PELAKSANAAN KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MENINGKATKAN IMARAH MASJID: IMPLEMENTASI NILAI MODERASI BERAGAMA DI PETUNGPAPAK SUKODADI WAGIR MALANG
Abstrak
Masjid memiliki peran sentral dalam kehidupan umat Islam, tidak hanya sebagai tempat ibadah, tetapi juga sebagai pusat pendidikan dan penyebaran nilai-nilai moderasi beragama. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan imarah masjid melalui pelaksanaan kegiatan keagamaan yang mengimplementasikan nilai moderasi beragama di Dusun Petungpapak, Sukodadi, Wagir, Malang. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR), dimulai dengan identifikasi masalah, perencanaan kegiatan, dan pelaksanaan program selama 40 hari. Kegiatan utama meliputi pengajaran Al-Qur’an di TPQ Nurul Hidayah, sholat berjamaah, serta pembelajaran Hadist dan praktik wudhu. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan partisipasi masyarakat dalam kegiatan keagamaan, terutama pada anak-anak dan orang tua, yang berdampak pada meningkatnya keramaian masjid seperti sholat berjamaah, mengaji, mengurangi bermain HP, belajar sopan santun dan berkata dengan sopan dan santun. Selain itu, kegiatan ini berhasil menanamkan nilai-nilai moderasi beragama dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya ibadah berjamaah. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan partisipatif dan program pendidikan keagamaan yang terstruktur dapat meningkatkan imarah masjid serta memperkuat nilai-nilai moderasi beragama di masyarakat.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Amin, F. (2022). Pembentukan Karakter Religius Pada Siswa Minu Hidayatun Najah Tuban Melalui Sholat Berjamaah. PREMIERE : Journal of Islamic Elementary Education, 3(2), 54–61. https://doi.org/10.51675/jp.v3i2.190
Badriyyah, Y., Agung, A., & Hastuti, A. (2022). Peran Kegiatan Remaja Masjid Al-Qiyam Dalam Memembangun Perilaku Keagamaan Remaja Di Pancuran Utara Kota Cirebon. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 32(2), 125. https://doi.org/10.24235/ath.v32i2.12070
Djuddah, S. M., Abubakar, A., & Mahfudz, M. (2024). Wudhu Dalam Tinjauan Islam, Kesehatan Jasmani Dan Psikis. Jurnal Ushuluddin, 26, 134–143.
Effendi, Nur. (2020). "Urgensi Perpustakaan Masjid dalam Mencerdaskan Umat." Jurnal Riset Pendidikan dan Penerapan 4(2): 1-10
Fahrudin, F., & Hyangsewu, P. (2022). Manajemen Pengelolaan Masjid Menuju Masjid Yang Bersih, Sehat, dan Suci Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Abmas, 22(2), 63–70. https://doi.org/10.17509/abmas.v22i2.49601
Ilyas, M. (2021). Hadis tentang Keutamaan Shalat Berjamaah. Jurnal Riset Agama, 1(2), 247–258. https://doi.org/10.15575/jra.v1i2.14526
Paryadi. (2021). Maqashid Syariah : Definisi Dan Pendapat Para Ulama. Cross-Border, 4(2), 201–216.
R. Tamtam Kamaluddin, E. M. (2022). Analisis metode talqin, tikror, tasmi dan muroja’ah dalam meningkatkan hafalan alqur’an mahasiswa pgsd ikip siliwangi. Collase, 5(6), 1119–1127.
Riqqoh, S., Syaiku, A., & Mappapoleonro, A. M. (2020). Penerapan Pembelajaran Hafalan Hadits pada Usia 5-6 Tahun. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II, 142–154. https://jurnal.stkipkusumanegara.ac.id/index.php/semnara2020/article/view/678
Rosfiantika, Evi, dan Pawit M. Yusup. (2015). "Belajar Bersama Para Jamaah di Perpustakaan Masjid." Edulib: Journal of Library and Information Science 5(2): 25-38
Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882
Widiandari, F. dan Hamami, T. (2022). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pendekatan Humanistik Di Indonesia. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam. 14 (2) 164 – 175.
DOI: https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v14i1.61489
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.license.cc.by4.footer##
Jurnal Ini Terindeks di: