Analisis bibliometrik terhadap tren riset teori uses and gratifications di Scopus
Abstract
Latar Belakang: Analisis bibliometrik adalah metode untuk mengeksplorasi sejumlah data ilmiah. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tren penggunaan teori Uses and Gratifications, mengidentifikasi adanya hubungan antar konsep keilmuan, serta mengetahui jaringan penggunaan teori berdasarkan kata kunci (co-occurrence) dalam kurun waktu 10 (sepuluh) tahun, dari tahun 2013 – 2023. Metode: Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu metode bibliometrik. Sedangkan untuk menganalisis dan memvisualisasikan database yang diperoleh dari Scopus, penulis menggunakan Microsoft Excel dan VOSviewer. Hasil dan Pembahasan: Data menunjukkan terdapat 268 artikel yang membahas penggunaan teori ini. Hasil analisis diawali dengan tren tahun publikasi terbanyak, dan tahun 2023 menjadi tahun terbanyak penggunaan teori ini sebanyak 38 artikel. Selanjutnya, data menunjukkan Amerika Serikat dan Spanyol menjadi negara teratas yang paling banyak menggunakan teori ini. Secara subjek ilmu kategori Social Sciences mendominasi penggunaan teori tersebut dengan persentase sebesar 55.3%, namun teori ini juga ditemukan dalam berbagai subjek ilmu lainnya. Pemetaan perkembangan publikasi berdasarkan kata kunci (co-occurrence) mengidentifikasikan teori Uses and Gratifications dalam tujuh cluster yang saling berkaitan. Dapat diketahui bahwa kata kunci yang memiliki kerapatan yang tinggi dengan teori yang diteliti adalah social media. Meskipun teori ini berfokus pada pengguna media (audiens) dan telah ada sejak tahun 1974, namun perkembangan zaman dan teknologi yang kemudian melahirkan berbagai media baru menjadi peluang untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, K. H. (2022). Publication trends in biology education: A bibliometric review of 63 years. Journal of Turkish Science Education, 19(2), 465–480. https://doi.org/10.36681/tused.2022.131
Ahmi, A., & Mohamad, R. (2019). Bibliometric analysis of global scientific literature on web accessibility. IJRTE: International Journal of Recent Technology and Engineering, 7(2), 250–258. https://www.researchgate.net/publication/334596375_Bibliometric_Analysis_of_Global_Scientific_Literature_on_Web_Accessibility
Asemah, E. S., Nwammuo, A., & Uwaoma, A. O. A. N.-. (2022). Theories and models of communication (2nd ed.). Jos University Press. https://www.researchgate.net/publication/364151814_Theories_and_Models_of_Communication_Second_Edition
Ball, R. (2017). An introduction to Bibliometrics: New development and trends. Chandos Publishing. https://doi.org/10.1016/C2016-0-03695-1
Brillianty, S., & Jabar, C. S. A. (2024). A Bibliometric study of educational marketing strategy. 8(1). https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v8i1.5733
Diodato, V. P. (2012). Dictionary of Bibliometrics. Routledge Taylor & Francis Group.
Elsevier. (2021). Scopus: Comprehensive, multidisciplinary, trusted abstract and citation database. https://www.elsevier.com/products/scopus
Grady, S. M., Eden, A., Johnson, B. K., & Reinecke, L. (2022). Media use and avoidance experiences during social distancing. Technology, Mind, and Behavior, 3(1). https://doi.org/10.1037/tmb0000041
Griffin, E., Ledbetter, A., & Sparks, G. (2019). A first look at communication theory tenth edition (tenth edition). Macgraw-Hill Education.
Jan van Eck, N., & Waltman, L. (2023). VOSviewer manual. Universiteit Leiden. https://www.vosviewer.com/documentation/Manual_VOSviewer_1.6.20.pdf
Juariyah, J. (2020). Teori komunikasi. LPPM Unmuh Jember. https://repository.unmuhjember.ac.id/13723/1/pdf BUKU TEORI KOMUNIKASI.pdf
Katz, E., Blumler, J. G., & Gurevitch, M. (1973). Uses and gratifications research. Public Opinion Quarterly, 37(4), 509–523. https://doi.org/10.1086/268109
Leiser, A. (2022). Psychological perspectives on participatory culture: Core motives for the use of political internet memes. : : Journal of Social and Political Psychology, 10(1), 236–252. https://doi.org/10.5964/jspp.6377
Leiva Soto, R. A., Benavides Almarza, C. F., & Riveros Martínez, A. (2024). Me and my smartphone. Motivations for using it among young Chileans. A study over time. Revista De Comunicación, 23(1), 295–313. https://doi.org/10.26441/RC23.1-2024-3334
Li, B. (2023). Emerging media: Opening a new era in future communication. Emerging Media, 1(1), 5–8. https://doi.org/10.1177/27523543231205343
Maulana, M. K., & Yuadi, I. (2022). Analisis bibliometrik tentang arkeologi Islam. Tamaddun: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 10(2), 1091–1116. https://doi.org/10.24235/tamaddun.v10i2.9802
Morissan. (2021). Teori komunikasi individu hingga massa. Kencana.
Nuraeni, A., Nurasa, H., & Widianingsih, I. (2022). Analisis bibliometric penelitian sanitasi (sanitation research bibliometric analysis). Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 11(2), 75–84. https://doi.org/10.21009/jgg.v11i2.26029
Nurhadi, Z. F. (2017). Teori komunikasi kontemporer. Kencana.
Park, N., Kee, K. F., & Valenzuela, S. (2009). Being immersed in social networking environment: Facebook groups, uses and gratifications, and social outcomes. Cyberpsychology & Behavior: The Impact of the Internet, Multimedia and Virtual Reality on Behavior and Society, 12(6), 729–733. https://doi.org/10.1089/cpb.2009.0003
Rahma, S. A., & Nandiyanto, A. B. D. (2024). Analisis bibliometrik: Penggunaan aplikasi VOSviewer terhadap perkembangan publikasi riset nanopartikel nikel ferit (nife2o4). Jedchem (Journal Education And Chemistry), 6(2), 41–51. https://doi.org/10.36378/jedchem.v6i2.3634
Rahmadillah, A., Widodo, A., & Puspita, R. (2021). Pengaruh penggunaan media sosial twitter terhadap keterampilan komunikasi interpersonal di kalangan remaja Kecamatan Tambun Utara Bekasi Jawa Barat. Jurnal Daring Mahasiswa Komunikasi, 1(2), 19–38. https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JDMK/article/view/609
Royani, Y., & Idhani, D. (2018). Analisis bibliometrik jurnal marine research in Indonesia. Jurnal Media Pustakawan, 25(4), 63–68. https://doi.org/10.37014/medpus.v25i4.200
Ruggiero, T. E. (2000). Uses and gratifications theory in the 21st century. Mass Communication and Society, 3(1), 3–37. https://doi.org/10.1207/S15327825MCS0301_02
Sanusi, N., Triansyah, F. A., Muhammad, I., & Susan, S. (2023). Analisis bibliometrik: Penelitian communication skills pada pendidikan tinggi. JIIP: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1694–1701. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1763
Shao, G. (2009). Understanding the appeal of user‐generated media: A uses and gratification perspective. Internet Research, 19(1), 7–25. https://doi.org/10.1108/10662240910927795
Smolina, S. G., Khafizov, D. M., & Erlikh, V. (2020). Bibliometric analysis of the publication activity of russian scientific institutions in sports science for 2008-2018. Journal of Physical Education and Sport, 20(2), 783–790. https://doi.org/10.7752/jpes.2020.02112
Stafford, T. F., Stafford, M. R., & Schkade, L. L. (2004). Determining uses and gratifications for the internet. Decision Sciences, 35(2), 259–288. https://doi.org/10.1111/j.00117315.2004.02524.x
Sundar, S. S., & Limperos, A. M. (2013). Uses and grats 2.0: New gratifications for new media. Journal of Broadcasting & Electronic Media, 57(4), 504–525. https://doi.org/10.1080/08838151.2013.845827
Tutiasri, R., Laminto, N. K., & Nazri, K. (2020). Pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran bagi mahasiswa di tengah pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Masyarakat Dan Keamanan, 2(2). https://doi.org/10.31599/komaskam.v2i2.3220
Zhang, J. (Kristen), & Liu, R. (2024). Why do Chinese people consume video game live streaming on the platform? An exploratory study connecting affordance-based gratifications, user identification, and user engagement. Telematics and Informatics, 86, 102075. https://doi.org/10.1016/j.tele.2023.102075
DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v2i1.54434
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Daffa Aqshal Maulana, Dita Patresia, Ikhwan Tirtana, Niken Resti Pratiwi, Nurul Fadhillah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Comdent: Communication Student Journal Indexed by:
Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:
Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran
Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia
WA: +6285189714299 (Anggi Lestari)
Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com
Comdent: Communication Student Journal Supervised by:










