Analisis komunikasi pemasaran: Popularitas e-commerce di TikTok dan X selama Ramadan 2025

Sarah Kamila, Carolline Sekar Kurnia Putri, Talitha Cantika Nurrafaida, Hanan Dzakirah Asma, David Mei Setiawan

Abstract


Latar belakang: Penelitian ini dilakukan untuk melihat  fenomena meningkatnya penggunaan e-commerce pada hari besar seperti bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Pada periode tersebut merek e-commerce bersaing menciptakan strategi kampanye yang beragam untuk menarik konsumen. Merek e-commerce yang muncul dengan kampanye tersebut diantaranya adalah Blibli, Bukalapak, Lazada, Shopee, dan Tokopedia yang menjadi Top 5 merek e-commerce di Indonesia menurut Top Brand. Tujuan: penelitian ini adalah untuk menganalisis distribusi sentimen positif serta perbandingan mention dan reach dari merek e-commerce Blibli, Bukalapak, Lazada, Shopee, dan Tokopedia di media sosial TikTok dan Twitter (X). Metode: metode yang digunakan adalah metode analisis komparatif deskriptif. Data pada penelitian ini dihimpun melalui media monitoring tools Brand24 dengan pemilihan periode 1 - 28 Februari 2025 dan 2 - 29 Maret 2025. Pemilihan periode tersebut dimaksudkan untuk memantau sentimen, mention, dan reach merek e-commerce di media sosial selama periode bulan Ramadan, Hari Raya Idul Fitri, dan pasca Idul Fitri tahun 2025. Hasil: Hasil yang diperoleh menunjukkan Shopee sebagai merek dengan sebaran sentimen positif tertinggi di bulan Februari , dengan total 722 sentimen positif. Sebaliknya, Blibli menjadi merek dengan sentimen positif terendah di bulan Februari, dengan total 27 sentimen. Sedangkan pada bulan Maret Lazada memperoleh jumlah sentimen positif tertinggi, sementara Bukalapak berada di posisi terendah dengan total 33 sentimen. Shopee pun mencapai mention dan reach tertinggi di bulan Februari dan Maret 2025 hingga sebesar 6.476 pada media sosial TikTok dan Twitter (X). Sedangkan e-commerce dengan mention dan reach terendah pada Februari sekaligus Maret adalah Bukalapak dengan total 1.139


Keywords


Popularitas merek; jual beli online; analisis sentimen; penyebutan merek; jangkauan merek

Full Text:

PDF

References


Ahdiat, A. (2024). 5 E-Commerce dengan pengunjung terbanyak sepanjang 2023. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/e-commerce/statistik/3c9132bd3836eff/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-sepanjang-2023

Arfidhiya, N. B., Hafiar, H., & Priyatna, C. C. (2024). Analisa media monitoring terhadap brand Esqa (studi kasus: Bulan Januari – Maret 2024). Journal of Technology and System Information, 1(2), 14. https://doi.org/10.47134/jtsi.v1i2.2397

Bataineh, A. Q., & Qasim, D. (2023). Artificial intelligence and digital marketing in Jordan: Opportunities and challenges (pp. 289–297). https://doi.org/10.1007/978-3-031-42455-7_26

Chandra, E. (2023). Kekuatan algoritma dalam komunikasi pemasaran digital aplikasi Tiktok. Maha Widya Duta : Jurnal Penerangan Agama, Pariwisata Budaya, Dan Ilmu Komunikasi, 7(2). https://doi.org/10.55115/duta.v7i2.3860

Conti, E., & D’Amario, R. (2023). The relationship between brands and influencers: an exploratory study in the hospitality industry. Journal of Hospitality & Tourism, 21(2). https://johat.org/wp-content/uploads/2024/03/6-2.pdf

Fajar, R. (2021). Pengaruh kegiatan pemasaran media sosial pada loyalitas pelanggan [Universitas Gadjah Mada]. https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/196864

Fiisabilillah, A. F., Sugiana, D., & Trulline, P. (2023). Strategi komunikasi pemasaran digital melalui akun Instagram @Critoe_. Comdent: Communication Student Journal, 1(1), 184. https://doi.org/10.24198/comdent.v1i1.45741

Fithriya, D. N. L. (2020). Capaian unggahan konten akun Instagram Gembira Loka Zoo (GLZOO) Yogyakarta terhadap online engagement pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Sosiologi Reflektif, 15(1), 81. https://doi.org/10.14421/jsr.v15i1.1980

Help.Shopee.Co.Id. (2024). Apa itu MultiPay dan bagaimana cara menggunakannya? Sea Group. https://help.shopee.co.id/portal/4/article/140596-[ShopeePay]-Apa-itu-MultiPay-dan-bagaimana-cara-menggunakannya

Ibrahim, C. (2022). The sentiment analysis of Indonesian National Library’s Twitter and Instagram. Publication Library and Information Science, 5(2), 48–56. https://doi.org/10.24269/pls.v5i2.4412

Indriyatmoko, T., Forbenius, A. claudy, & Diningrat, M. S. M. (2024). Strategi optimisasi kata kunci dalam meningkatkan visibilitas di mesin pencari. Intechno Journal (Information Technology Journal), 6(1), 66–72. https://doi.org/10.24076/intechnojournal.2024v6i1.1693

Kansa, F. H., & Wiryany, D. (2025). Analisis strategi komunikasi pemasaran pada akun Instagram @inabauniversityofficial. Comdent: Communication Student Journal, 2(2), 471–486. https://doi.org/10.24198/comdent.v2i2.61259

Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2019). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity (5th ed.). Pearson Education Limited.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen pemasaran (13th ed., Vol. 2). Erlangga.

Larasati, I., Yusril, A. N., & Zukri, P. Al. (2021). Systematic literature review analisis metode agile dalam pengembangan aplikasi mobile. SISTEMASI, 10(2), 369. https://doi.org/10.32520/stmsi.v10i2.1237

Liu, J., & Halpern-Felsher, B. (2024). Popularity of Zyn and other nicotine pouch brands among U.S. adolescents, young adults, and adults in 2021. Preventive Medicine, 185, 108068. https://doi.org/10.1016/j.ypmed.2024.108068

Mamduh, M. (2025). Ramadan 2025, 8 dari 10 konsumen Indonesia ingin belanja lebih banyak. Medcom.Id. https://www.medcom.id/teknologi/news-teknologi/GKdlerpK-ramadan-2025-8-dari-10-konsumen-indonesia-ingin-belanja-lebih-banyak

Muninger, M.-I., Hammedi, W., & Mahr, D. (2019). The value of social media for innovation: A capability perspective. Journal of Business Research, 95, 116–127. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.10.012

Nezamova, O., & Olentsova, J. (2021). The role of digital marketing in improving the efficiency of the product distribution system of agricultural enterprises in the Krasnoyarsk Region. E3S Web of Conferences, 247, 01027. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202124701027

Nunasa. (2024). Mendominasi 40% pasar e-commerce Indonesia, kolaborasi dinamis TikTok x Tokopedia. Bengkuluekspress.Com. https://bengkuluekspress.disway.id/read/165030/mendominasi-40-pasar-e-commerce-indonesia-kolaborasi-dinamis-tiktok-x-tokopedia

Nurhaliza, S. (2023). Studi TikTok: 67 persen pengguna belanja lebih banyak selama Ramadhan. ANTARA News. https://www.antaranews.com/berita/3375414/studi-tiktok-67-persen-pengguna-belanja-lebih-banyak-selama-ramadhan

Pangihutan, F. L., & Simamora, S. C. (2019). Evaluasi kinerja keuangan dengan metode komparatif dan trend pada PT. Angkasa Pura I (Persero) periode 2012-2016. Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Unsurya, 4(1). https://doi.org/10.35968/jbau.v4i1.263

Purwianti, L., & Fionna, F. (2023). Analisa pengaruh social media marketing activity terhadap brand loyalty dengan mediasi brand awareness, brand trust, dan brand love. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 6(2), 373–384. https://doi.org/10.36407/jmsab.v6i2.1105

Putri, L. M. (2023). Blibli buka tujuh gerai offline Blibli Store sepanjang 2022. ANTARA News. https://www.antaranews.com/berita/3343692/blibli-buka-tujuh-gerai-offline-blibli-store-sepanjang-2022

Rahayu, M. M., Wahyudyanti, R., Utama, A. P., Rahmawati, A., & Maryati, M. (2023). Analisis keputusan pembelian pada online shopping selama bulan Ramadan: Studi kasus pada konsumen muslim di Indonesia. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(1), 294–304. https://doi.org/10.15575/jim.v4i1.24999

Rozaq, M., & Nugrahani, R. U. (2023). Penggunaan platform video pendek sebagai strategi komunikasi pemasaran digital untuk UMKM. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(1), 21–30. https://doi.org/10.33366/jkn.v5i1.271

Salsabila, P., Liani, A., Anggreani, D. S., & Kamal, M. R. (2025). Sentimen masyarakat Indonesia terhadap investasi emas tahun 2025: Studi media sosial dengan Brand24. J-DBS: Journal of Darunnajah Business School, 2(1), 25–38. https://ejournal.darunnajah.ac.id/index.php/J-DBS/article/download/450/307/

Sari, N. P., & Wahyuni, S. (2024). Analisis komparatif penggunaan e-commerce Shopee dan Tokopedia pada kalangan mahasiswa kelas 2AKBI program studi akuntansi Universitas Muhamadiyah Riau. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 422–429. https://jurnal.anfa.co.id/index.php/mufakat/article/view/2177

Sari, Y., & Utami, N. W. (2021). Komunikasi pemasaran digital sebagai tantangan teknologi. Jurnal Mahasiswa Komunikasi Cantrik, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.20885/cantrik.vol1.iss1.art1

Sellercenter.Lazada.Co.Id. (2024). Fitur baru LISA “Jawaban pintar informasi produk.” Sellercenter.Lazada.Co.Id. https://sellercenter.lazada.co.id/helpcenter/s/faq/knowledge?&m_station=BuyerHelp&questionId=1000149006&hybrid=1&categoryId=1000028289

Setyowati, D. (2023). TikTok x Tokopedia disebut kuasai 40% pasar e-commerce Indonesia. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/digital/e-commerce/65829bf1980d0/tiktok-x-tokopedia-disebut-kuasai-40-pasar-e-commerce-indonesia

Sudarmiyanti, A. (2022). Bisnis lebih efektif pakai fitur baru Mitra Bukalapak. Mitra Bukalapak. https://mitra.bukalapak.com/artikel/bisnis-lebih-efektif-pakai-fitur-baru-mitra-bukalapak-116313

Suhartanto, C. (2023). Proyeksi pangsa pasar TikTok direvisi, gerus Shopee hingga Lazada. Bisnis Tekno. https://teknologi.bisnis.com/read/20231108/266/1712530/proyeksi-pangsa-pasar-tiktok-direvisi-gerus-shopee-hingga-lazada

Wang, Y., Deng, Q., Rod, M., & Ji, S. (2021). A thematic exploration of social media analytics in marketing research and an agenda for future inquiry. Journal of Strategic Marketing, 29(6), 471–491. https://doi.org/10.1080/0965254X.2020.1755351

Wulandari, T., Sari, D. P., & Nasution, A. R. (2024). Deskripsi mendalam untuk memastikan keteralihan temuan penelitian kualitatif. Jurnal Literasiologi, 11(2), 124–131. https://doi.org/https://doi.org/10.47783/literasiologi.v11i2.674

Yonatan, A. Z. (2025). Nasional jelang Ramadan 2025, bagaimana pola pengeluaran warga Indonesia? GoodStats.Id. https://goodstats.id/article/jelang-ramadan-2025-bagaimana-pola-pengeluaran-warga-indonesia-LUY3N




DOI: https://doi.org/10.24198/comdent.v3i1.62969

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 The Author(s)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Comdent: Communication Student Journal Indexed by:

Editorial Office of Comdent: Communication Student Journal:

Faculty of Communication Science, Universitas Padjadjaran

Jl. Raya Bandung-Sumedang KM. 21 Jatinangor, Sumedang 45363, Jawa Barat, Indonesia 
WA: +6285189714299 (Anggi Lestari)

Telephone: +62227796954
Faxmile: +62227794122
Email: comdentunpad@gmail.com

 


Comdent: Communication Student Journal Supervised by:

View My Stats