WIRAUSAHA PENGOLAHAN MAKANAN
Abstrak
Pandemi Covid-19 berdampak pada sektor usaha (bisnis). Keadaan tersebut menuntut pengusaha untuk mempertahankan usahanya, salah satu caranya melalui strategi pemasaran yang meliputi strategi distribusi dan strategi produk. Salah satunya strategi distribusi yang dapat digunakan adalah memanfaatkan media sosial, sedangkan strategi produk dapat dilakukan dengan meningkatkan variasi produk. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan peserta akan strategi pemasaran terutama penggunaan media sosial dan meningkatkan keterampilan peserta dalam menambah variasi makanan. Metode yang digunakan adalah pelatihan berupa penyuluhan secara daring dan demonstrasi pengolahan makanan dengan menerapkan protokol kesehatan. Peningkatan pengetahuan peserta di analisis secara statistik dengan menggunakan uji t-student berpasangan pada taraf nyata 5%. Peningkatan keterampilan diukur dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil pengabdian menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan akan strategi pemasaran terutama menggunakan media sosial dan peningkatan keterampilan pengolahan makanan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Bisnis.com. (2020). Sektor UMKM Jadi Kunci Pemulihan Ekonomi Di Tengah Pandemi. (2020, Oktober 12). Retrieved from Bisnis.com: https://ekonomi.bisnis.com/read/20201012/9/1303691/sektor-umkm-jadi-kunci-pemulihan-ekonomi-di-tengah-pandemi, diakses 1 Februari 2021.
Firmansyah, Rangga. 2015. Kewirausahaan dan Strategi Pemasaran. Bandung: Telkom University
Hossain, S.T. 2020. Impacts of COVID-19 on the Agri-food Sector: Food Security Policies of Asian Productivity Organization Members. J. Agric. Sci. Sri Lanka 2020, 15: 116-132.
Kompas.com. (2020). Pandemi Covid-19, Apa Saja Dampak pada Sektor Ketenagakerjaan Indonesia? Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pandemi Covid-19, Apa Saja Dampak pada Sektor Ketenagakerjaan Indonesia?", (2020, Agustus 11). https://www.kompas.com/tren/read/202. Retrieved from KOMPAS.com: https://www.kompas.com/tren/read/2020/08/11/102500165/pandemi-covid-19-apa-saja-dampak-pada-sektor-ketenagakerjaan-indonesia-?page=all, diakses 1 Februari 2021.
Mevita, A.S. 2015. Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen 2(9):1-18
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i2.32524
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: