PELATIHAN TENTANG CARA PENCARIAN DAN PENGGUNAKAN SUMBER-SUMBER INFORMASI PADA PARA SISWA SLTP DI DESA MARGAMUKTI KECAMATAN PANGALENGAN KABUPATEN BANDUNG
Abstrak
Terjadinya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi salah satunya ditandai dengan terjadinya pelimpahan informasi yang terjadi dalam masyarakat. Hal ini terlihat dengan banyaknya berbagai publikasi baik dalam bentuk tercetak, elektronik maupun dalam internet. Dengan banyak berbagai sumber informasi, maka diperlukan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam mencari dan menggunakan informasi secara cepat dan tepat. Oleh karena demikian literasi informasi dan juga literasi digital menjadi kemampuan yang harus dimiliki masyarakat termasuk dalam hal ini para siswa yang merupakan generasi milenial, literasi informasi menjadi persyaratan mutlak yang harus dimiliki. Aktivitas belajar dan mengajar akan lebih mudah jika di fasilitasi dengan kemampuan literasi digital. Konsep literasi informasi itu sedniri adalah kemampuan seseorang menggunakan informasi sedangkan literasi digital merupakan pengetahuan dan kemampuan seseorang untuk menggunakan media digital, alat komunikasi dan kemudian menggunakannya secara sehat, bijak, dan cerdas. Pada kenyataan di lapangan kemapauan literasi informasi dan literasi digital para siswa pada umumnya masih rendah. Hal ini terlihat dari kemampuan dalam mencari informasi serta dalam strategi dan penggunaan sumber informasi dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Oleh karena demikian berkaitan dengan hal ini kami dari TIM Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen UNPAD dengan para peserta Kuliah Kerjanya Nyata akan melakukan kegiatan penyuluhan dengan mengambil tema pelatihan literasi informasi dan literasi digital bagi para siswa sekolah dasar. Lokasi kegiatan ini dilakukan di Madrasah Tsyanawiyah (MTs) Ihlasul Amanah Pangalengan Kabupaten Bandung. Adapun yang menjadi pesertanya adalah para siswa kelas VII sampai Kelas VIII. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan secara luring dengan jumlah peserta dibatasi hanya sebanyak 40 orang. Ada beberapa topik yang disampaikan para narasumber mulai tentang teknologi informasi, literasi informasi dan literasi media sampai dengan cara pencarian dan penggunaan sumber-sumber informasi. Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dapat meningkatkan pengetahuan, pemahaman serta keterampilan para siswa Mts Ihlasul Amanah dalam mencari dan menggunakan informasi, serta pengetahuan dan keterampilan para siswa dalam menggunakan media sosial.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
DAFTAR PUSTAKA
Andretta, Susie. Information Literacy: a Practitioner’s Guide. New Hampshire: Chandos Publishing, 2005.
Eisenberg, Michael B et all. Information Literacy: Essenstial Skills for the Information Age. London: Libraries Unlimited. 2004
Perpustakaan Nasional RI. Literasi Informasi : Pengantar Untuk Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Perpusnas, 2007
Albitz, R.S. (2007). The What and Who of Information Literacy and Critical Thinking in
Higher Education. Libraries and Academy 7(1).
Andretta, Susie. Information Literacy: a Practitioner’s Guide. New Hampshire: Chandos Publishing, 2005.
Eisenberg, Michael B et all. Information Literacy: Essenstial Skills for the Information Age. London: Libraries Unlimited. 2004
Perpustakaan Nasional RI. Literasi Informasi : Pengantar Untuk Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Perpusnas, 2007
Wales, Jenny. Learning Citizenship: Practical Teaching Strategies for Secondary Schools. London: Routledge Falmer. 2005
Yusuf, Pawit M. Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana Prenada, 2007
Fajar, M., & Machmud, H. (2020). Penggunaan Media Sosial di Kalangan Siswa Sekolah
Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar , 1-7.
Kusumastuti, F., Astuti, S. I., Astuti, Y. D., Birowo, M. A., Hartanti, L. E., Amanda, N.
M., et al. (2021). Etis Bermedia Digital. Jakarta: Direktorat Jenderal Aplikasi
Informatika.
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v12i4.46088
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: