PASCAPANEN DAN PEMASARAN KOPI ARABIKA DI PT. SINAR MAYANG LESTARI, KECAMATAN PANGALENGAN, KABUPATEN BANDUNG

Luthfi Kasyfillah, Indah Setiawati

Abstrak


Abstrak

Tujuan dari penelitian adalah: 1) Mengetahui mengenai proses penaganan pascapanen  kopi arabika di PT. Sinar Mayang Lestari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, 2) Mengetahui strategi pemasaran kopi arabika di PT. Sinar Mayang Lestari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif melalui kegiatan wawancara pakar dan observasi partisipasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan pascapanen  secara baik dan benar/GHP (Good Handling Practices) kopi harus dilakukan secara tepat waktu untuk menghindari penurunan kualitas kopi yang dihasilkan dan dengan didukung penerapan teknologi tepat guna serta sarana prasarana yang memadai, seperti pengadaan mesin berpenggerak listik, bensin ataupun diesel dan fasilitas penunjang. Penerapan strategi pemasaran jika dilakukan secara terencana akan memberikan dampak positif bagi produsen dan menciptakan kosumen tetap yang melakukan pembelian secara berulang dan mampu bersaing di pasar.

Kata kunci: Good Handling Process Kopi, Bauran Pemasaran, Strategi STP.

Abstract

The objectives of the study were: 1) knowing about the post-harvest handling process for Arabica coffee at PT. Sinar Mayang Lestari, Pangalengan District, Bandung Regency, West Java, 2) Knowing the Arabica coffee marketing strategy at PT. Sinar Mayang Lestari, Pangalengan District, Bandung Regency, West Java. The analytical method used is descriptive analysis through expert interviews and participatory observation. The results of this study indicate that post-harvest activities for properly / GHP (Good Handling Practices) coffee must be carried out in a timely manner to avoid a decrease in the quality of the coffee produced, supported by the application of appropriate technology and adequate infrastructure such as the procurement of electric-driven machines, gasoline. or diesel engines, and supporting facilities. The implementation of marketing strategies, if carried out in a planned manner, will have a positive impact on producers and create permanent consumers who make repeated purchases and are able to compete in the market.

Keywords: Good Handling Process Coffee, Marketing Mix, STP Strategy.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asmarantaka, R. W., Atmakusuma, J., Muflikh, Y. N. & Rosiana, N., 2017. Konsep pemasaran agribisnis: pendekatan ekonomi dan manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness), pp. 5(2), 151-172.

Badan Pusat Statistik, 2021. Ekspor Kopi Menurut Negara Tujuan Utama, 2000-2020, Jakarta: Badan Pusat Statistik.

Djuwendah, E., Karyani, T., Sadeli, A. H. & Kusno, K., 2018. Agroindustrialisasi Kopi Arabika Java Preanger di Desa Margamulya Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Agricore: Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian, Volume 3 (1).

Hasbi, L. M. & Muis, I., 2020. Segmentasi, Targeting Dan Positioning Produk Neo Coffee Dari Wings Food Untuk Pasar Kota Bekasi. JURNAL MAHASISWA BINA INSANI, 5(1), pp. 63-72.

Kembaren, E. T. & Muchsin, M., 2021. Pengelolaan Pasca Panen Kopi Arabika Gayo Aceh. VISIONER AND STRATEGIS, 10(1).

Kementerian Pertanian, 2021. Outlook Kopi. Jakarta: Direktorat Jenderal Tanaman Perkebunan Kementerian Pertanian.

Kotler, P. & Amstrong, G., 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. 12 ed. Jakarta: Erlangga.

Lamsah, P. & Yulianti, F., 2019. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Ledy, D. S., Haryono, D. & Situmorang, S., 2019. Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dan Strategi Pengembangan (Studi Kasus pada Agroindustri Kopi Bubuk Cap Intan (Studi Kasus pada Agroindustri Kopi Bubuk Cap Intan. JIIA, 7(1), pp. 52-59.

Makalew, G. & Arumsari, R. Y., 2020. Perancangan Strategi Komunikasi Merek Untuk Usaha Coffeshop Malabar Mountain Coffee di Daerah Pangalengan Jawa Barat. eProceedings of Art & Design, p. 7 (3).

Mayrowani, H., 2013. Kebijakan penyediaan teknologi pascapanen kopi dan masalah pengembangannya. In Forum Penelitian Agro Ekonomi, 31(1), pp. 31-49.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian, 2010. Budidaya dan Pascapanen Kopi. 1 ed. Jakarta: Eska Media.

Saputra, D. & Amrullah, S., 2021. Analisis Minat Beli Konsumen terhadap Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting dan Positioning) dan Bauran Pemasaran 4P (Product, Price, Place, dan Promotion) Kopi Tepal (Studi Kasus : Umkm Puncak Ngengas). Food and Agroindustry Journal, 2(2), pp. 17-26.

Setiawati, I., Ardiansyah, A. & Dewi, E. M., 2020. Aplikasi Quality Function Deployment Dalam Perancangan Sabun Mandi Herbal Virgin Coconut Oil. Jurnal Teknik, 9(2), pp. 44-53.

Setiawati, I. et al., 2021. Karakteristik Komunitas Hijau pada Pengelolaan Minyak Jelantah. Agricore: Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 6(2).

Setiawati, I., Soemanto, B., Syahrullah, Y. & Widyarini, I., 2022. Rancangan Model Bisnis Sabun Cuci Ramah Lingkungan Business Model of Dish Soap Ecofriendly. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 8(1), pp. 291-300.

Wutabisu, P., Indriani, S. & Thomas, P., 2021. Strategi Segmenting, Targeting, Positioning (STP) dalam Meningkatkan Kepuasan Konsumen terhadap Produk Kopi Poso. Jurnal Valtech (Jurnal Mahasiswa Teknik Industri), 4(2), pp. 217-225.

Yokawati , Y. E. A. & Wachjar, A., 2019. engelolaan Panen dan Pascapanen Kopi Arabika (Coffea arabica L.) di Kebun Kalisat Jampit, Bondowoso, Jawa Timur. Bul. Agrohorti, pp. 7(3): 343-350.

Yuliandri, M. T., 2017. Proses Pengeringan Kopi. [Online]

Available at: https://ottencoffee.co.id/majalah/3-proses-pengeringan-kopi [Accessed 30 Mei 2022].




DOI: https://doi.org/10.24198/agricore.v7i2.40433

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##