PENINGKATAN KUALITAS PENGAJARAN DARING MELALUI VIDEO DI SEKOLAH DASAR & MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN CIAMPEA, BOGOR
Abstrak
Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak besar pada dunia pendidikan. Di tahun 2020 pemerintah melalui Kementerian Pendidikan telah menetapkan pengajaran jarak jauh dari tingkat perguruan tinggi hingga tingkat sekolah dasar. Hal ini diterapkan sebagai salah upaya untuk mencegah proses penyebaran Covid-19 yang semakin masif. Ketetapan ini menyebabkan para pengajar harus menggunakan metode dan media ajar yang efektif dan efisien dalam pengajaran jarak jauh. Salah satu permasalahan yang dihadapi dalam belajar mengajar secara daring adalah jaringan internet yang tidak stabil. Pada saat pengajaran berlangsung melalui pertemuan virtual, guru mengalami kesulitan dalam menjelaskan pada saat koneksi jaringan yang tidak stabil. Penggunaan video pembelajaran yang menarik sebagai salah satu media ajar akan membantu proses pembelajaran jarak jauh menjadi efektif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada mitra dalam peningkatan kualitas pengajaran daring melalui video. Mitra dari program ini adalah guru-guru yang berasal dari SD Cihideung Ilir 1, SD Bojong dan Madrasah Ibtidaiyah, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor. Kegiatan yang dilakukan pada program ini adalah pendampingan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berbasis daring dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan alur cerita (storyboard) yang akan digunakan sebagai dasar dalam pembuatan video ajar. Kegiatan akhir dari program ini adalah pembuatan video ajar Bahasa Inggris sesuai dengan RPP sekolah mitra. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas belajar mengajar jarak jauh di sekolah mitra.
The COVID-19 pandemic has a major impact on the education area. In 2020, the government through the Ministry of Education has implemented distance teaching from the university level to elementary school. This implementation is an effort to prevent the process of spreading Covid-19 which has massively increased. This causes teachers to use effective and efficient teaching methods and media in distance teaching. One of the problems faced in online teaching and learning is the unstable internet connection. When teaching takes place through virtual meetings, the teacher has difficulty explaining the lesson when the network connection is not stable. The use of interesting learning videos as one of the teaching media will help the distance learning process to be effective. This community service activity aims to provide assistance to partners in improving the quality of online teaching through video. Partners of this program are teachers from SD Cihideung Ilir 1, SD Bojong and Madrasah Ibtidaiyah, Ciampea District, Bogor Regency. The activities carried out in this program are assistance in making online-based Learning Implementation Plans followed by training on storyboard which will be used as the basis for making videos. The final activity of this program is making English videos for teaching in accordance with the partner school's lesson plans. This activity is expected to improve the quality of online teaching and learning at partner schools.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang Pelaksanaan kegiatan belajar .” 2020 diakses tanggal 17 Juni 2021
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003.diakses tanggal 17 Juni 2021
Bajrami, L., & Ismaili, M. (2016). The role of video materials in EFL classrooms. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 232, 502-506
Jamaluddin, D., dkk. (2020) Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi Dan Proyeksi. LPPM UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Mansyur, H. (2015) Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Apersepsi, E-Buletin, Vol. Februari
Zain, N.H, dkk (2021) Problematika Pembelajaran Daring pada Peserta Didik di Sekolah Dasar, Jurnal Basic Edu, Vol.5, No.4 Hal. 1840
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i4.36317
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: