PERSPEKTIF MARKETING POLITIK: KEGAGALAN PDIP DAN PARTAI DEMOKRAT DALAM MEMPERTAHANKAN POSISI SEBAGAI PARTAI PEMENANG PEMILU 1999 DAN PEMILU 2009

Agus Sutisna

Abstract


Persaingan untuk meraih dukungan publik dalam kancah kepolitikan,
khususnya event pemilu yang semakin kompetitif telah membuat partai politik dan
para kandidat, baik dalam pemilu legislatif maupun eksekutif, berusaha keras
mengadopsi berbagai metode dan teknik kampanye. Marketing politik (political
marketing) adalah salah satu metode yang sejak era reformasi dan demokratisasi
bergulir mulai banyak digunakan sebagai metode dan teknik untuk meraih
dukungan pemilih dalam kampanye-kampanye Pemilu di Indonesia. Tulisan ini
merupakan telaah teoritik sederhana mengenai pendekatan marketing politik yang
kemudian digunakan sebagai perspektif untuk menjelaskan kegagalan PDI
Perjuangan dan Partai Demokrat dalam mempertahankan posisi sebagai partai
pemenang Pemilu.
Kajian ini menggunakan metode kualitatif, dengan sumber data diperoleh
melalui studi kepustakaan dan pengamatan fenomenologis terhadap dinamika
perjalanan partai politik, khususnya PDIP dan Partai Demokrat dari Pemilu ke
Pemilu dalam kepolitikan Indonesia mutakhir melalui berbagai saluran media yang
dapat diakses. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendekatan marketing politik
pada umumnya memiliki potensi yang efektif sebagai metode untuk memperkenalkan
dan memasarkan produk politik (partai, kandidat, program dll), meraih simpati
publik, dan akhirnya memperoleh dukungan pemilih dan merawat loyalitas mereka;
dengan catatan prinsip-prinsipnya dipraktekkan secara utuh, baik dan tepat, serta
didukung oleh riset dan tim yang handal. Sebaliknya, ketidakutuhan penerapan
prinsip-prinsip marketing politik dapat mengakibatkan kegagalan partai politik
dalam menjaga stabilitas partai dan mempertahankan kemenangannya dalam suatu Pemilu pada Pemilu berikutnya seperti dialami oleh PDIP dan Partai Demokrat


Keywords


komunikasi politik, kampanye pemilu, marketing politik, pull marketing, push marketing, pass marketing, PDIP, dan Partai Demokrat

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24198/cosmogov.v2i1.11853

DOI (PDF): https://doi.org/10.24198/cosmogov.v2i1.11853.g5524

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 CosmoGov: Jurnal Ilmu Pemerintahan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

View My Stats

Cosmogov: Jurnal Ilmu Pemerintahan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License