PEMBUATAN VIDEO PROFIL DESA KAREDOK SEBAGAI SARANA INFORMASI MASYARAKAT SERTA MEMIKAT WISATAWAN LOKAL
Abstrak
Desa Karedok, yang terletak di Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, memiliki potensi besar sebagai penghasil utama beras dan pusat kegiatan ekonomi lokal yang unik. Namun, minimnya strategi publikasi dan promosi digital membuat potensi desa ini kurang dikenal dan sulit menarik perhatian masyarakat luas. Untuk mengatasi masalah ini, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran melaksanakan program pengabdian masyarakat dengan tujuan meningkatkan popularitas Desa Karedok. Program ini diwujudkan melalui pembuatan video profil yang menonjolkan potensi agrikultur, usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan budaya lokal desa secara visual dan menarik. Proses pelaksanaan kegiatan ini menggunakan metode substitusi iptek, melibatkan beberapa tahapan, mulai dari survei lapangan untuk mengidentifikasi potensi unggulan desa, tahap produksi, hingga pasca produksi video. Data yang diperoleh melalui survei dan wawancara dengan perangkat desa diolah menjadi video promosi berkualitas tinggi berdurasi 5-7 menit. Hasil akhirnya adalah video yang tidak hanya menjadi alat promosi yang efektif untuk menarik wisatawan maupun investor, tetapi juga mampu memperkuat citra Desa Karedok sebagai destinasi agrikultur dan pariwisata unggulan. Video ini menampilkan kegiatan masyarakat, potensi UMKM seperti produksi kerupuk opak dan telur asin, serta menonjolkan hasil pertanian yang signifikan. Program ini menegaskan pentingnya teknologi promosi digital dalam mendukung pembangunan ekonomi desa, meningkatkan daya tarik lokal, dan memperluas peluang pengenalan potensi desa yang sebelumnya kurang terekspos. Produk ini diharapkan menjadi model yang dapat diterapkan untuk promosi desa-desa lainnya di Indonesia.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afandi, A., & Laily, N. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi, Eds.). Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI,. http://diktis.kemenag.go.id
Anggoro, A. D., Susanto, H., Arifin, R., Nugroho, O. C., Purwati, E., & Ridho, I. N. (2023). Pemanfaatan Media Publikasi Dalam Promosi Potensi Desa Di Ponorogo. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 7(1), 2598–9944. https://doi.org/10.58258/jisip.v7i1.4385/http
Anwar, K., Nur, M., & Rohman, F. (2022). TEKNIK EDITING PADA VIDEO PROFIL SMP MUHAMMADIYAH AHMAD DAHLAN METRO. DECODING: Jurnal Mahasiswa KPI, 2(2), 35–39.
cisco public. (2019). Cisco Visual Networking Index: Forecast and Trends, 2017–2022.
Kausar, A., Yusuf, ), Sutiawan, F., & Rosalina, V. (2015). PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE KOTA SERANG DENGAN TEKNIK EDITING MENGGUNAKAN ADOBE PREMIER PRO CS 5 1). Jurnal PROSISKO, 2(1).
Made, I., Susila, D., Suradarma, I. B., Atmojo, Y. P., Hilmi, M. R., Luh, N., Srinadi, P., Hostiadi, D., Teknologi, I., Bisnis, D., & Bali, S. (n.d.). Potensi dan Keunggulan Desa Petang Melalui Video Profil sebagai Sarana Informasi kepada Masyarakat. In WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER (Vol. 5, Issue 1).
Nurosyid, F., Imanuel, M., Ahmad Patria, A., Annas, A., Hiban Awalumuttaqin, I., Kartika Sari, L., Alvin Fahar Nur Fadhilah, M., Rizky Putri Yusa, R., Niken Kusumaningrum, R., & Bunga Safira, S. (2022). Pembuatan Video Profil Sebagai Media Promosi Potensi Desa Jeruk INFO ARTIKEL ABSTRAK. 3, 215–219. https://syadani.onlinelibrary.id/
Purba, R., & Sya’dian, T. (2022). Pembuatan Video Profile Arjuna Farm. JURNAL ABDIMAS BUDI DARMA, 2(2), 98–103.
Suranny, L. E. (2020). PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA DALAM RANGKA PENINGKATAN EKONOMI PERDESAAN DI KABUPATEN WONOGIRI. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 5(1), 49–62. https://doi.org/10.32630/sukowati.v5i1.212
Yafie, A. A., Ihsan, M., & Rahman, A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Digital untuk Desa Wisata. Temali: Jurnal Pembangunan Sosial, 6(2), 153–160. https://doi.org/10.15575/jt.v6i2.26890
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v14i1.59071
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: