PERAN EDUKASI PEMASARAN DIGITAL UNTUK PELAKU USAHA KELAUTAN DAN PERIKANAN
Abstrak
COVID-19 saat ini telah menjadi pandemi dan memengaruhi berbagai sektor kehidupan masyarakat Indonesia. Sektor usaha mikro kecil dan menengah perikanan dan kelautan mengalami penurunan dan memerlukan pendampingan melalui edukasi mengenai pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan uuntuk menganalisis dan merancang penyuluhan edukasi pemasaran digital bagi pelaku usaha UMKM kelautan dan Perikanan. Metode yang digunakan pada penelitian ini deksripsi kuantitatif, dengan jumlah responden 100 pelaku usaha perikanan dan kelautan. Berdarsarkan hasil penelitian penurunan tingkat konsumsi masyarakat berpengaruh terhadap pendapatan pelaku usaha UMKM Kelautan dan Perikanan. Peningkatan edukasi pemasaran digital, melalui kegiatan pendampinga dan penyuluhan yang dilakukan secara simultan, memberikan kontribusi peningkatan penjualan produk. Responden pelaku usaha UMKM kelautan dan perikanan sebanyak 90 % mencoba menggunakan aplikasi pemasaran digital dan 6 % terkendala dengan akses internet dan 4 % kurang terbiasa menggunakan media sosial. Faktor minat (interest), menilai (evaluation), mencoba (trial) dan adopsi (adoption)., mempunyai pengaruh terhadap keputusan mengadopsi pemasaran prooduk perikanan dengan menggunakkan pemasaran digital. Pendampingan melalui edukasi pemasaran digital yang dilaksanakan dapat membantu mitra atau pelaku usaha UMKM Kelautan dan Perikanan dalam meningkatkan kualitas dan profit penjualan, pemasaran digital dalam menarik lebih banyak lagi pelanggan dan bertahan serta berinovasi di tengah pandemik.
COVID-19 has now become a pandemic and affects various sectors of Indonesian people's lives. The fisheries and marine micro, small and medium enterprises sector has experienced a decline and requires assistance through education on digital marketing. This research aims to analyze and design digital marketing education for marine and fisheries MSMEs. The method used in this reserach is a quantitative description, with the number of respondents 100 fishery and marine business actors. Based on the research results, the decrease in the level of public consumption has an effect on the income of marine and fisheries MSMEs business actors. Increasing digital marketing education, through simultaneous mentoring and counseling activities, contributes to increased product sales. As many as 90% of marine and fisheries MSME business respondents try to use digital marketing applications and 6% are constrained by internet access and 4% are less accustomed to using social media. Interest, evaluating, trial and adoption factors have an influence on the decision to adopt marketing of fishery products using digital marketing. Assistance through digital marketing education that is carried out can help partners or MSME Marine and Fisheries business actors in increasing sales quality and profit, digital marketing in attracting more customers and surviving and innovating in the midst of a pandemic.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Angga, Handhyka Bayu, dan Wisnu Setiawan. 2018. Kidz Center Sebagai Wisata Edukasi Anak Di Magetan Dengan Pendekatan Ramah Lingkungan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diambil dari http://eprints.ums.ac.id/64220.
Bayu Bagas Hapsoro, Palupiningdyah, Achmad Slamet. 2019. Peran Digital Marketing Sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat ABDIMAS 23 (2) (2019): 117-120
Budiarti, Rachmi. (2018). Pengaruh Edukasi terhadap Tingkat Kecemasan pada Pasien Pre Operasi di ruang Menur dan Dahlia RSUD Dr. R. Goetheng Taroenadibrata Purbalingga. Diploma thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH URWOKERTO. Diambil: dari http://repository.ump.ac.id/8289/
Femi Oktaviani dan Diki Rustandi. 2018. Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. Jurnal Profesi Humas, Volume 3, No. 1
Ghozali, I. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi Ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Hartono, A. 2017. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam membentuk Loyalitas Pelanggan di Restoran The Naked Crab Surabaya. Jurnal, 3(3), 174-187
Ni Putu Diah Puspitasari, dkk. 2019. Penerapan Teknologi Marketing DigitalUntuk Menigkatkan Strategi Pemasaran Snack Tiwul. JSAI, Volume 2 Nomor 2, Juni 2019 ISSN: 2614-3062; E-ISSN: 2614-3054 165
Reza, F. 2016. Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.co.id. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(1), 64-74.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro. Kecil, dan Menengah. Sekretariat Negara. Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i4.32522
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: