PERSEPSI ANGGOTA TERHADAP UNIT USAHA SUSU KOPERASI UNIT DESA (KUD) CEPOGO KECAMATAN CEPOGO KABUPATEN BOYOLALI
Abstrak
Abstrak
Kabupaten Boyolali merupakan pusat populasi sapi perah tertinggi di Jawa Tengah. Wilayah yang memiliki populasi sapi perah berada di Kecamatan Cepogo. Berdasarkan mutasi anggota KUD Cepogo tidak semua anggota KUD aktif dalam unit usaha susu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi anggota terhadap unit usaha susu KUD Cepogo, menganalisis faktor-faktor pembentuk persepsi terhadap unit usaha susu KUD Cepogo, dan menganalisis pengaruh antara faktor-faktor pembentuk persepsi terhadap unit usaha susu KUD Cepogo. Analisis data menggunakan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 67% anggota memiliki persepsi yang baik terhadap unit usaha KUD Cepogo. Faktor-faktor pembentuk persepsi anggota terhadap unit usaha susu KUD Cepogo meliputi: pendidikan formal, pendidikan non formal, pengalaman, pendapatan, dan motivasi. Faktor-faktor pembentuk persepsi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap persepsi anggota unit usaha susu KUD Cepogo. Secara parsial variabel pengalaman, pendapatan, dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap persepsi anggota, sedangkan variabel pendidikan formal dan pendidikan non formal tidak berpengaruh signifikan terhadap persepsi anggota terhadap unit usaha susu KUD Cepogo.
Kata kunci: Unit Usaha Susu, KUD Cepogo, Persepsi
Abstract
Boyolali Regency is the highest dairy population center in Central Java. The area that has a dairy population is in Cepogo Subdistrict. Based on cepogo kud member mutation, not all kud members are active in milk business unit. This study aims to analyze the perception of members of the cepogo kud milk business unit, analyze the factors that shape the perception of the cepogo kud milk business unit, and analyze the influence between the factors that shape the perception of the cepogo kud milk business unit. Data analysis using Multiple Linear Regression. The results showed that 67% of members have a good perception of cepogo kud business unit. Factors that shape members' perception of Cepogo's dairy business unit include: formal education, non-formal education, experience, income, and motivation. The perception-forming factors simultaneously have a significant effect on the perception of members of the Cepogo KUD dairy business unit. Partial variables of experience, income, and motivation have a significant effect on members' perceptions, while the variables of formal education and non-formal education have no significant effect on members' perception of cepogo's dairy business unit.
Keywords: Dairy Business Unit, Kud Cepogo, Perception
Teks Lengkap:
182 - 193Referensi
Aini A. N. (2015). Pengaruh Keanggotaan Koperasi Terhadap Pendapatan Peternak Sapi Perah di Kud Cepogo, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Surakarta: UNS.
Badan Pusat Statistik. (2019). Populasi Sapi Perah di Provinsi Jawa Tenga di Provinsi Jawa Tengah 2019. Badan Pusat Statistik Jawa Tengah: CV. Surya Lestari.
Ghozali I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Luthfi. (2018). Persepsi petani terhadap program dem area budidaa tanaman sehat padi (studi kasus di Kecamatan Polokarto kabupaten Sukoharjo). Surakarta: UNS.
Mulyana D. (2004). Ilmu Komunikasi: Suatu Pegantar. Biomass Chem Eng.
Nadhiroh, H. (2019). Peran Kud Tani Wilis dalam Pengembangan Ekonomi Masyarakat Desa Nyawangan Kec Sendang Kab Tulungangug. Pustaka Unpad.
Rakhmat J. (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Santosa D & Putri I. Y. (2018). Peran Koperasi Unit Desa dalam Kegiatan Usaha Masyarakat. Firm Journal of Management Studies.
Sutarto W. (2016). Persepsi Petani terhadap Pengembangan System Of Rice Intensification (SRI) di Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Agribisnis UNS, 4(3), 476-485.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian.
Wahyudi, T. (2008). Pengaruh Motivasi, Jenis Kelamin, dan Kepuasan Kerja Terahadap Kinerja Akuntan Pada Perusahaan Manufaktur di Kota Surakarta. Surakarta: UMS.
Walgito B. (2010). Pengantar Psikologi sosial. Yogyakarta: Andi Ofset.
Zamzam Q. (2016). Persepsi Masyarakat terhadap Keberadaan Koperasi Mekar Sari dalam Meningkatkan Kesejahteraan Anggotanya. Pustaka IPB.
DOI: https://doi.org/10.24198/agricore.v5i2.31702
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##