Pengalaman menonton ulang: Studi fenomenologi terhadap mahasiswa Universitas Padjadjaran dan Universitas Gadjah Mada

Nadia Alifa Rahmania, Sri Seti Indriani, Ditha Prasanti

Abstract


Latar Belakang: Menonton ulang film atau serial yang sudah pernah ditonton sebelumnya ternyata merupakan hal yang biasa dilakukan oleh sebagian orang. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tema-tema dalam proses menonton ulang film atau serial yang dilakukan oleh mahasiswa dan mengetahui motif mahasiswa menonton ulang film atau film serial. Metode: Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan fenomenologi. Peneliti melakukan wawancara mendalam terhadap enam mahasiswa yang berasal dari dua universitas yang berbeda, yaitu Universitas Padjadjaran (UNPAD) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Pemilihan informan ini didasari dengan teknik purposive sampling dengan menggunakan model analisis data kualitatif dari Cresswell. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman menonton ulang film atau serial tidak sepenuhnya bersifat repetitif. Film yang di tonton tidak hanya film favorit tetapi juga film yang sedang hype dan juga film serial dengan spesifikasi tertentu. Sementara itu, motif penyebab menonton ulang film atau serial favorit adalah: (1) Perasaan diri sendiri saat sebelum kegiatan dilakukan; (2) Berkaitan dengan aspek yang ada di objek (film/serial); dan (3) Faktor eksternal. Sementara itu, motif tujuan menonton ulang film atau serial favorit adalah: (1) Untuk mencapai perasaan tertentu pada diri sendiri; (2) Untuk mencapai sesuatu yang berasal dari objek (film/serial); dan (3) Untuk menghindari perasaan kecewa jika menonton film/serial baru.

Keywords


fenomenologi; motif; menonton ulang; film; serial

Full Text:

PDF

References


Akinyode, B. F., & Khan, T. H. (2018). Step by step approach for qualitative data analysis. International Journal of Built Environment and Sustainability, 5(3). https://doi.org/10.11113/ijbes.v5.n3.267

Alfajri, N. Q. (2017). Fenomena Menonton Serial Anime “Naruto” Di Global Tv: Studi Fenomenologi Di Tk Indra Putra Kecamatan Lirik Kabupaten Indragiri Hulu. Universitas Islam Riau.

Anwar, A. A., Widianti, N., & Sumbodo, M. A. (2022). Persepsi peran efek suara pada serial animasi garapan rumah-rumah produksi di Indonesia. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi dan Film, 6(2), 144. https://doi.org/10.24198/ptvf.v6i2.35371

Bentley, F., & Murray, J. (2016). Understanding Video Rewatching Experiences. Proceedings of the ACM International Conference on Interactive Experiences for TV and Online Video, 69–75. https://doi.org/10.1145/2932206.2932213

Creswell, J. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design (L. Habib, Ed.). London. Vicki Knight.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Green, M. C. (2021). Transportation into Narrative Worlds. In Entertainment-Education Behind the Scenes (pp. 87–101). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-63614-2_6

Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163–180. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i1.1146

Khare, A., & Inman, J. J. (2006). Habitual Behavior in American Eating Patterns: The Role of Meal Occasions. Journal of Consumer Research, 32(4), 567–575. https://doi.org/10.1086/500487

Lestari, I. D., & Laturrakhmi, Y. F. (2021). Studi fenomenologi tentang motif dan aturan pertemanan virtual di kalangan pengguna Twitter. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 195. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.29290

Lestari, P., Hafiar, H., & Amin, K. (2021). Pemetaan Riset Terkait Tayangan Sinetron Televisi di Indonesia dalam Perspektif Akademik. ProTVF: Jurnal Kajian Televisi dan Film, 5(2), 163–182.

Mouriquand, D. (2023, February 13). Five Takeaways From Watching The ‘Titanic’ 25th Anniversary Re-release. Euronews.Culture. https://www.euronews.com/culture/2023/02/13/five-takeaways-from-watching-the-titanic-25th-anniversary-re-release

Mujani, S. (2020). Kaum muda Indonesia dan Perilaku menonton film. https://saifulmujani.com/kaum-muda-indonesia-dan-perilaku-menonton-film/

Neal, D. T., Wood, W., & Quinn, J. M. (2006). Habits—A Repeat Performance. Current Directions in Psychological Science, 15(4), 198–202. https://doi.org/10.1111/j.1467-8721.2006.00435.x

O’Brien, E. (2019). Enjoy it again: Repeat experiences are less repetitive than people think. Journal of Personality and Social Psychology, 116(4), 519–540. https://doi.org/10.1037/pspa0000147

O’Brien, E. (2021). A mind stretched: The psychology of repeat consumption. Consumer Psychology Review, 4(1), 42–58. https://doi.org/10.1002/arcp.1062

Oktavianus, H. (2015). Penerimaan Penonton Terhadap Praktek Eksorsis Di Dalam Film Conjuring. Jurnal E-Komunikasi, 3(2), 1–12.

Poedjadi, M. R., Agustin, H., & Hafiar, H. (2022). Peran Public Relations Terhadap Pengelolaan Café Inklusif. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 7(3), 486. https://doi.org/10.52423/jikuho.v7i3.25713

Qutoshi, S. B. (2018). Phenomenology: A Philosophy and Method of Inquiry. Journal of Education and Educational Development, 5(1), 215. https://doi.org/10.22555/joeed.v5i1.2154

Russell, C. A., & Levy, S. J. (2012). The Temporal and Focal Dynamics of Volitional Reconsumption: A Phenomenological Investigation of Repeated Hedonic Experiences. Journal of Consumer Research, 39(2), 341–359. https://doi.org/10.1086/662996

Saleh, Y. R., Arya, I. F., & Afriandi, I. (2016). Film yang Efektif Sebagai Media Promosi Kesehatan bagi Masyarakat. Jurnal Sistem Kesehatan, 2(2). https://doi.org/10.24198/jsk.v2i2.11245




DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v1i1.45710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nadia Alifa Rahmania, Sri Seti Indriani, Ditha Prasanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Comdent: Communication Student Journal Indexed by:

Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran

Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia 
WA: +6283111519064 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com

 


Comdent: Communication Student Journal Supervised by:

View My Stats