PENGUATAN STRATEGI PEMASARAN KELOMPOK TENUN PADA KAMPUNG TENUN NAGARI SUNGAI JAMBUR KABUPATEN SOLOK SUMATERA BARAT
Abstrak
Tenun merupakan salah satu kerajinan yang memiliki tingkat kesenian yang tinggi. Karena kerumitan membuatnya, harganya juga mahal. Kendatipun demikian, kelompok tenun usaha mulia, menjual produk mereka hanya menggunakan plastik bening untuk membungkus kain tenun tersebut. Selain itu, tidak adanya merek ataupun kontak yang bisa dihubungi yang melekat pada kain tersebut. Tenun sungai jambur ini memiliki ciri khas yang unik, namun tidak ada perkembangan yang cukup berarti dari semenjak mereka berdiri pada tahun 2009. Variasi motif yang masih kurang banyak, kemasan yang terlalu biasa, lokasi penjualan yang tidak mudah terlihat, merek yang belum pas, serta pemasaran yang belum tepat menjadi kendala kelompok tenun usaha mulai ini. Untuk itu tim pengabdian kepada masyarakat menggagas pengabdian ini memberikan pengetahuan kepada kelompok tenun usaha mulia tentang pentingnya merek, bagaimana membuat merek yang bagus, logo, serta memasarkan produk secara online. Disamping itu tim pengabdi juga memberikan pendampingan dalam pembuatan kemasan untuk kain tenun, agar menambah nilai jual dan pantas menjadi pembungkus kain tenun yang harganya dikenal mahal.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Evanita, S., Andriani, C., & Trinanda, O. (2016). THE RE-BRANDING OF IKIP PADANG TO UNP: HOW THE CHANGES IN BRAND AWARENESS AND BRAND IMAGE WOULD AFFECT STUDENT’S ENROLLMENT INTEREST? Paper presented at the The 1st International Conference on Economics, Business, And Accounting, Padang.
Evanita, S., & Trinanda, O. (2017). MINANGKABAU TRADITIONAL FOOD VS MODERN SNACKS: THE INFLUENCE OF PRODUCT ATTRIBUTES ON TEENAGERS BUYING INTEREST IN WEST SUMATERA’S URBAN CITIES. Paper presented at the The 1st Unimed International Conference on Economics and Business, Medan, Indonesia.
Walker, O. C. J. W. M. (2014). Marketing Strategy A Decesion-Focused Approach. New York: McGraw-Hill
Wardi, Y., Abror, A., & Trinanda, O. (2017). PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN PENGIMPLEMENTASIAN WISATA ISLAMI BAGI PELAKU WISATA DI KOTA PADANG. International Journal of Community Service Learning, 1(3), 144-147. doi: http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v1i3.12670
Wardi, Y., Abror, A., & Trinanda, O. (2018). Halal tourism: antecedent of tourist’s satisfaction and word of mouth (WOM). Asia Pacific Journal of Tourism Research, 23(5), 463-472. doi: 10.1080/10941665.2018.1466816
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v8i3.21149
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: