PELATIHAN PEMASARAN ONLINE PRODUK INDUSTRI KREATIF DI DESA LAKSANA MEKAR, KECAMATAN PADALARANG, KABUPATEN BANDUNG BARAT
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemasaran produk industri kreatif pada komunitas Ecovillage Wilayah Citarum di Desa Laksana Mekar Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat. Berdasarkan analisis situasi terdapat kendala dalam pemasaran produk tersebut secara langsung yang disebabkan oleh keterbatasan waktu untuk memasarkan dan keterbatasan tempat pemasaran (outlet). Untuk mengatasi kendala tersebut dan berdasarkan hasil diskusi dengan komunitas Ecovillage, maka salah satu alternatif solusi yang dipilih dan diputuskan adalah dengan melakukan pemasaran secara online (online marketing). Pelatihan diberikan untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam memasarkan produk secara online. Metode pelatihan yang diberikan berupa hakekat pemasaran, dasar-dasar pemasaran online dan praktek pembuatan fitur-fitur pemasaran online dengan menggunakan smart phone. Hasil pelatihan menunjukkan telah terjadi perubahan pengetahuan dan ketrampilan para peserta dalam teori dan praktek pemasaran produk secara online. Disarankan agar ada kegiatan pendampingan lanjutan sejalan dengan perkembangan teknolog informasi yang cepat dan dinamis
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Hesmondhalgh. D. (2012) The Cultural Industries. 3rd Edition. SAGE Publications
Howkins, J. (2014) The Creative Economy. How people make money from ideas, The Penguin Press
Knol, W. H. C., dan Stroeken, J. H. M. (2001). The Diffusion and Adoption of Information Technology in Small- and Medium-sized Enterprises through IT Scenarios. Technology Analysis & Strategic Management, 13(2).
Putu Sukarmen, Andi Sularso dan Deasy Wulandari. (2013). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Gula Pasir Sebelas (GUPALAS) Pabrik Gula Semboro PTP Nusantara XI (Persero). JEAM, Vol. XII No. 1. Hal. 64-78. ISSN: 1412-5366
Februati, S. E. dan Handayani, S.R (2012) Peranan Aplikasi Teknologi Informasi dalamPeningkatan Daya Saing Perusahaan (Studi Pada UMKM Kota Malang). Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XV. Surabaya. Program MMT-ITS
Wahid, F. dan Iswari, L (2007) Adopsi Teknologi Informasi oleh Usaha Kecil Menengah di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007 (SNATI 2007) ISSN: 1907-5022. Yogyakarta
Departemen Perdagangan Republik Indonesia (2008). Pengembangan Industri Kreatif Menuju Visi Ekonomi Kreatif Indonesia 2025.
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v9i2.24691
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: