Pengaruh YouTube Jerome Polin terhadap pembentukan sikap sosial Generasi-Z di Kabupaten Garut

Fildzah Ghassani, Hanis Syafikoh Hasibuan, Nesa Nazwa Alifia, Zikri Fachrul Nurhadi

Abstract


Latar Belakang: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya popularitas konten vlog Jerome Polin di YouTube, yang berpotensi mempengaruhi pembentukan sikap sosial pada Generasi - Z sebagai generasi yang terhubung erat dengan media digital. Generasi – Z cenderung mengkonsumsi konten digital secara aktif,termasuk vlog edukatif yang memberikan wawasan baru mengenai berbagai aspek. Jerome Polin ,seorang youtuber yang terkenal dengan konten edukasi, hiburan dan motivasi, mampu menarik perhatian audiens melalui pendekatan yang interaktif dan inspiratif. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh konten vlog YouTube Jerome Polin terhadap pembentukan sikap sosial Generasi Z, dengan meninjau perannya sebagai media komunikasi digital yang mempengaruhi pola pikir dan perilaku audiens Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik purposive sampling dan melibatkan 60 responden berusia antara 12 hingga 27 tahun yang  aktif menonton konten Jerome Polin. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan hasilnya diuji menggunakan analisis korelasi, uji reliabilitas, validitas, dan regresi linier sederhana untuk mengetahui hubungan dan tingkat pengaruh variabel. Hasil: Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa konten vlog Jerome Pollin memberikan pengaruh positif yang signifikan terhadap pembentukan sikap sosial Generasi Z, dengan nilai korelasi sebesar 0,682 dan kontribusi variabel independen sebesar 46,5%. Responden menunjukkan peningkatan sikap sosial seperti empati, kerjasama, dan disiplin. Studi ini menyimpulkan bahwa konten edukatif dan inspiratif dalam vlog dapat menjadi media yang efektif untuk menumbuhkan sikap sosial yang lebih baik dikalangan Generasi - Z.


Keywords


Konten vlog; sikap sosial; generasi Z; purposeful communicative sampling; YouTube media

Full Text:

PDF

References


Abdullah, N. H., Hassan, I., Ahmad, M. F., Omar, F. I., & Azmi, M. N. L. (2021). YouTube usage and youth netizens’ behaviors: A correlational study. Quantum Journal of Social Sciences and Humanities, 2(2), 56–64. https://doi.org/10.55197/qjssh.v2i2.52

Afdhaniar, M. S. (2021). Pengaruh travelling Rans Entertainment sebagai konten YouTube terhadap motivasi wisata mahasiswa Universitas Sumatera Utara. RELASI: Jurnal Penelitian Komunikasi (e-ISSN: 2807-6818), 1(01), 68–81. https://doi.org/10.69957/relasi.v1i01.130

Alawi, M., & Anggraini, R. (2024). Pengaruh konten Youtube “Bang Tutorial” terhadap minat belajar mengedit video pada Mahasiswa Broadcast. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 2(1), 256–272. https://doi.org/10.54066/jikma.v2i1.1417

Ayuningrum, E. K., Samatan, N., & Jayanti, K. (2024). Pengaruh terpaan media Youtube Satu Persen-Indonesian life school terhadap pembentukan sikap remaja di kota Bekasi. Arkana Jurnal Komunikasi Dan Media, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.62022/arkana.v3i01.6589

Fei, F. L. X., & Li, K. Y. (2022). A journey to explore the influence of YouTuber to generation Z. Asian Journal of Applied Communication, 12(S2), 19–31. https://doi.org/10.47836/ajac.12.s2.02

Hermawan, F., Karjo, C. H., Hapsari Wijayanti, S., & Napitupulu, B. E. (2023). Characteristics of Gen-Z YouTube viewers as potential consumers for influencer marketing. European Journal of Business and Management Research, 8(3), 113–118. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2023.8.3.1941

Ikhlasa, T. N., & Suryadi, S. (2022). The effect of vlog content Youtube media on learning english. IJIET (International Journal of Indonesian Education and Teaching), 7(1), 33–40. https://doi.org/10.24071/ijiet.v7i1.5315

Jiménez, A. G., & Vozmediano, M. M. (2020). Subject matter of videos for teens on YouTube. International Journal of Adolescence and Youth, 25(1), 63–78. https://doi.org/10.1080/02673843.2019.1590850

Kadwa, M. S., & Alshenqeeti, H. (2020). The Impact of students’ proficiency in english on ccience courses in a foundation year program. International Journal of Linguistics, Literature and Translation, 3(11), 55–67. https://doi.org/10.32996/ijllt.2020.3.11.5

Kiareni, C. L., Sorisa, C., & Parhusip, J. (2024). Analisis penerapan distribusi sampling terhadap kualitas informasi dan kepuasan pengguna media sosial. Journal Sains Student Research, 2(6). https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jssr.v2i6.3004

Matang, M., Suryadi, K., Darmawan, C., Anggraeni, L., Riyanti, D., & Hudi, I. (2023). Generasi kedua digital native: Janus face media sosial dan anomali komunikasi. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 109–124. https://doi.org/10.14710/interaksi.12.1.109-124

Maulana, J. (2021). Pengaruh konten vlog dalam YouTube terhadap pembentukan sikap sosial mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Universitas Islam Kalimantan. Jurnal Mutakallimin : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1). https://doi.org/10.31602/jm.v4i1.4814

Nasher, A., & Amani, N. N. (2020). Pengaruh Vlog Youtube Jerome Polin terhadap minat siswa SMANU M.H. Thamrin melanjutkan studi ke Jepang. Mediakom : Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 167–177. https://doi.org/10.35760/mkm.2020.v4i2.4597

Nurfitrianah, & Ekowati, S. (2023). Pengaruh terpaan konten Youtube 1% Indonesian Life School terhadap pengetahuan kesehatan mental. Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 29(1), 60–66. https://doi.org/10.37817/ikon.v29i1.2923

Oktariza, S. W., & Putri, I. P. (2021). Pengaruh konten youtube nihongo mantappu terhadap keputusan audience dalam melakukan susbcribe [Telkom University]. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/167589/pengaruh-konten-youtube-nihongo-mantappu-terhadap-keputusan-audience-dalam-melakukan-subscribe-analisis-akun-youtube-nihongo-mantappu-periode-oktober-2019-november-2020-.html

Pratama, S., & Hermanu, D. H. (2023). Pengaruh konten video Youtube Den Dimas terhadap pembentukan sikap sosial remaja. Inter Komunika: Jurnal Komunikasi, 7(2), 34. https://doi.org/10.33376/ik.v7i2.2069

Ramadanny, E. F., & Suni, E. K. (2023). Pengaruh tayangan vlog Ekspedisi “Langit Kelabu” terhadap sikap Gen Z akan hal mistis. SABER : Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi, 2(1), 182–199. https://doi.org/10.59841/saber.v2i1.685

Saputra, A. F. (2022). Pengaruh konten Youtube Picky Picks terhadap sikap mahasiswa KPI UIN Imam Bonjol Padang. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 13(1), 69–82.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Utomo, F. A. P., & Baskoro, D. N. (2023). Pengaruh konten Vlog di YouTube terhadap perilaku komunikasi siswa SMP Nusantara Plus. Communicator Sphere, 3(1), 13–31. https://doi.org/10.55397/cps.v3i1.34

Wahyudi, F. A., Widiasanty, G., & Nur’aeni. (2024). Pengaruh Konten Vloggers Youtube Jess No Limit terhadap Pembentukan Sikap Gen Z. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 2(4), 367–378. https://doi.org/10.47861/tuturan.v2i4.1378

Wijaksara, F. A., & Ismail, O. A. (2023). Pengaruh konten Jerome Polin terhadap pemenuhan kebutuhan hiburan remaja kota Bandung. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 12(2), 316–324. https://doi.org/10.35508/jikom.v12i2.9229




DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v3i1.61177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Fildzah Ghassani, Hanis Syafikoh Hasibuan, Nesa Nazwa Alifia, Zikri Fachrul Nurhadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Comdent: Communication Student Journal Indexed by:

Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran

Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia 
WA: +6285189714299 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com

 


Comdent: Communication Student Journal Supervised by:

View My Stats