Analisis Preferensi Konsumen terhadap Atribut Beras di Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung

Ayuningtyas Puji Lestari, Zumi Saidah

Abstrak


Penyediaan beras di pasaran dengan bermacam-macam atribut akan mempengaruhi keputusan beli konsumen, karena konsumen akan membeli beras yang sesuai dengan preferensinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik konsumen, preferensi dan keinginan konsumen dalam pembelian beras. Desain penelitian yang diterapkan adalah desain kuantitatif dengan teknik penelitian survei. Sampel penelitian ini sebanyak 100 konsumen rumah tangga di Kecamatan Cibeunying Kidul yang menerima bantuan sosial. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis konjoin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara atribut-atribut beras dengan preferensi konsumen. Beras yang menjadi preferensi konsumen adalah beras curah, kualitas beras yang medium, beras bersih, pulen, derajat keputihan dengan warna putih susu, daya tahan satu bulan, dan dengan harga yang berkisar pada Rp 9.000-9.500/kg. Atribut beras yang paling dipertimbangkan responden di Kecamatan Cibeunying Kidul adalah atribut kualitas. Urutan atribut dari yang paling dipertimbangkan adalah kualitas, harga beras curah, kepulenan, kebersihan, daya tahan, harga beras kemasan, jenis beras, dan yang terakhir derajat warna putih.


Kata Kunci


Atribut, Analisis konjoin, Konsumen, Preferensi konsumen

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/agrikultura.v34i1.40305

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Jurnal Agrikultura terdaftar dengan ISSN 0853-2885(cetak) dan ISSN 2685-3345 (online).

Telah terakreditasi selama lima tahun sebagai Jurnal Ilmiah berdasarkan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia SK No.105/E/KPT/2022 tanggal 07 April 2022 (Vol. 32 No. 3 Tahun 2021 hingga Vol. 37 No. 2  Tahun 2026) dan diindeks dalam SINTA 2

Jurnal Agrikultura © Copyright 2022. All Rights Reserved.


JURNAL INI TERINDEKS DI