DAYA SAING KOPI INDONESIA DI PASAR AMERIKA SERIKAT: PENDEKATAN TWO STAGE DEMAND MODEL

Suharno Suharno, Ahmad Syariful Jamil, Resti Prastika Destiarni

Abstrak


ABSTRAK
Dampak terbukanya pasar pada komoditas kopi dunia ditunjukkan dengan adanya kelebihan pasokan
kopi di dunia. Di sisi lain, permintaan kopi dunia mengalami stagnasi bahkan pada beberapa negara
importir mengalami penurunan, sehingga hal tersebut menyebabkan
tingginyatingkatpersainganantarnegaraprodusen. Penelitian ini menggambarkan daya saing kopi
Indonesia di pasar Amerika sebagai negara importir kopi terbesar. Pendekatan persamaan two-stage
demand digunakan dalam penelitian ini. Persamaan pertama menganalisis permintaan Amerika
menggunakan pendekatan persamaan linier double-log untuk mengidentifikasi respon harga secara
umum pada perdagangan internasional. Persamaan kedua membedakan komoditas berdasarkan
negara asal menggunakan pendekatan error correction almost ideal demand system (ECAIDS).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan harga teh sebagai produk substitusi dari kopi sangat
berpengaruh terhadap permintaan kopi. Peningkatan pengeluaran impor Amerika akan meningkatkan
pangsa ekspor Indonesia dengan nilai yang lebih kecil dibandingkan peningkatan negara lainnya.
Kopi Indonesia memiliki hubungan komplementer dengan kopi Colombia, namun saling substitusi
dengan negara lainnya. Indonesia memiliki daya saing yang relatif lemah dan untuk meningkatkan
daya saingnya, Indonesia sebaiknya menurunkan biaya produksi dengan meningkatkan produktivitas
dan kualitasnya melalui promosi.

Katakunci: daya saing, Indonesia, kopi, permintaan impor

ABSTRACT
The impact of open market in world coffee comodity is reflected by the excess supply of world coffee.
On the other hand, world coffee demand has faced stagnation even in some importer countries
decreased, so that it causes high level of competition among producers. This study represents
Indonesia’s coffee competitiveness in United States market as the largest coffee importer. A two-
stage demand equation was employed in this study. The first equation analyzed the United state
demand by using a double logarithmic-linear approach to identify price responses generally in
international trade. The second equation distinguished commodities by the origin country using an
error correction almost ideal demand system (ECAIDS) approach. The result implied that a change
of tea price as a subtitute product of coffee strongly affected on coffee import demand. The
increasing of US’s import expenditure would increase Indonesia export share which is relatively
smaller than the increasing of other countries. Indonesia coffee had complementary relationship
with Colombia coffee; however, with other countries were subtituted each other. Indonesia had a
relatively weak market competitiveness and to improve its market competitiveness, Indonesia should
become more competitive in cost allocation by improving the productivity and its quality through
promotion.


Keywords: competitiveness, Indonesia, coffee, import demand


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/agricore.v2i1.15069

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##