Persepsi Konsumen Terhadap Sayuran Terubuk Di Pasar Modern

Syahrul - Siddiq, Reny Sukmawani, Ema Hilma Meilani

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen terhadap sayuran terubuk di pasar modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 54 orang, dengan menggunakan insidental sampling. Rancangan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa secara keseluruhan persepsi konsumen terhadap sayuran terubuk di pasar modern berdasarkan dimensi kinerja produk, ketahanan produk dan karakteristik produk memperoleh skor rata-rata sebesar 149 dengan interval skor rata-rata sebesar 2,75. Hal tersebut menunjukkan bahwa persepsi konsumen sebanyak 92% menyatakan “menarik” terhadap sayuran terubuk di pasar modern. Simpulan ini dapat menjadi informasi dalam peluang pasar untuk pemasaran terubuk di pasar modern.

 

Kata kunci : persepsi, konsumen, terubuk, pasar modern

 

Abstract

This study aims to determine how consumers' perceptions of terubuk vegetables in the modern market. The method used in this study is a survey method. The number of respondents studied was 54 people, using incidental sampling. The analysis design used is descriptive analysis. The results of the study revealed that overall consumer perceptions of terubuk vegetables in the modern market based on the dimensions of product performance, product endurance and product characteristics obtained an average score of 149 with an average score interval of 2.75. This shows that 92% of consumers' perceptions say they are "attractive" to terubuk vegetables in the modern market. This conclusion can be information on market opportunities for marketing at the modern markets.

Keywords: perception, consumer, terubuk, modern market


Teks Lengkap:

25-34

Referensi


Brontamala, dkk. 2013. Persepsi Konsumen Terhadap Brand Image KFC (Studi Kasus: KFC Kawi, Malang). Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya.

Oktaviana, Nanny. 2015. Persepsi Konsumen Dalam Minat Pembelian Ulang Bakso Granat Mas Azis Palembang. Program Diploma III. Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang

Putra, Diga Paragus. 2014. Persepsi Konsumen Terhadap Produk-Produk Lokal Yang Menggunakan Merek Asing (Studi Kasus Pada Sepatu Merek Buccheri Dan Televisi Merek Polytron Di Kota Bengkulu). Skripsi. Program Sarjana, Universitas Bengkulu.

Rachmat, Jalaluddin. 2013. Psikologi Komunikasi. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif dan kuantitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sukmawani Reny, Ema Hilma Meilani, dan Asep M. Ramdan, Saprudin dan Jujun Ratnasari. 2016. Potensi & Pengembangan Trubus. Penerbit Nurani. Bandung.

Sukmawani Reny, Ema Hilma Meilani, dan Asep M. Ramdan. 2016. Potensi & Keunggulan Tanaman Terubuk (Saccharum edule) Di Kabupaten Sukabumi. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Universitas Gadjah Mada.

Tjiptono, Fandy. 2008. Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing




DOI: https://doi.org/10.24198/agricore.v5i1.23778

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##