Keterkaitan antara Karakteristik Konsumen dengan Tingkat Kepuasan Mereka dalam Melakukan Pembelian Sayuran Organik

Elly Rasmikayati, Nurisa Asrienda Shafira, Yuniar Dianti Fauziah, Hanifatur Aziz Nur Ishmah, Bobby Rachmat Saefudin, Khairuna Utami

Abstrak


Kesadaran konsumen akan pentingnya menjaga kesehatan dari sisi mengkonsumsi sayuran organik semakin meningkat dan banyak faktor yang berperan dalam menentukan tingkat pembeliannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi dari karakteristik konsumen dan hubungannya terhadap tingkat kepuasan dalam melakukan pembelian sayuran organik di Kota Medan. Desain penelitian ini dilakukan dengan pendekatan metode deskriptif kuantitatif menggunakan sampel berukuran 90 responden. Metode analisis yang digunakan untuk analisis karakteristik konsumen adalah statistik deskriptif dan analisis hubungan antara karakteristik dengan tingkat kepuasan adalah crosstab dan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukan bahwa deskripsi karakteristik konsumen berdasarkan jenis kelamin didominasi oleh  perempuan, berusia 31 sampai 40 tahun, berpendapatan antara 2.000.001 sampai 3.000.000 rupiah, lamanya menempuh pendidikan 16 tahun atau setara dengan S1 dan memiliki jumlah tanggungan keluarga sebanyak 2 orang. Sementara itu, hasil analisis menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang signifikan antara pada variabel lamanya menempuh pendidikan dengan tingkat kepuasan konsumen dalam melakukan pembelian sayuran organik di Kota Medan. Sedangkan untuk variabel-variabel karakteristik lainnya tidak terjadi hubungan yang signifikan dengan tingkat kepuasan.

Teks Lengkap:

104-114

Referensi


Devi, S. R. M., & Hartono, G. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sayuran organik. Agric, 27(1), 60-67.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1993). Perilaku Konsumen. Jilid I Alih Bahasa: FX Budyanto.

Junaidi, J. (2010). Prosedur Uji Chi-Square. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi.

Junaidi, J. (2014). Statistika Deskriptif dengan Microsoft Excel. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi.

Natawidjaja, R. S., Sulistiowaty, L., Kusno, K., Aryani, D., & Rachmat, B. (2017). Analisis Preferensi, Kepuasan, dan Kesediaan Konsumen Membayar Beras Di Kota Bandung.

Pardian, P. (2017). Persepsi dan minat petani muda dalam budidaya sayuran Swiss Chard Organik. Dharmakarya, 6(3).

Purwati. (2017). Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen terhadap Sayuran Organik di Super Indo Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Rasmikayati, E., Hapsari, H., & Saefudin, B. R. (2019). Peningkatan Pengetahuan dan Ketertarikan Remaja pada Hidroponik Berbasis Organik. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(6), 147-151.

Rasmikayati, E., Pardian, P., Hapsari, H., Ikhsan, R. M., & Saefudin, B. R. (2017). Kajian Sikap dan Perilaku Konsumen dalam Pembelian Kopi Serta Pendapatnya Terhadap Varian Produk Dan Potensi Kedainya. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 3(2), 117-133.

Rasmikayati, E., Saefudin, B. R., Karyani, T., Kusno, K., & Rizkiansyah, R. (2020). Analisis Faktor dan Tingkat Kepuasan Ditinjau dari Kualitas Produk dan Pelayanan pada Konsumen Sayuran Organik Di Lotte Mart Kota Bandung. Mimbar Agribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 6(1), 351-364.

Saefudin, B. R., Deanier, A. N., & Rasmikayati, E. (2020). Kajian Pembandingan Preferensi Konsumen pada Dua Kedai Kopi di Cibinong, Kabupaten Bogor. Agrovital: Jurnal Ilmu Pertanian, 5(1), 39-46.

Santoso, S., & Tjiptono, F. (2001). Riset Pemasaran: konsep dan aplikasi dengan SPSS. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Sari, Y., Rasmikayati, E., Saefudin, B. R., Karyani, T., & Wiyono, S. N. (2020, March). Willingness To Pay Konsumen Beras Organik Dan Faktor-Faktor Yang Berkaitan Dengan Kesediaan Konsumen Untuk Membayar Lebih. In Forum Agribisnis (Vol. 10, No. 1, pp. 46-57).

Shanmugapriya, K. S., Gopal, S. M., & Swaminathan, B. (2014). Consumer Preference of Organic Vegetables in the Coimbatore City of Tamil Nadu: An Application of Logistic Regression Model. Trends in Biosciences, 7(23), 3886-3893.

Suleman, A., Prihandarini, R., & Sudjais, Z. (2006). Menghantarkan Indonesia Menjadi Produsen Organik Terkemuka. Proceeding MAPORINA.

Tangkulung, C. M., Pangemanan, L. R., & Ngangi, C. R. (2015, August). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Atribut Sayuran Organik di Hypermart Manado. In COCOS (Vol. 6, No. 14).

Utami, H. N., & Chaeriyah, A. (2019). Customer Centricity: Kepuasan Konsumen Melalui Nilai Pelanggan Berdasarkan Value-In-Use Terhadap Kualitas Produk Sayur Organik (Studi kasus di Ujenk Mart Bandung, Jawa Barat). Agricore: Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 3(1).

Utami, K., Rauf, A., & Salmiah, S. (2019). Analisis Perilaku Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Sayur Organik di Kota Medan. Agrotekma: Jurnal Agroteknologi dan Ilmu Pertanian, 3(2), 75-84.




DOI: https://doi.org/10.24198/agricore.v5i1.28853

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##