulis Communication Forum (FKGG) are community businesses engaged in agriculture in Jatinangor. With distinctive characteristics, farmers who join JUF and FKGG have community attachments based on four things: membership bonds, influence from the community, unity, and fulfillment of common needs, and mutual emotional relationships.
Mengapa seseorang bergabung dalam sebuah bisnis komunitas ? Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan eksistensi bisnis komunitas dalam bidang pertanian di Jatinangor dan keterikatan para petani di Jatinangor ke dalam bisnis komunitas pertanian tersebut. Konsep yang dipergunakan adalah bisnis komunitas dan keterikatan komunitas. Metode yang dipergunakan adalah kualitatif studi kasus. Artikel ini menemukan bahwa Jatinangor Urban Farming (JUF) dan Forum Komunikasi Gunung Geulis (FKGG) merupakan bisnis komunitas yang bergerak dalam bidang pertanian di Jatinangor. Dengan karakteristik yang khas, para petani yang bergabung dengan JUF dan FKGG memiliki keterikatan komunitas berdasarkan empat hal, yakni: ikatan keanggotaan, pengaruh dari komunitas, adanya penyatuan dan pemenuhan kebutuhan bersama, serta adanya hubungan emosional bersama.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Baer, M., & Frese, M. (2003). Innovation is not Enough: Climates for Initiative and Psychological Safety, Process Innovations, and Firm Performance. Journal of Organizational Behavior, 24(1), 45-68. doi:https://doi.org/10.1002/job.179
Buckley, E., Aiken, M. B., Davis, H., & Usher, R. (2017). Community Accountability in Community Business. London: Power to Change. Retrieved Juni 20, 2022, from https://www.tnlcommunityfund.org.uk/media/insights/documents/Reseach-Report-10-Digital.pdf?mtime=20200306114358&focal=none
Fitrianto, R. A., Editya, A. S., Husaini, A. P., Ekavanda, W., & Ferdyansyah, M. A. (2024). Membangun Solidaritas melalui Turnamen Esports Mobile Legends di Komunitas Gaming Pedesaan. Nusantara Community Empowerment Review, 2(2), 68-72. doi:https://doi.org/10.55732/ncer.v2i2.1328
Jacobs, M. (1986). Community Businesses are their aims confused? Local Economy: The Journal of the Local Economy Policy Unit, 1(2), 29-34. doi:10.1080/02690948608725847
Judawinata, G., & Hutagalung, Y. M. (2017, Juni). Kajian Usaha Tani Padi Sawah di Pinggiran Kota: Studi Kasus di Desa Hegarmanah, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Agricore: Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian, 2(1), 205-290. doi:https://doi.org/10.24198/agricore.v2i1.15078
Leeming, K. (2002). Community businesses - Lessons from Liverpool, UK. Community Development Journal, 260-267. doi:10.1093/cdj/37.3.260
Lo, A. Y., Chow, A. S., Liu, S., & Cheung, L. T. (2019). Community business resilience: adaptation practice of micro- and small enterprises around the Pearl River Estuary. Climatic Change, 157(3), 565-585. doi:10.1007/s10584-019-02562-y
McArthur, A. A. (1993). Community business and urban regeneration. Urban Studies, 30(4), 849-873. doi:10.1080/00420989320081941
McMillan, D. W., & Chavis, D. M. (1986, Januari). Sense of community: A definition and theory. Journal of Community Psychology, 14(1), 6-23. Retrieved from https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/1520-6629(198601)14:1%3C6::AID-JCOP2290140103%3E3.0.CO;2-I
Mulyana, N., Fauziyyah, H., & Resnawaty, R. (2017). Pengembangan Ekonomi Lokal Jatinangor melalui Wisata Edukasi. Share: Social Work Journal, 7(1), 115-123. Retrieved from https://jurnal.unpad.ac.id/share/article/view/13827/6634
Muttaqin, Z., & Sari, D. S. (2017, Desember). Design Thinking on Sustainable Business Model at Jatinangor Education Area in teh ASEAN EconomiC community. Adbispreneur, 2(3), 243-254. Retrieved from https://jurnal.unpad.ac.id/adbispreneur/article/viewFile/16492/7811
Rendra, P. P., Sulaksana, N., Haryanto, I., & Sulastri, M. (2023, April 1). Pemberdayaan Potensi UMKM Bidang Kuliner selama Masa Pandemi Covid-19 di daerah Jatinangor, Sumedang. Kumawula: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 12-18. doi:https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i1.38500
Ridwansyah, R. (2019). Peranan Komunitas Tani dalam Peningkatan Produksi Usahatani Padi Sawah di Desa Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Pekanbaru: Universitas Islam Riau.
Setiawan, T. P., Ebrilyani, E., & Azilla, E. N. (2020, Juli). Modal Sosial dalam Keberlanjutan Pertanian di Tengah Alih FUngsi Lahan di Kelurahan Bintoro Kecamatan Patran Kabupaten Jember. Agricore, 5(1), 59-69. Retrieved from https://jurnal.unpad.ac.id/agricore/article/download/27464/pdf
Sulistyowati, C. A., Afiff, S. A., Baiquni, M., & Siscawati, M. (2023, Desember). Potensi Pertanian Berbasis Dukungan Komunitas sebagai Solusi Persoalan Petani Kecil di Indonesia. Analisis Kebijakan Pertanian, 21(2), 241-261. Retrieved from https://epublikasi.pertanian.go.id/berkala/akp/article/download/3588/3558/5219
Sutrisno, B., Akbar, I., & Sagita, N. (2018, Juli). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Teknologi Finansial. Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat, 2(7), 544-547. Retrieved Juni 11, 2020, from http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/20284/9761
Syahyuti. (2005, Desember). Pembangunan Pertanian dengan Pekdekatan Komunitas: Rancangan Program Prima Tani. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 23(2), 102-115. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/56112-ID-pembangunan-pertanian-dengan-pendekatan.pdf
Tuamsuk, K., Phabu, T., & Vongprasert, C. (2013). Knowledge management model of community business: Thai OTOP Champions. Journal of Knowledge Management, 17(3), 363-378. doi:10.1108/JKM-10-2012-0321
Yin, R. K. (2003). Case Study Research: Design and Methods Third Edition. California: Sage Publication Inc.
DOI: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v9i1.53092
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.