ANALISIS KEPUASAN PENGUNJUNG BERKUNJUNG KE AGROWISATA DENGAN KONSEP EDUFARMING DI PT. JENDELA ALAM PARONGPONG KABUPATEN BANDUNG BARAT

Gugun Arioditha, Endah Djuwendah

Abstrak


Kepuasan pengunjung merupakan salah satu faktor penting yang mendukung perkembangan
agrowisata, karena keberlangsungannya ditentukan oleh nilai kepuasan pengunjung yang datang
menikmati wisata tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik pengunjung
dan tingkat kepuasan pengunjung agrowisata PT. Jendela Alam yang menerapkan konsep edufarming.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunjung agrowisata PT. Jendela Alam sebagian besar (70
persen) berjenis kelamin perempuan berstatus sudah menikah dan berumur antara 30-39 tahun.
Tingkat pendidikannya sarjana strata satu (67 persen) dan berprofesi sebagai guru. Informasi tentang
obyek wisata pertama kali sebagian besar melalui teman. Umumnya tujuan berkunjung adalah untuk
study tour (47 persen). Alasan pengunjung datang karena program dianggap menarik ( 46 persen).
Seluruh pengujung berminat datang kembali ke PT. Jendela Alam. Tingkat kepuasan pengunjung
terhadap lokasi, ketersediaan sarana dan prasarana, produk dan pelayanan petugas termasuk kedalam
kategori puas.


Kata kunci : Analisis kepuasan, kepuasan, pengunjung, kepuasan pengunjung, agrowisata


Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/agricore.v1i1.22688

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##