GAMBARAN PRE DAN POST TEST KEGIATAN PENYULUHAN KESEHATAN TERHADAP KADER POSYANDU DI PUSKESMAS BABATAN BANDUNG
Abstrak
osyandu adalah salah satu bentuk upaya kesehatan yang bersumberdaya masyarakat yang dikelola dari, oleh, untuk masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PPM/KKN) ini adalah diharapkan kader posyandu akan mendapatkan informasi dan edukasi kesehatan mengenai pengenalan berbagai macam ulser rongga mulut dan pengetahuan tentang nutrisi. Informasi yang disampaikan dalam bentuk seminar penyuluhan dan diskusi yang sebelumnya dibagikan kuisioner pre dan post sebagai indikator untuk melihat efek edukasi yang dilakukan kepada kader kesehatan masyarakat sehingga diharapkan masyarakat mendapatkan tambahan peningkatan pengetahuan tentang kesehatan. Sebanyak 50 orang kader posyandu diberikan penyuluhan tentang kesehatan, dari hasil pre dan post terdapat peningkatan pengetahuan kesehatan pada kader yang cukup banyak.Kegiatan PPM/KKN berupa penyuluhan kesehatan dapat dilaksanakan secara konsisten untuk menjaga pengetahuan kader tentang kesehatan sehingga dengan meningkatnya pengetahuan kader kesehatan diharapkan dapat meningkatkan dalam usaha preventif kesehatan rongga mulut bagi masyarakat, salah satunya dalam menjaga kesehatan rongga mulut.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Depkes RI. Buku Pedoman Pengelolaan Posyandu., 2006. Jakarta.
Kementrian Kesehatan RI. 2011. Pedoman umum pengelolaan posyandu. Jakarta
Laraeni Y. Afni Wiratmi., 2014. Pengaruh penyegaran kader terhadap pengetahuan dan ketrempilan kader posyandu menggunakan dacin di wilayah kerja puskesmas. Media Bina Ilmiah.,20014; 8: 4.
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v8i4.20058
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: