FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS DI FIANDA COFFEE AND EATERY)

Shinta Berliana, Roni Afrizal, Veronice Veronice

Abstrak


Abstrak

Generasi muda kini menjadikan kopi sebagai bagian dari gaya hidup sosial, di mana keputusan memilih kedai tak hanya didorong oleh rasa, tetapi juga oleh suasana, kenyamanan, dan estetika tempat yang mendukung momen kebersamaan. Fianda Coffee and Eatery sebagai salah satu usaha di sektor ini menghadapi tantangan dalam mempertahankan daya saing. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kualitas produk, harga, promosi, lokasi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen. Penelitian dilakukan di Fianda Coffee and Eatery Payakumbuh berbasis angka dan pengukuran atau biasa disebut kuantitatif, dengan data dikumpulkan melalui pengisian kuesioner oleh 100 responden melalui simple random sampling. Regresi linear digunakan untuk analisis data. Penelitian menunjukkan bahwasannya secara parsial, dari 5 faktor hanya 2 faktor yaitu kualitas produk dengan promosi saja yang memiliki pengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk. Secara simultan, terdapat pengaruh sebanyak 38,9% secara bersamaan. Kualitas produk, harga, promosi, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian produk di Fianda Coffee and Eatery. Peneliti berikutnya diharapkan dapat melanjutkan dan mengembangkan penelitian ini. Mengingat penelitian ini hanya memfokuskan analisis pada lima variabel bebas, yang terdiri dari kualitas produk, harga, promosi, lokasi, serta kualitas pelayanan dalam hubungannya dengan keputusan dalam pembelian, maka disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mempertimbangkan penambahan atau pengembangan variabel lain yang relevan. Hal ini bertujuan agar keputusan pembelian konsumen dapat dianalisis secara lebih komprehensif dan mendalam.

Kata kunci: Keputusan pembelian, kualitas produk, promosi.

Abstract

Younger generations are now making coffee a part of their social lifestyle, where the decision to choose a shop is driven not only by taste, but also by the ambience, comfort, and aesthetics of the place that support moments of togetherness. Fianda Coffee and Eatery as one of the business actors in this sector faces challenges in maintaining competitiveness. The purpose of this study was to analyze the effect of product quality, price, promotion, location, and service quality on consumer purchasing decisions. The research was conducted at Fianda Coffee and Eatery Payakumbuh using a quantitative approach through a survey method of 100 respondents through accidental sampling. Linear regression was used for data analysis. The study shows that partially, of the 5 factors, only product quality and promotion have an effect on product purchasing decisions. Simultaneously, there is an influence of 38.9% together. Product quality, price, promotion, location and service quality on product purchasing decisions at Fianda Coffee and Eatery. Future researchers are expected to continue and develop this research. Given that this study only focuses on analyzing five independent variables, namely product quality, price, promotion, location, and service quality in relation to purchasing decisions, it is recommended that future researchers consider adding or developing other relevant variables. It is intended that consumer purchasing decisions can be analyzed more comprehensively and deeply.

Keywords: Purchase decision, product quality, promotion.


Teks Lengkap:

Hal. 271-283

Referensi


Adhitya, W. R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online Mahasiswa Di Kota Medan. 3(2), 142–161.

Akdon, Riduwan. (2013). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung : CV Alfabet.

Ani, J., Lumanauw, B., Tampenawas, J. L. A. (2021). The Influence of Brand Image , Promotion and Service Quality on Consumer Purchase Decisions on Tokopedia E-Commerce in Manado City. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen Jurnal Emba Vol . 9 No . 2 April 2021, 663-674. 9(2), 663–674.

Arrasyid, H. (2024). Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Pelayanan terhadap keputusan pembelian kopi di Café Skyway Payakumbuh. Skripsi, Pengelolaan Agribisnis, Jurusan Bisnis Pertania, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Kab. Lima puluh Kota.

Cynthia, D., Hermawan, H., Izzudin, A., & Jember, U. M. (2022). Terhadap Keputusan Pembelian. Ix, 104–112.

Diven, D., & Khoiri, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, dan Persepsi Konsumen Terhadap keputusan Pembelian di Shopee. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 6(2), 1509-1516.

Hendri, W, K. (2024). Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Berbelanja di Pusat Oleh-Oleh Sanjai Anna Kota Payakumbuh. Skripsi, Pengelolaan Agribisnis, Jurusan Bisnis Pertania, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh, Kab. Lima puluh Kota.

Kusno, K., Fadli, M., Karyani, T., & Djuwendah, E. (2019). Identifikasi Faktor-Faktor Keputusan Konsumen dalam Membeli Kopi Arabika Manglayang Karlina di Warung Kopi Kiwari. Agricore: Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian Unpad, 4(2).

Kojongian, A. S. C., Tumbel, T. M., Walangitan, O., Studi, P., Bisnis, A., Administrasi, J. I., & Ratulangi, U. S. (2022). Pengaruh Variasi Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Careofyou . Id Pada Media Sosial Instagram. 3(2).

Manglayang, A., & Di, K. (2019). Identifikasi Faktor-Faktor Keputusan Konsumen Dalam. 4(2528), 13–22.

Mendur, M. E., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(3), 1077-1086.

Pramelani, P. (2020). Faktor Ketertarikan Minuman Kopi Kekinian Terhadap Minat Beli Konsumen Kalangan Muda. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 15(1), 121–129.

Simanjorang, S., Manajemen, P. S., & Labuhanbatu, U. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. 1, 91–101.

Listiawati, L., Afriani, R. I., & Solehan, T. (2017). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di PT. Indomaret Suralaya, Merak-Banten. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 10(2). Https://Doi.Org/10.35448/Jrat.V10i2.4256

Aini, S. N., Nurfarida, I. N & Hidayat, C.W. (2021). Kepuasan Pelanggan Transportasi Online Grab Di Kota Malang Siti Nur Aini Iva Nurdiana Nurfarida. 1–5. Jurnal Riset Mahasisw Manajemen. 9(1).

Usman, B. (2017). Pengaruh Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Multi Kharisma Palembang. 14(3), 38–54.

Widiana, Muslichah E. dan Bonar Sinaga. (2010). Dasar-dasar Pemasaran. Bandung : Karya Putra Darwat.

Wibowo, A. F., Wulandari, J., & Nugeraha, P. (2021). Pengalaman Pelanggan, Reference Group, Persepsi Harga Dalam Keputusan Pembelian Produk Etnik Fashion. Jurnal Perspektif Bisnis, 4(1), 38-50

Wulansari, N., Wibowo, F. N., Yuwono, T., Pangesti, A. R., & Pramudya, C. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Coffeenomous Cilacap. Sains Indonesiana, 1(3), 199-207




DOI: https://doi.org/10.24198/agricore.v10i1.63393

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##